Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jarang yang Tahu, 12 Aktor Korea Ini Mengawali Kariernya Sebagai Model

Kini sukses jadi aktor papan atas!

Niken Ari Prayitno

Mengawali karier di dunia hiburan Korea Selatan memang tidak mudah. Banyak jalan harus dilalui dengan penuh perjuangan. Ada yang memulainya lewat ikut menjadi trainee Kpop Idol dan ada pula yang mengawali karier menjadi model sebelum terkenal sebagai aktor.

Seperti deretan aktor Korea berikut ini. Mereka mengawali kariernya sebagai model dan kini sukses menjadi aktor papan atas. Siapa saja mereka?

1. Nam Joo Hyuk

Dok. Netflix

Aktor Nam Joo Hyuk merupakan pemain basket yang sangat andal ketika remaja, namun memutuskan untuk berhenti ketika harus menjalani dua operasi. Karena kondisi itulah, Nam Joo Hyuk memutuskan untuk beralih profesi sebagai model. Setelah memenangkan peringkat pertama dalam sebuah kontes modeling, ia pun memulai debutnya sebagai model pada tahun 2013 untuk koleksi SONGZIO Homme 2014 S/S dan tampil dalam video musik Akdong Musician. 

Sukses dengan dunia modeling, Nam Joo Hyuk akhirnya merambah ke dunia akting dan telah membintangi berbagai serial drama seperti Who Are You: School 2015, Cheese in the Trap, The Bride of Habaek, dan The Light in Your Eyes. Kini ada dua serial drama Nam Joo Hyuk yang sedang tayang, yakni The School Nurse Files dan Start-Up.

2. Byeon Woo Seok

Dok. Netflix

Sejak kecil, Byeon Woo Seok memang bercita-cita menjadi seorang aktor. Ia pun mengikuti kelas teater untuk mewujudkan impiannya tersebut. Byeon Woo Seok akhirnya bergabung dengan agensi YG KPLUS dan menjadi rekan satu label bersama Nam Joo Hyuk, walaupun kini keduanya berada di agensi yang berbeda. 

Byeon Woo Seok mengikuti kelas akting melalui agensinya saat dia bekerja sebagai model, dan memulai debutnya sebagai aktor melalui serial Dear My Friends. Setelah itu, dia mendapat peran kecil dalam berbagai serial seperti Welcome to Waikiki 2 dan Search WWW, sebelum berhasil mendapatkan peran utama di Flower Crew: Joseon Marriage Agency. 

Byeon Woo Seok kini berperan sebagai Won Hae-hyo di serial Record of Youth. Peran tersebut mengingatkannya pada masa lalunya, sebab Won Hae-hyo adalah seorang model yang ingin menjadi aktor. 

3. Lee Jong Suk

Dok. Netflix

Lee Jong Suk dikenal dengan bakat modelnya sejak memulai debut pada tahun 2005. Lee Jong Suk memulai karier aktingnya pada tahun 2010 dan mendapat banyak perhatian melalui perannya sebagai Sun dalam Secret Garden. Sejak saat itu, Lee Jong-suk sering muncul di berbagai serial populer seperti I Hear Your Voice, Doctor Stranger, Pinocchio, dan While You Were Sleeping.

Sebelum berangkat untuk menjalani wajib militer, Lee Jong Suk sempat terlibat dalam pembuatan serial Romance is a Bonus Book. Lee Jong Suk diperkirakan akan segera mengakhiri masa wajib militernya pada Januari 2021 mendatang. Duh, nggak sabar untuk menonton drama terbarunya, nih!

4. Kim Woo Bin

Dok. Netflix

Teman baik Lee Jong Suk, yaitu Kim Woo Bin, juga memulai karier sebagai model pada tahun 2008 dan menjadi aktor pada tahun 2011 lewat serial White Christmas. Keduanya bahkan pernah berakting bersama dalam serial School 2013. 

Karier Kim Woo Bin sebagai aktor terus menanjak setelah membintangi serial Inheritors, dan menambah semakin banyak penggemar lewat Uncontrollably Fond. Sayangnya, Kim Woo Bin didiagnosis menderita kanker nasofaring pada tahun 2017 dan harus berhenti berakting saat menjalani perawatan. 

Namun, kamu nggak perlu khawatir, Bela. Kini Kim Woo Bin sudah kembali sehat dan sedang terlibat dalam proses pembuatan film pada bulan Maret tahun ini. 

5. Song Seung Heon

Dok. Netflix

Song Seung Heon adalah salah satu model pertama yang beralih menjadi aktor sejak gelombang Hallyu dimulai. Dia memulai debutnya sebagai model pada tahun 1995 dan membintangi sitkom populer Three Guys and Three Girls pada tahun 1996. 

Di tahun 2000, popularitasnya sebagai aktor semakin dikenal di seluruh penjuru Asia melalui perannya di Autumn in My Heart. Selain dipasangkan dengan aktris Song Hye-kyo, serial ini menceritakan kisah cinta yang tragis dan berhasil menyentuh hati para penonton. Kini Song Seung Heon telah berakting selama 20 tahun di berbagai film dan serial televisi, namun popularitasnya kian bersinar dan seolah tak meredup.

6. So Ji Sub

Dok. Netflix

So Ji Sub memulai debutnya pada tahun 1995 setelah memenangkan kontes modeling yang disponsori oleh merek jeans STORM dan menjadi model untuk merek tersebut. Di kontes tersebut ia bertemu dengan Song Seung Heon yang kini menjadi sahabatnya. 

