Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Peluang Usaha di Pedesaan yang Cocok untuk Pemula

Lebih jeli melihat potensi di desa

Nindi Widya Wati

Anggapan mencari peluang usaha di desa terbilang sulit, kini perlahan bisa ditepiskan. Lantaran, peluang usaha di desa nyatanya memiliki potensi besar karena belum banyak pesaing dan kompetitornya.

Namun untuk menemukan peluang usaha yang potensial di desa, kamu harus bisa melihat kebutuhan masyarakat sekitar terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa mencari bidang usaha yang memang cocok dengan karakteristik lingkungan desa. 

Jika masih bingung dengan pilihan usaha yang ingin kamu geluti, berikut Popbela telah merangkum beberapa jenis peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, Bela! 

1. Membuka warung kelontong

Dok. Internet

Kelontong sebagai tempat yang menjual kebutuhan sehari-hari dan sembako dapat kamu jadikan sebagai peluang usaha. Namun perlu diingat, kunci menjalankan usaha rumahan yang satu ini yaitu lokasi yang strategis, stok barang yang lengkap, serta harga yang bersaing. Maka, kamu harus pintar menemukan supplier yang memiliki stok lengkap dan harga yang murah.

Sedikit tips, agar pelanggan warung kelontongmu tetap setia, kamu harus menjadi penjual yang ramah. Berikan juga bingkisan saat hari besar sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Contohnya, biskuit kalengan ataupun sebotol sirup.

2. Menjual pupuk dan alat bertani

Dok. Internet

Melihat mayoritas profesi masyarakat pedesaan adalah seorang petani. Tentunya, membuat kebutuhan akan pupuk dan peralata bertani mereka juga tinggi. Kondisi ini, bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha dengan membuka toko yang menjual aneka kebutuhan bertani.

Contohnya; pupuk, pengusir hama, cangkul, kompres, dan alat bertani lainnya. Kamu bisa menyuplai berbagai jenis peralatan bertani dan pupuk langsung dari pemasoknya.

3. Jasa pembuatan furnitur

Dok. Internet

Jasa pembuatan furnitur bisa jadi peluang usaha di desa, seperti pembuatan lemari, kursi, tempat tidur, daun pintu, jendela, hingga kusen. Kelebihan peluang usaha yang satu ini, karena bahan baku seperti kayu masih mudah didapatkan.

Dalam menjalankan usaha ini, kamu tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Kualifikasi yang dibutuhkan yaitu keahlian dalam menyerut, memotong, kreativitas membuat desain yang unik, dan keterampilan tukang kayu pada umumnya.

4. Budidaya ikan lele

Dok. Internet

Lele dikenal sebagai ikan yang memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, lebih tahan terhadap serangan penyakit serta proses pemeliharaannya yang mudah. Jika kamu tertarik dengan peluang usaha ini, maka kamu harus memiliki pemahaman terlebih dahulu di bidang budaya lele.

Alternatifnya, kamu bisa bekerjasama dengan orang yang memiliki pemahaman tersebut. Pilihlah partner yang telah kamu kenal dan bisa dipercaya. Saat memulainya, kamu harus menyediakan kolam-kolam khusus. Kamu bisa membuat kolam-kolam tersebut dari papan dan terpal besar. Buatlah di dekat area rumah untuk memudahkan pengawasan.

5. Beternak ayam kampung

Dok. Internet

Opsi peluang usaha rumahan di desa selanjutnya, beternak ayam kampung. Kondisi lingkungan dan halaman yang cukup luas, tentu lebih memudahkan kamu ketika ingin beternak ayam kampung. Kamu juga bisa memulainya dengan menyiapkan beberapa kandang untuk beternak.

Tidak seperti ras ayam broiler, memelihara ayam kampung lebih mudah karena mereka biasa mencari makan secara mandiri. Ayam kampung juga lebih kebal terhadap serangan penyakit. Segmen pembeli jenis ayam ini umumnya adalah masyarakat perkotaan. Selain rasa, ayam kampung juga dinilai lebih sehat karena kandungan lemaknya jauh lebih rendah. 

6. Budidaya jamur tiram

Dok. Internet

Jika kamu tertarik dengan usaha ini, kamu harus memiliki ruangan yang tidak terjamah oleh cahaya matahari untuk mendukung proses budidaya jamur. Lalu, siapkan bibit jamur unggulan dan media untuk pertumbuhan jamur, seperti serbuk kayu, kapur, dan dedak.

