Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sukses dari Muda, Ini 13 Kerajaan Bisnis Milik Kaesang Pangarep

Banyak banget bisnisnya!

Niken Ari Prayitno

Di zaman modern kini, banyak orang yang lebih suka untuk menginvestasikan uangnya dengan berbisnis. Tak hanya mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri yang lebih besar tapi juga mampu memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Saat ini banyak publik figur yang menambah penghasilan mereka dengan berbisnis, salah satunya Kaesang Pangarep. Anak ketiga Presiden Joko Widodo ini diketahui mengelola berbagai bisnis. Lalu apa saja ya bisnis milik Kaesang? Nah, ini dia deretan kerajaan bisnis milik Kaesang Pangarep.

1. Sang Pisang

instagram.com/kaesangp

Di saat pisang nuget sedang booming pada 2017 lalu, Kaesang Pangarep kemudian berinisiatif untuk membuka outlet pisang nuget yang ia beri nama “Sang Pisang”. Ia resmi membuka outlet pisang nuget miliknya secara resmi sejak bulan November 2017 lalu. Saat ini, Sang Pisang sudah membuka outlet sebanyak 54 outlet di seluruh Indonesia.

2. Sang Javas

instagram.com/kaesangp, sangjavas

Sebelum mendirikan Sang Pisang, Kaesang memulai bisnis clothing line yang bernama “Sang Javas”. Sang Javas ini menawarkan produk kaos yang bergambar karikatur dan juga mengusung ilustrasi dengan tema kekinian. Saat awal memulai bisnis Sang Javas, ia sendiri telah menjual kaos sebanyak 2.000 potong. Lucunya, Kaesang memanggil para pelanggan Sang Javas dengan sebutan “kecebong”.

3. Truz Official

instagram.com/truzofficial

Setelah sukses mendirikan Sang Javas, Kaesang membuka bisnis clothing line keduanya, Truz Official yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Sama dengan Sang Javas, produk yang ditawarkan Truz juga berupa kaos bertema skatters dan juga hoodie dan menyertakan logo kecebong pada produknya. Kaesang juga sering mempromosikan Truz di akun Instagramnya.

4. Madhang Indonesia

katadata.co.id

Setelah clothing line, Kaesang juga mendirikan bisnis lain yang ia beri nama Madhang Indonesia. Bisnisnya kali ini merupakan aplikasi jual beli makanan khas rumahan, sehingga para penjual makanan tak perlu membuka restoran. Hanya upload saja produk makanan yang dijual dan para pembeli bisa membeli produk makanan atau minuman tersebut secara online.

5. Hompimpa Games

instagram.com/kaesangp, hompimpagames

Kali ini Kaesang membuka bisnis berupa kartu-kartu permainan bernama Hompimpa. Bisnis permainan kartu-kartu ini bekerja sama dengan Erwin Skripsiadi yang berada di Solo. Kartu permainan ini mirip dengan permainan monopoli, namun dengan konsep yang berbeda. Kartu yang dijualnya ini seharga ratusan ribu rupiah.  

6. Ternak Ikan Lele

Instagram.com/kaesangp

Kaesang memiliki bisnis ternak ikan lele yang dirintisnya sejak Februari 2019. Ternak lele milik Kaesang cukup sukses dengan menjadi pemasok di beberapa pasar di Tanah Air. Menurut Kaesang, pemasok ikan lele di Indonesia masih sangat sedikit. Padahal permintaan akan ikan air tawar tersebut cukup besar.

7. Yang Ayam

Instagram.com/yangayam

Makanan berbahan dasar ayam memang menjadi favorit di Indonesia. Mengambil kesempatan tersebut, Kaesang membuka bisnis ayam goreng tepung Yang Ayam. Sampai saat ini, Yang Ayam telah memiliki tujuh outlet yang tersebar di Jakarta dan Solo.

8. TernaKopi

Instagram.com/ternakopi.id

Ikut meramaikan bisnis kopi kekinian di Indonesia, Kaesang mendirikan TernaKopi pada tahun 2019. TernaKopi menjadi bisnis kopi yang langsung melejit di tengah persaingan bisnis minuman kekinian. Harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribu, membuat TernaKopi laris manis diburu pembeli.

9. Siap Mas

Instagram.com/siapmas

Menyasar konsumen minimarket yang menjamur di berbagai daerah di Indonesia, Kaesang bersama kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, membuat makanan dan minuman ringan dengan payung besar bernama Siap Mas. Di bawah naungan Siap Mas, ada camilan Kemripik dan Maksor, serta minuman Nge-Drink. Menggunakan ilustrasi wajahnya pada tiap kemasannya, kamu bisa mendapatkan Kemripik, Maksor, dan Nge-Drink di minimarket terdekat.

10. Let's Toast

Instagram.com/kaesangp

Setelah pisang, menu roti bakar diprediksi akan menjadi kuliner yang akan viral di tahun ini. Sebab, banyak pelaku di industri kuliner yang mulai merilis menu roti bakar atau toast dengan ciri khas masing-masing.

Tak ingin ketinggalan momen, Kaesang juga mendirikan bisnis roti bakar Let's Toast yang saat ini sudah memiliki enam cabang di kawasan Jakarta. Tidak hanya menyajikan menu roti bakar, ada pula minuman kekinian, seperti kopi dan susu yang tersedia di outlet ini.

11. Enigma Camp

Di zaman serba digital ini, kemampuan IT dan coding tentu semakin banyak dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang bermanfaat. Namun, tak semua orang mampu untuk melanjutkan kuliah IT demi kemampuannya tersebut.

Menyadari hal ini, Kaesang membuka pelatihan programming bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu IT mereka. Dengan pelatihan singkat dan biaya yang lebih terjangkau, Enigma Camp dapat membuatmu mendapatkan ilmu baru terkait bidang IT dan pemrograman.

12. Mangkokku

Instagram.com/mangkokku_id

Bekerja sama dengan Chef Arnold Purnomo, Kaesang juga membuat bisnis ricebowl dengan nama Mangkokku. Mengusung tagline 'Bersih, Merakyat, Nikmat, Nyata', harga satu porsi Mangkokku dinilai cukup terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya. Dengan menu andalan berbahan ayam dan daging, Mangkokku kini telah memiliki puluhan cabang di seluruh Indonesia.

13. Kerjaholic

Instagram.com/kerjaholic

Membantu pemerintah memeratakan ekonomi di seluruh Indonesia dan nggak hanya terpusat di Jakarta, Kaesang mendirikan Kerjaholic. Kerjaholic adalah platform lowongan pekerjaan untuk pencari kerja khusus di wilayah Solo, Yogyakarta, dan Semarang. Untuk kamu yang tinggal di tiga daerah tersebut, bisa banget, nih, membuka situs Kerjaholic untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

Setelah melihat kesuksesan bisnis Kaesang, kamu sendiri ada rencana untuk membuka bisnis juga nggak, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life