Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain 'Siksa Kubur', Ini 6 Film Horor Garapan Joko Anwar

Adakah film horor karya Joko Anwar kesukaanmu?

Nindi Widya Wati

Kepiawaian Joko Anwar sebagai penulis, sutradara, serta produser film, memang makin diakui di dunia perfilman Tanah Air ataupun internasional. Termasuk, kalau menengok film horor garapan Joko Anwar yang meraih jutaan penonton, hingga berhasil berlayar di bioskop luar negeri seperti Amerika Serikat, Spanyol, hingga Taiwan. 

Film horor arahan laki-laki berdarah Medan ini, kerap menarik perhatian penonton karena alur cerita, serta akting para aktris dan aktornya yang dinilai apik. Bagusnya film horor karya Joko Anwar juga terbukti saat mendapat penghargaan dari berbagai ajang festival film, seperti Festival Film Indonesia, Piala Maya, hingga Busan Internasional Film Festival. 

Seperti saat melihat film Siksa Kubur yang baru saja tayang pada 11 April 2024, dan telah berhasil meraih 2 juta penonton di 7 hari penayangannya. Kalau ingin melihat film horor lain garapan Joko Anwar, mari simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang hadir sebagai film horor thriller yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar. Film yang dirilis pada 22 Januari 2009 ini, dibintangi Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, dan Henidar Amroe. Cerita film ini, diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Sekar Ayu Asmara.

Pintu Terlarang berkisah tentang seorang pria bernama Gambir yang merupakan seorang pematung sukses. Namun, hidupnya mulai berantakan setelah ia menerima dengan pesan-pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya. Kesuksesan film Pintu Terlarang terlihat ketika meraih penghargaan Best of Puchon, di Puchon Intenational Fantastic Film Festival yang digelar di Korea Selatan pada 16-26 juli 2009.

2. Modus Anomali

Terdapat pula film horor thriller karya Joko Anwar berjudul Modus Anomali, yang dirilis pada 26 April 20212. Film yang naskahnya juga turut ditulis Joko Anwar ini, dibintangi oleh Rio Dewanto, Hannah Al Rashid, Marsha Timothy, dan Izzi Isman. 

Modus Anomali bercerita tentang sebuah keluarga yang sedang berlibur bersama. Namun, liburan titu menjadi sangat mencekam setelah sang ayah harus terkubur hidup-hidup. Ia yang menyadari hal tersebut memutuskan untuk menyelamatkan dirinya di tengah hutan dan harus berhadapan dengan seorang pria misterius yang tidak ia kenali.

3. Pengabdi Setan

Kesuksesan Joko Anwar dalam membuat film horor makin diacungi jempol, saat merilis Pengabdi Setan, pada 28 September 2017. Ia bertindak sebagai penulis dan sutradara, dengan mendapuk Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, serta Ayu Laksmi sebagai pemeran. Pengabdi Setan berhasil tayang di Indonesia, Malaysia, Singapura, Belanda,  Meksiko, Amerika Serikat, Thailand, Taiwan, Spanyol, Kolombia, Bolivia, serta Norwegia.

Pengabdi Setan menceritakan tentang Rini beserta bapak, ibu, dan ketiga adik laki-lakinya yang terpaksa tinggal di rumah neneknya di luar kota. Saat ibunya meninggal karena sakit misterius, teror mulai muncul dengan ada sosok hantu perempuan menyerupai ibu mereka. Film dengan 4,2 juta penonton ini, ikonik lewat kemunculan sosok hantu ibu yang diiringi lagu "Kelam Malam", oleh penyanyi Aimee Saras.

4. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam menjadi film horor yang disutradarai sekaligus ditulis oleh Joko Anwar, yang tayang pada 17 Oktober 2019. Perempuan Tanah Jahanam yang menyabet penghargaan dari Festival Film Indonesia sebagai Film Cerita Panjang Terbaik (2020) ini, menggandeng Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, serta Ario Bayu.

Secara garis besar, Perempuan Tanah Jahanam bercerita tentang seorang perempuan yang kembali ke tanah kelahirannya, untuk mengetahui sejarah asli dari keluarganya yang tinggal di sana. Namun, problem mulai muncul, saat masyarakat sekitar bersikap aneh dan seperti ingin menghabisi si perempuan ini.

5. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam menjadi film horor yang tayang pada 7 November 2019, dengan disutradarai oleh Kimo Stamboel dan ditulis oleh Joko Anwar. Film ini diadaptasi dari film berjudul sama Ratu Ilmu Hitam (1981), yang dulu menampilkan aktris Suzzanna Martha Frederika van Osch. 

Sinopsis film Ratu Ilmu Hitam menceritakan tentang panti asuhan yang menyimpan rahasia kelam, serta dihuni makhluk mengerikan yang punya rasa dendam. Ratu Ilmu Hitam yang diperankan Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Zara JKT48, serta Ari Irham, berhasil menghiasi layar bioskop di Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Taiwan.

6. Pengabdi Setan 2: Communion

Kepiawaian Joko Anwar dalam membuat film horor, juga terbukti lewat peluncuran film Pengabdi Setan 2: Communion, pada 4 Agustus 2022. Film ini menjadi sekuel dari film Pengabdi Setan (2017), yang dibintangi Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, dan Bront Palarae.

Pengabdi Setan 2: Communion mengisahkan keluarga Suwono yang terperangkap dalam kegelapan mistis yang melingkupi sebuah rumah susun di Jakarta Utara. Film yang mencapai lebih dari 6,3 juta penonton ini, berhasil tayang hingga di Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Jepang. 

Itulah, 6 film horor garapan Joko Anwar yang meraih banyak penonton hingga mendapat penghargaan dari ajang festival film. Adakah yang sudah kamu tonton, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life