Teman bisa membawa rezeki memang benar adanya. So Ji Sub mendapatkan peran aktingnya yang pertama ketika mengunjungi Song Seung Heon di lokasi syuting Three Guys and Three Girl dan akhirnya menarik perhatian sang sutradara. Meskipun awalnya cenderung membintangi tayangan melodrama seperti I’m Sorry, I Love You dan Cain and Abel, kini So Ji Sub lebih populer dengan tayangan-tayangan romantis komedi seperti The Master's Sun dan Oh My Venus. 

7. Zo In Sung

Dok. Netflix

Zo In Sung memulai debut sebagai model untuk ZIOZIA pada tahun 1998. Beberapa tahun kemudian, ia debut sebagai aktor di School 3 dan mulai terkenal lewat perannya di sitkom New Nonstop.

Tiga drama terakhir yang dibintanginya adalah That Winter, the Wind Blows, It's Okay, That's Love, dan Dear My Friends rilis pada tahun 2016. Kini Zo In Sung lebih berfokus kepada film dan menghindari terlibat dalam berbagai proyek dalam waktu bersamaan. 

Namun, sepertinya penggemar Zo In Sung dapat segera melihatnya kembali di serial drama nih, dalam waktu dekat. Sebab, sedang ada pembicaraan bahwa Zo In Sung akan tampil di serial yang diadaptasi dari webtoon Moving bersama Han Hyo Joo dan Cha Tae Hyun. Wah, beneran nggak, ya? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

8. Ahn Bo Hyun

Dok. Netflix

Kamu pasti nggak asing, deh, sama Ahn Bo Hyun yang berperan sebagai tokoh antagonis yang menyebalkan di Itaewon Class. Ahn Bo Hyun memulai debutnya sebagai model pada tahun 2007. Semua penghasilan yang ia dapatkan dari modeling, Ahn Bo Hyun tabung demi bisa mengikuti kelas akting.  

Sebelum mencoba menggeluti dunia modeling, Ahn Bo Hyun sebenarnya seorang petinju di masa sekolahnya. Ahn Bo Hyun sendiri mulai berakting pada tahun 2014 dan mendapatkan peran di Descendants of the Sun, My Runway, dan My Only Love Song. 

Pada tahun 2019, Ahn Bo Hyun mencuri perhatian lewat Her Private Life dan semakin populer lewat Itaewon Class. Ahn Bo-hyun akan kembali dengan drama terbarunya Kairos.

9. Wi Ha Joon

Popsugar.com

Kamu yang sudha menonton Squid Game pasti akan terpesona dengan penampilan Wi Ha Joon yang berperan sebagai polisi dan menyelidiki permainan sadis Squid Game. Dari perannya tersebut, Wi Ha Joon mendapat banyak pujian dari kritikus film dan membuat namanya terus melambung.

Namun, tak banyak yang tahu jika Wi Ha Joon memulai kariernya sebagai model sebelum dikenal sebagai aktor. Di awal tahun 2010, Wi Ha Joon menjadi model untuk berbagai pemotretan majalah dan runaway. Baru pada tahun 2012 ia memulai debut aktingnya di film pendek berjudul Peace in Them. Wi Ha Joon baru mencicipi peran sebagai aktor utama di tahun 2019 lewat serial Romance is the Bonus Book.

10. Lee Kwang Soo

Allkpop.com

Lee Kwang Soo menghebohkan para penggemar dengan mengundurkan diri dari variety show Running Man karena masalah kesehatan di bulan Mei 2021 lalu. Bisa dibilang, ia menjadi salah satu member favorit dari variety show tersebut. Maka dari itu, mundurnya Lee Kwang Soo dari Running Man membuat para penggemarnya merasa kehilangan.

Berbicara soal perjalanan kariernya, Lee Kwang Soo memulai jejaknya di dunia hiburan sebagai model di tahun 2007. Namun, satu tahun setelahnya, Lee Kwang Soo mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam acara komedi situasi berjudul Here He Comes yang kemudian menjadi langkah awalnya di dunia akting.

11. Hwang In Yeop

Dok. Viu

Hwang In Yeop menarik perhatian pencinta drama Korea di tahun 2020 lalu lewat perannya dalam serial True Beauty. Namun, tak banyak yang tahu bahwa pria kelahiran 19 Januari 1991 itu mengawali kariernya sebagai seorang model dan penyanyi di bawah naungan manajemen YG Kplus yang masih masuk ke dalam grup YG Entertainment pada tahun 2017.

Pada tahun 2018, Hwang In Yeop memulai debutnya sebagai seorang aktor lewat perannya sebagai Gi Jae-young dalam web series Why. Ia kemudian mendapatkan peran utama dalam serial True Beauty dan beradu akting dengan Moon Ga Young.

12. Jang Ki Yong

Dok. Internet

Jang Ki Yong memulai karier sebagai model di usia 19 tahun. Saat itu, ia mengunjungi KPlus (sekarang YGKPlus), namun tidak lolos seleksi untuk bergabung di agensi model ini. Ia kemudian mencoba peruntungan di agensi yang sama pada tahun berikutnya. Dia mendapat kesempatan untuk berfoto dan ternyata lolos perekrutan sebagai model baru.

Kariernya sebagai model dimulai pada pagelaran busana S/S General Idea Collection Show 2012, selama Seoul Fashion Week. Pada 2013, ia masuk dalam video musik "The Red Shoes" dan "Friday" yang dinyanyikan IU. Kesempatan ini yang kemudian membuatnya tertarik menjadi seorang aktor.

Pada tahun 2014, Ki Yong mendapatkan peran di serial It’s Okay, That’s Love tanpa audisi. Di tahun yang sama, dia berperan dalam drama School Girl Detective. Ki Yong kemudian mengikuti audisi untuk akting di drama yang lebih serius, The Greatest Marriage, dan terpilih. 

Itu dia 12 aktor papan atas Korea yang memulai kariernya sebagai model. Ada idola kamu nggak, nih

IDN Media Channels

Latest from Working Life