Barulah menyiapkan perlengkapan pendukung, seperti drum bekas dan plastik untuk menanak baglog atau log. Untuk merebus log, kamu bisa menggunakan kayu dan ranting yang jatuh dari pohon. Proses pembudidayaan jamur memang terbilang mudah dan murah, serta waktu panennya pun cukup cepat.

7. Pertanian sayuran organik

Dok. Internet

Jika memiliki rumah di desa dengan lahan yang luas, kiranya hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha untuk menanam sayuran organik. Usaha yang satu ini bahkan tak hanya bisa menjaring masyarakat sekitar namun juga konsumen dari wilayah perkotaan, karena mereka menganggap sayur organik jauh lebih sehat. 

Sekilas, proses penanaman sayur organik memang tidak jauh berbeda, hanya saja pupuk dan pestisida yang digunakan tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Jika kamu belum memiliki keahlian dalam bidang bertani, kamu bisa bekerja sama dengan petani sekitar.

Beberapa jenis sayuran organik yang cukup populer antara lain, bayam hijau, bayam merah, bawang daun, caisim, kangkung, kailan, kol, pak choy, petai, sawi putih, selada, dan jenis sayuran lainnya.

8. Jualan pulsa dan paket data

Dok. Internet

Peluang usaha di desa berikutnya, bukan dari sektor budidaya. Hadirnya smartphone membuat pulsa dan paket data jadi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat, guna menunjang lancarnya komunikasi dengan orang lain. Mulai dari kebutuhan untuk menelepon, mengirimkan pesan, sampai kebutuhan internet.

Maka, jika kamu berjualan pulsa di wilayah pedesaaan sangatlah memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Terlebih, jika di wilayah tersebut minim persaingan dengan konter modern. 

9. Token listrik

Dok. Internet

Sistem listrik prabayar secara bertahap mulai diberlakukan oleh PLN, mulai dari perkotaan sampai pedesaan. Pembaharuan sistem ini nantinya berupa token listrik yang bisa diisi ulang oleh para pengguna listrik. Penjualan token listrik inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi usaha yang menjanjikan.

10. Agen pengiriman

Dok. Internet

Satu lagi peluang usaha di desa yang berpotensi menguntungkan adalah jasa pengiriman. Belakangan ini, permintaaan akan jasa ekspedisi di wilayah pedesaan terlihat semakin banyak. Lantaran, banyak orang desa yang menjual barang dan dilirik banyak orang luar daerah. Barang yang umumnya perlu jasa pengiriman, seperti kerajinan tangan, suvenir, hingga makanan khas yang akan dikirimkan keluar daerah tersebut. Melihat perkembangan pesat perekonomian di desa, maka tak heran jika keberadaan jasa ekspedisi bisa kamu jadikan sebagai akar bisnis karena sangat dibutuhkan untuk menopang kegiatan ekonomi. 

11. Jualan kue tradisional

Dok. Internet

Setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa camilan tersendiri. Termasuk kekhasan jenis kue tradisional–yang kerap menjadi magnet jelajah kuliner para wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah. Lalu, jika kue buatanmu ingin dikenal lebih luas, bisa pula memanfaatkan perkembangan internet. Agar nantinya, para calon pembeli juga bisa dari luar daerah tempat tinggalmu juga, Bela. 

12. Menjual bibit tanaman

Dok. Internet

Kesuburan tanah dan cuaca yang mendukung membuat pedesaan menjadi tempat yang cocok untuk memulai bisnis bibit tanaman. Kamu bisa menghadirkan beragam variasi bibit tanaman, mulai dari tanaman hias, buah-buahan, sampai sayuran. Saat ini bibit tanaman menjadi salah satu komoditi yang dicari, apalagi banyak orang yang tinggal di wilayah perkotaan sejak pandemi jadi gemar memelihara tanaman. 

13. Menyewakan penginapan

Dok. Internet

Jika kamu bertempat tinggal di desa yang masih asri dan didukung keindahan alamnya, maka hal tersebut bisa berpotensi menjadi destinasi wisata. Dengan demikian, menyewakan penginapan bagi para wisatawan dapat kamu lakukan guna mendukung industri pariwisata di pedesaan. Bisnis penginapan di sini, tentunya bukan yang berskala besar seperti hotel atau apartemen. Kiranya, kamu bisa menyediakan vila atau kamar yang nyaman sebagai tempat tinggal bermalam para wisatawan.

Itulah, 13 usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Jadi sudah tertarik dengan peluang usaha yang mana, nih

IDN Media Channels

Latest from Working Life