Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Persiapan Tes UTBK-SBMPTN 2022, Ada Perubahan Jadwal

800.852 orang akan bersaing dapatkan kursi di kampus impian

Zikra Mulia Irawati

Mulai 17 Mei nanti, para pejuang perguruan tinggi negeri (PTN) akan bertarung dengan soal-soal UTBK-SBMPTN, nih! Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah pendaftar yang akan bersaing mendapatkan kampus idaman mereka mencapai 800.852 orang.

Bagi mereka yang memimpikan kehidupan mahasiswa, tes ini sudah pasti bikin hati dag-dig-dug. Pasalnya, soal-soalnya pun terkenal cukup sulit ditambah waktu pengerjaannya yang terbatas. 

Meskipun proses belajarnya sudah cukup membuat kepala pusing, aspek teknis seperti berkas yang harus dibawa hingga jadwal pelaksanaannya tak boleh luput dari perhatian. Simak persiapan untuk pelaksanaan tes UTBK-SBMPTN 2022 berikut supaya kamu tidak ketinggalan informasi.

1. Perubahan jadwal tes

pexels.com/Enikő Tóth

Tes gelombang 1 akan diadakan 17-23 Mei, sementara gelombang 2 pada 28 Mei-3 Juni. Namun, terdapat perubahan jam pelaksanaan, nih! Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan waktu ibadah di daerah yang menjadi tuan rumah tes.

  • Pelaksanaan tes kelompok campuran tidak ada perubahan jadwal
  • Pelaksanaan tes kelompok Saintek dan Soshum tidak ada perubahan jadwal kecuali di daerah dengan zona Waktu Indonesia Barat (WIB). Tes yang semula dijadwalkan pada pukul 12.30-16.15, diundur menjadi pukul 13.00-16.45.
  • Khusus pada hari Jumat, seluruh kelompok dan daerah mengalami perubahan jadwal. Untuk daerah Jawa, jadwal bergeser ke pukul 13.15-17.00 WIB. Sementara itu, daerah luar Jawa mengalami perubahan jadwal menjadi pukul 13.45-17.30 WIB.

2. Berkas yang perlu dibawa

pexels.com/Kindel Media

Selain persiapan materi dan kesehatan, sejumlah berkas juga wajib dibawa untuk keperluan administrasi. Berkas tersebut antara lain:

  1. Kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2022
  2. Kartu identitas (kartu pelajar/KTP/SIM/paspor)
  3. Surat Keterangan Lulus asli bagi peserta Angkatan 2022
  4. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi bagi angkatan 2020 dan 2021 (bagi peserta lulusan SMA sederajat dari luar negeri, harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan)

3. Jangan asal berpakaian

pexels.com/Ketut Subiyanto

Sebagaimana saat di sekolah, pakaian yang kamu kenakan untuk tes UTBK-SBMPTN pun tidak boleh asal. Pakaian yang paling aman untuk digunakan antara lain kemeja (pendek/panjang), kaus polo, gamis, rok, atau celana bahan kain (bukan jeans). Pakai sepatu untuk menambah kesan formal.

4. Wajib patuhi protokol kesehatan

pexels.com/ANTHONI SHKRABA

Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi pasca-pandemi. Namun, kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa untuk membawa masker dan hand sanitizer sendiri-sendiri, ya

5. Survei lokasi tes sebelum hari pelaksanaan

pexels.com/cottonbro

Karena banyaknya peserta, pelaksanaan tes UTBK-SBMPTN 2022 meminjam ruangan-ruangan di berbagai sekolah dan kampus. Pemilihan lokasi tepatnya pun dilakukan oleh sistem sehingga tak jarang kamu merasa asing dengan tempatnya.

Untuk menghindari risiko nyasar dan berujung terlambat mengikuti tes, survei lokasi jadi penting banget, nih! Nggak mau kan, perjuangan belajarmu selama berbulan-bulan berujung sia-sia karena hal ini?

6. Jaga kesehatan

pexels.com/John-Mark Smith

Belum lama ini BMKG mengumumkan Indonesia tengah memasuki musim pancaroba. Suhu di berbagai daerah dikabarkan mengalami kenaikan. Cuaca pun bisa berubah dalam sekejap.

Nah, keadaan ini biasanya membuat tubuhmu mudah sakit, Bela. Supaya tetap bugar saat menjalani tes, pastikan untuk menjaga kesehatan dengan makan yang bergizi, istirahat yang cukup, atau melakukan olahraga ringan.

7. Berdoa

pexels.com/Tara Winstead

Terakhir, senjata pemungkas setelah semua usaha dilakukan adalah berdoa. Memohonlah kepada Tuhan agar kamu diberi kelancaran selama menjalani tes dan dapat diterima di kampus impianmu. Jika Tuhan sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin, bukan? Semangat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life