Minggu ini menjadi minggu yang paling penting bagi siswa dan siswi SMP yang akan masuk ke jenjang sekolah menengah atas. Sebab, minggu ini merupakan minggu pengumuman apakah mereka akan masuk ke SMA negeri atau tidak. Bukan hanya berdasarkan nilai, penentuan diterima atau tidaknya kita di SMA negeri dilihat pula berdasarkan usia dan jarak tempuh dari sekolah dan rumah.

Jika kamu tidak diterima di SMA negeri, tenang saja, Bela. Kamu masih bisa mendaftar ke SMA swasta yang tak kalah bagus secara kualitas. Melansir dari https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id, berikut ini sepuluh SMA swasta terbaik di Indonesia berdasarkan rerata nilai ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

1. SMA Unggul Del, Sumatera Utara

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

SMA Unggul Del terletak di Jl. YP Arjuna Laguboti, Sumatera Utara. SMA binaan Jend. (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ini, memiliki rerata nilai UTBK 598,523. Secara nasional, SMA Unggul Del menempati posisi ketiga. Namun, untuk SMA swasta, SMA Unggul Del berada di posisi pertama SMA terbaik. SMA Unggul Del dikenal sebagai sekolah swasta terbaik. Lulusannya banyak yang diterima di kampus terbaik, baik dalam maupun luar negeri.

2. SMA Kristen 1 BPK Penabur, DKI Jakarta

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

Selanjutnya ada SMA Kristen 1 BPK Penabur, DKI Jakarta. SMA yang berlokasi di Tanjung Duren ini memiliki rerata nilai UTBK tahun 2021 sebesar 594,437. SMA Kristen 1 BPK Penabur menjadi salah satu sekolah unggulan karena setiap tahunnya, siswa dari sekolah ini berhasil merebut medali emas, perak, maupun perunggu dari beragam olimpiade sains yang diselenggarakan baik di dalam dan luar negeri.

3. SMA Kristen 1 BPK Penabur Bandung, Jawa Barat

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKsmak1bpkpenabur.sch.id

Masih satu yayasan dengan SMA di poin sebelumnya, posisi ke-3 SMA swasta terbaik di Indonesia ditempati oleh SMA Kristen 1 BPK Penabur Bandung, Jawa Barat dengan rerata nilai UTBK sebesar 592,52. SMA yang berlokasi di Jl. Dursasana Bandung ini memiliki fasilitas yang mumpuni untuk bidang teknologi dan sains. Tak heran, jika siswa SMA Kristen 1 BPK Penabur Bandung juga langganan menerima beragam penghargaan.

4. SMA Dian Harapan, DKI Jakarta

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

Berlokasi di Jl. Daan Mogot Jakarta Barat, DKI Jakarta, SMA Dian Harapan masuk ke dalam sepuluh besar SMA swasta di Indonesia. SMA Dian Harapan memiliki rerata nilai UTBK sebesar 589,811. Bukan hanya mengedepankan hard skill dan belajar secara formal, SMA Dian Harapan juga memiliki banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mengembangkan soft skill dan bakat mereka.

5. SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya, Jawa Timur

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

Posisi ke-5 SMA swasta terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK ditempati oleh SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya, Jawa Timur. SMA yang gedungnya masih mempertahankan arsitektur bergaya Belanda ini memiliki rerata nilai UTBK 587,81. SMA Katolik St. Loius 1 menjadi salah satu SMA tertua di Surabaya. Sekolah ini sudah ada sejak tahun 1923.

6. SMA Kristen Petra 2 Surabaya, Jawa Timur

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

Masih dari Kota Surabaya, Jawa Timur, posisi ke-6 SMA swasta terbaik di Indonesia ditempati oleh SMA Kristen Petra 2 Surabaya. Sekolah yang berlokasi di Jl. Raya Manyar Tirtoasri, Surabaya ini berhasil mendapatkan rerata nilai UTBK sebesar 584,729. SMA Kristen Petra 2 Surabaya juga menjadi salah satu sekolah unggulan karena banyaknya prestasi yang berhasil diraihnya. Siswa di sekolah tersebut berhasil mendapatkan penghargaan di bidang olimpiade sains dan bahasa.

7. SMA Kanisius Jakarta, DKI Jakarta

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKsma.kanisius.sch.id

SMA Kanisius Jakarta berhasil mendapatkan nilai rerata UTBK sebesar 584,684 dan menempatkannya dalam posisi ke-7 SMA swasta terbaik di Indonesia. Sekolah yang sudah berdiri sejak 1927 dan berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat ini tergolong unik. Karena hanya menerima siswa pria dan mereka yang berhasil mendapatkan nilai tinggi diperbolehkan memanjangkan rambutnya. 

8. SMA Santa Laurensia, Banten

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

Selanjutnya, SMA Santa Laurensia berhasil menempati posisi ke-8 SMA swasta terbaik di Indonesia dengan rerata nilai UTBK 584,01. SMA yang berlokasi di Suvarna Sutera, Banten ini, kerap dijadikan lokasi syuting karena bentuk bangunannya yang unik. Tak hanya di bidang akademik. SMA Santa Laurensia juga sangat concern terhadap bidang seni. Banyak ekstrakurikuler seni yang bisa diikuti di sini, seperti film, teater, hingga cheerleaders.

9. SMA Bina Bhakti 1 Bandung, Jawa Barat

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKbinabhakti.bdg.sch.id

SMA Bina Bhakti Bandung, Jawa Barat sudah berdiri sejak tahun 1974. Di tahun 2021, SMA yang berlokasi di Jl. Industri Dalam, Cicendo, Bandung ini, berhasil meraih rerata nilai UTBK sebesar 582,568. SMA Bina Bhakti 1 Bandung ini menjadi sekolah yang siswanya kerap mendapat prestasi baik secara akademik maupun non-akademik. Kalau kamu menyadarinya, SMA Bina Bhakti 1 Bandung pernah muncul dalam film Terlalu Tampan.

10. SMA Kristen 6 BPK Penabur Jakarta, DKI Jakarta

10 SMA Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Rerata Nilai UTBKDok. Internet

Terakhir, SMA Kristen 6 BPK Penabur Jakarta, menjadi sekolah swasta terbaik di Indonesia dengan rerata nilai UTBK sebesar 582,07. Sekolah yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara ini, dikenal karena prestasinya di bidang akademik, maupun non-akademik.

Itulah tadi deretan SMA swasta terbaik di Indonesia berdasarkan rerata nilai UTBK. Semoga daftar SMA ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk memilih sekolah nanti, ya.

Baca Juga: PPDB Bersama DKI Jakarta 2021 Jalur Afirmasi SMA Swasta Resmi Dibuka

Baca Juga: Daftar Sekolah Terbaik di Jakarta, Ada Sekolahmu, Nggak?

Baca Juga: Ini 7 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Favorit di Indonesia