Waralaba atau franchise masih menjadi salah satu pilihan bisnis di 2022. Terutama, franchise makanan atau minuman.

Seperti diketahui, franchise merupakan bisnis yang memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang menggunakan nama, merek dagang, produk, hingga bahan dari bisnis yang sudah ada. Untuk membuka franchise suatu merek dagang, kamu perlu membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise.

Dilansir Gobiz, Kamis (17/3/2022), kamu bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi bisnis franchise murah yang berpotensi besar untuk laris manis pada 2022 berikut ini!

1. Martabak

5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!Instagram/Martabakpizzaorins

Membuka franchise martabak pada umumnya tak menghabiskan biaya yang begitu besar. Menurut Gobiz, salah satu merek martabak yang bisa dijadikan pilihan untuk membuka franchise adalah Martabak Orins.

Gerai martabak tersebut didirikan pada pertengahan 2010, dan cabangnya sudah tersebar di berbagai provinsi.

Untuk menjadi mitra Martabak Orins, kamu perlu menyiapkan modal sebesar Rp75 juta dengan prospek keuntungan Rp60 juta setiap bulannya. Jadi, meskipun modalnya cukup besar, kamu bisa balik modal dalam jangka waktu 6-12 bulan.

2. Ayam Goreng

5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!IDNTimes.com/Hana Adi Perdana

Ayam goreng menjadi salah satu bisnis kuliner yang tak pernah padam. Ayam goreng adalah salah satu pilihan utama ketika masyarakat hendak mencari lauk untuk makan.

Untuk membuka bisnis franchise fried chicken, kamu harus menyiapkan modal mulai dari sekitar Rp20 juta, tergantung pada paket yang kamu pilih.

Salah satu franchise fried chicken yang bisa kamu pertimbangkan adalah Sabana Fried Chicken. Gerai tersebut telah mengantongi reputasi yang baik, sehingga kamu punya peluang untuk meraih keuntungan. Apalagi, jika kamu membuka franchise Sabana Fried Chicken di lokasi dekat lingkungan kampus atau lokasi ramai lainnya.

3. Bakso

5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!Instagram.com/Kemitraanbaksobenhil

Siapa yang tak suka bakso? Franchise bakso adalah salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan.

Salah satu franchise bakso yang layak kamu pilih adalah Bakso Benhil. Merek dagang ini sudah mempunyai sekitar 72 mitra, serta terbukti kualitasnya karena sudah mendapatkan berbagai penghargaan seperti Top Kuliner Indonesia 2015 dan Franchise Startup Awards 2018.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka franchise Bakso Benhil cukup terjangkau, yakni Rp4 juta. Dengan biaya itu, kamu sudah mendapat produk sekitar 500 hingga 600 porsi. Bahkan, kamu tidak perlu membayar biaya franchise atau biaya royalti. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk menjalankan bisnis ini karena akan diberikan bimbingan saat menjalankan franchise Bakso Benhil.

4. Camilan dan makanan ringan

5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!Dok. Situs resmi Pentol Planet

Tak hanya makanan berat, camilan dan makanan ringan juga merupakan pilihan franchise kuliner yang berpotensi besar.

Salah satu bisnis franchise murah untuk camilan dan makanan ringan adalah Pentol Planet. Untuk membuka franchise Pentol Planet, kamu perlu menyiapkan modal mulai Rp1,5 juta hingga Rp15 juta. Kamu bisa meraih modal kembali dalam waktu yang cukup cepat, hanya butuh waktu sekitar tiga bulan.

5. Kopi

5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!Instagram.com/Arahkopidr.satrio

Pilihan bisnis franchise selain makanan adalah kopi. Apalagi, tren konsumsi kopi di Indonesia memang terus meningkat selama periode 2014-2018. Ada banyak pilihan franchise kopi, misalnya Arah Kopi dan Cappucino Cincau Tempo Doeloe.

Arah Kopi adalah salah satu franchise coffee shop yang terjangkau karena tidak menerapkan franchise fee. Artinya, kamu tidak perlu membayar biaya lisensi untuk menjadi mitranya.

Apabila ingin mulai franchise Cappucino Cincau Tempo Doeloe, modalnya juga tidak besar. Tergantung paket usaha yang kamu pilih, mulai Rp2,5 juta hingga Rp11,6 juta.

Itulah tadi daftar franchise kuliner yang bisa kamu pilih untuk menambah pundi-pundi rupiah. Kamu tertarik memiliki bisnis yang mana?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!" ditulis oleh Vadhia Lidyana

Baca Juga: 10 Franchise Makanan Murah dengan Modal di Bawah Rp10 Juta, Mau Coba?

Baca Juga: Mau Jalani Bisnis? Ini Tips Membuat Business Plan Bagi Pemula

Baca Juga: Mau Buka Bisnis? Cari Tahu Dulu Perbedaan Dropshipper dan Reseller!