Menyambut bulan suci Ramadan, Spotify mengumumkan deretan koleksi spesial Ramadan bagi pendengar Indonesia untuk mendampingi perayaan Ramadan tahun ini dalam acara media #NgabuburitDiSpotify yang diadakan pada 29 Maret 2022.

Mulai tanggal 29 Maret 2021 lalu, pendengar di Indonesia dapat mencari kata kunci "Ramadan" di Spotify untuk menemukan Ramadan Hub, yang menampilkan playlist lagu dan podcast eksklusif sesuai dengan suasana hati dan momen refleksi diri selama bulan suci.

Tahun ini, Spotify juga memperkenalkan playlist podcast terbaru berjudul 'Berkah Ramadan'. Playlist ini berisikan podcast religi terbaik Indonesia yang diperuntukkan bagi pendengar yang menjalankan ibadah puasa untuk menemani waktu sahur dan berbuka.

Setidaknya, terdapat 12 konten Ramadan di Spotify yang bisa kamu nikmati untuk menemani kegiatan puasa kamu. Apa saja kontennya? Simak berikut ini.

1. Cerita Raja Dangdut: Podcast Eksklusif Rhoma Irama Dari Collab Asia

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Podcast eksklusif pertama bersama Musisi Dangdut Legendaris Indonesia, H. Rhoma Irama dengan Kini Podcast Network. Cerita Raja Dangdut: Podcast Eksklusif Rhoma Irama Dari Collab Asia membahas tentang bagaimana musik dangdut akhirnya bisa mendominasi selera musik masyarakat Indonesia, perjalanan spiritual Soneta dan lika-likunya sebagai Sound of Muslim, serta kisah cintanya. Podcast ini akan tersedia di Spotify mulai 1 April 2022 dan seterusnya.

2. BKR Ngaku dari BKR Brothers

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

BKR Ngaku dari BKR Brothers merupakan podcast harian selama 30 hari yang akan menampilkan kisah dari para pendengarnya. Pada setiap episode, BKR Brothers akan menampilan pengakuan dari pendengar dan dari berbagai musisi. Setiap pengakuan akan dibahas tuntas dan diberikan solusinya selama empat menit oleh para personil BKR Brothers.

Tahun ini, BKR Brothers telah mengumpulkan dan mengurasi 76 pengakuan yang akan dibicarakan di setiap episode. Setiap episode akan membahas satu, hingga tiga pengakuan dengan voice note khusus dari public figure. BKR Ngaku bisa didengarkan mulai 2 April 2022.

3. Pasukan Hampa Udara

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Pasukan Hampa Udara oleh Podcast Ancur merupakan podcast fiksi ilmiah komedi yang mengangkat kisah tentang Bumi saat diserang oleh para alien. Bertujuan untuk menghadirkan pengalaman baru dalam menikmati konten drama audio, podcast ini akan menampilkan para artis yang sebelumnya telah lama berkecimpung menghadirkan konten dengan format sejenis.

Sebelumnya, Podcast Ancur juga merilis sebuah lagu berjudul sama yang digemari oleh
pendengarnya, yakni Pasukan Hampa Udara. Podcast ini dikemas dalam 5 episode dan akan mulai menemani waktu ngabuburit kamu mulai tanggal 8 April 2022.

4. Kelas PUBER

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Makna Talks akan kembali meluncurkan Kelas PUBER yang disutradarai oleh Iyas Lawrence. Kelas PUBER merupakan audio drama bergenre horor komedi yang menampilkan petualangan anak-anak yang mencari seorang guru dengan pesan Ramadan di dalamnya. Podcast ini akan tayang pada 11 April dan 18 April 2022, masing-masing dengan lima episode yang sayang jika dilewatkan.

5. Podkesmas Ramadan

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Di bulan suci ini, Podkesmas hadir dengan Podkesmas Ramadan, sebuah program "Tanya-Tanya Ustad (TTU)" yang menampilkan Ustad Munawir Ngacir. Podkesmas mengemas program yang membagikan pencerahan terkait Ramadan dalam balutan komedi. Khusus selama di Ramadan, Podkesmas meluncurkan tiga program yang menghibur, "NGNGMG (Ngobrol-Ngobrol Ngerap)", "PPN (Puasa-Puasa Nyenyong)", dan "PHP (Pantun Hari Puasa)".

6. GJLS RAMADAN

Eksklusif selama Ramadan, GJLS akan menemani waktu ngabuburit dengan obrolan bersama Ustad Ambian Dahlan dalam segmen "Jadi Gimana Nih Pak Ustad" di GJLS RAMADAN. GJLS juga akan menghadirkan permainan seru, seperti "TN (Tiba-tiba Nyanyi)", "GJLS Berpuisi", serta"GJLS Bercerita & Disingkat Dong Pun Ah!" untuk musim ini.

7. Do You See What I See

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Do You See What I See mempersembahkan 10 episode horor spesial untuk menemani kamu sepanjang perjalanan mudik. Pada musim ini, Do You See What I See memungkinkan para pendengarnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda di setiap episodenya. Acara ini akan memiliki 10 episode selama lebaran dan mudik lebaran.

8. Gang Tabah

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Gang Tabah bersama dengan Ustad Alfie hadir untuk memberikan berbagai solusi atas permasalahan hidup sehari-hari. Podcast ini akan fokus pada berbagai masalah keimanan yang sering kita temukan sehari-hari. Pendengar dapat mengharapkan ceramah yang bermakna namun menyenangkan dari Ustad Alfie dan Gang Tabah.

9. Menjadi Manusia

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Pada bulan Ramadan ini, Menjadi Manusia akan mempersembahkan percakapan yang dalam dan bermakna tentang bagaimana kita bisa terus terhubung bersama diri sendiri selama Ramadan dan Idul Fitri. Pendengar juga dapat membagikan serta mendengar cerita satu sama lain. Menjadi Manusia berharap dapat memberikan pendengar harapan atas masalah kehidupan sehari-hari.

10. RJL 5

RJL 5 merupakan cerita monolog horor yang hadir tiap Rabu dan Jumat selama bulan Ramadan. Setiap episode diangkat berdasarkan kisah nyata dari mereka yang pernah merasakan pengalaman spiritual.

11. K.A.T.A

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Sebagai sebuah podcast yang menenangkan untuk menemani bulan suci ini, K.A.T.A mempersembahkan cerita pendek yang mengangkat beragam perasaan yang tak tersampaikan dari mereka yang berjuang menggapai mimpi hingga yang sedang berupaya menyembuhkan hati.

Menyambut bulan suci Ramadan, podcast ini mengajak para pendengarnya untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain melalui hal-hal yang positif setiap Rabu dan Jumat.

12. PODOAE

Tahun ini, PODOAE menghadirkan podcast komedi yang dapat menjadikan bulan Ramadanmu lebih bermakna. Hadir dengan "Ustadz Palsu" sebagai konten spesial Ramadan, setiap harinya acara ini akan membahas cerita jenaka tentang makanan khas, budaya dan kebiasaan serta cerita rakyat selama Ramadan.

12 Konten Ramadan di Spotify untuk Temani Puasa KamuDok. Spotify

Nggak ada alasan untuk nggak semangat di bulan Ramadan ini karena hari-harimu pasti akan penuh warna dengan hadirnya deretan podcast di atas. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya, Bela!

Baca Juga: Deretan Kreator Perempuan Suarakan Karya Inspiratifnya Lewat Podcast

Baca Juga: 6 Rekomendasi Podcast Pasangan Seleb yang Seru, Lucu dan Bermanfaat!

Baca Juga: 7 Trik Membuat Podcast Keren dan Menarik