Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Rahasia yang Perlu Diketahui untuk Capai Kesuksesan Karier  

Jangan takut dianggap ambisius

Tri Sintarini

Meraih karier yang sukses tentu menjadi impian semua orang di tempat kerja, namun tak semua mengetahui seperti apakah rahasia untuk mencapainya. Selain ikhtiar menjadi yang terbaik dan melakukan tanggung jawab sesuai jenjang karir yang dimiliki saat ini, ternyata masih ada hal-hal lain yang perlu dilakukan supaya kariermu semakin gemilang. Ini lima kiat sukses untuk meraihnya.

1. Temukan pekerjaan yang memberikan dampak besar

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Apa pun jenis bidang pekerjaan yang dipilih, pastikan dapat memberikan dampak yang baik dan berpengaruh untuk orang banyak. Ada berbagai macam cara untuk memengaruhi kehidupan orang lain, misalnya menawarkan produk atau jasa yang dapat memberdayakan orang lain, menghadirkan rasa bahagia, menginspirasi untuk membuat bertindak kebaikan dan menebarkan pengaruh positif bagi kehidupan.

2. Jangan membatasi peluang karier

Pexels.com / Elly Fairytale

Jangan terpaku dan membatasi segala peluang yang ada. Misalnya saja pekerjaan saat ini sebenarnya sangat sesuai dengan bidang studi yang ditekuni saat kuliah, tetapi setelah menjalaninya justru tak ada gairah dan melakukan pekerjaan tersebut sebagai kewajiban saja. Tetapi saat mengeksplorasi bidang-bidang lain yang sesuai dengan hobi dan passion karena terdapat peluang lain, ternyata justru membuka potensi dan bidang lain yang membuat jalan karier kian melesat. Kuncinya, beranilah membuat langkah-langkah nyata. Percayalah, pekerjaan terakhir kita tidak selalu menjadi penutup, tetapi justru membuka kesempatan dan peluang yang baru.

3. Menjadi orang yang tepat

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Pada dasarnya kehidupan di kantor itu bergerak sangat dinamis, karena setiap saat ada pekerja yang datang dan pergi. Para pekerja yang totalitas ialah seseorang yang memiliki banyak kelebihan, keterampilan, pengetahuan, ketekunan dan keahlian dalam bidang tertentu dibandingkan orang lain. Idealnya, para pemimpin perusahaan akan mengandalkan orang-orang yang memiliki potensi tersebut karena memiliki keyakinan dan dianggap mampu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Maka jadilah orang pilihan dengan cara terus mengembangkan keahlianmu, potensi dan bakatmu, tetapi tak lupa untuk membagikannya kepada dunia.

4. Perlakukan semua orang dengan hormat

Pexels.com / fauxels

Perlakukan setiap orang dengan sopan, hormat, dan ramah, tanpa membeda-bedakan jenjang karirnya. Mulai dari satpam, office boy sampai dengan atasan tertinggi karena hal ini seringkali hal ini terabaikan. Biasanya kita hanya terfokus memberi perhatian dan menjaga hubungan baik kepada orang-orang yang terkait dengan pekerjaan kita saja. 

5. Langsung action tak perlu banyak bicara

Pexels.com / Gustavo Frings

Berkompetisi mengungkapkan ide-ide segar seringkali menjadi ajang untuk memamerkan apa yang akan dilakukan, padahal langkah terbaik lakukan adalah langsung action! Daripada banyak berbicara, menawarkan mimpi-mimpi lebih baik langsung buktikan saja dengan tindakan konkrit sehingga tak perlu khawatir ide-ide tersebut diambil alih oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Siap menjadi sukses, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life