Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Youtuber Sunny Dahye Klarifikasi, Warganet: "Pengalihan Isu"

Meminta maaf dan akan hiatus sementara dari sosmed

Natasha Cecilia Anandita

YouTuber Sunny Dahye sempat viral beberapa waktu lalu. Tak hanya Sunny, suaminya, Chris juga ikut terseret dalam rumor yang beredar. Sunny dikatakan telah menghina warganet Indonesia, berbohong demi konten, perjanjian kerja dengan editor yang tidak sesuai dan masih banyak lagi.

Rumor-rumor tersebut pun membuat banyak warganet geram hingga melontarkan kata-kata tidak sopan kepada Sunny, Chris maupun rekan Sunny lainnya. Hal ini bermula dari sebuah akun anonim di Instagram @sunnyisliar2 yang mengungkap sisi lain Sunny Dahye di belakang kamera. Setelah beberapa hari berlalu tanpa klarifikasi, akhirnya kemarin Rabu (18/8/2021) Sunny memberi klarifikasinya melalui video di kanal YouTubenya.

Namun, warganet Indonesia masih belum puas dengan klarifikasi tersebut. Lantas apa  bagaimana klarifikasi dari Sunny? Berikut selengkapnya.

Dirumorkan hina orang Indonesia dan berbohong demi konten

instagram.com/sunnydahye

Seseorang membuat sebuah akun instagram dengan nama @sunnyisliar2. Dalam akun tersebut terlihat beberapa unggahan yang diambil dari tangkapan layar percakapan DM dan potongan video. Ada beberapa tudingan yang dilontarkan oleh akun tersebut.

Pertama, adalah mengatakan bahwa Sunny dan Chris pernah menghina orang Indonesia dengan mengatakan bahwa penonton Indonesia 'bodoh' dan 'miskin', sehingga lebih mudah dibodohi. Menurut unggahan tersebut, keduanya mengatakan bahwa viewers Indonesia adalah 'ladang' adsense mereka.

instagram.com/sunnydahye

Kedua, adalah masalah hubungan Sunny dan keluarganya, serta Chris suaminya yang memberi pengaruh buruk untuknya. Lain kemudian ada pula yang mengatakan bahwa Sunny berbohong saat konten puasa. Di mana, saat on-camera ia mengatakan ia puasa tapi setelah kamera tidak merekam, ia kembali makan bersama dengan krunya. Ada pula yang mengatakan bahwa Sunny tidak merawat Gamja, anjing peliharaannya dengan baik

instagram.com/sunnydahye

Setelah ramai diperbincangkan, muncul pula mantan editor Sunny Dahye untuk kontennya Juli 2019. Ia akhirnya memberanikan diri untuk speak up tentang perlakuan Sunny maupun Chris kepadanya sebagai seorang seniman, yang tidak profesional. Akun itu mengatakan bahwa pembayaran atas karyanya tidak sesuai dan mereka selalu meminta harga ‘teman’–karena editor tersebut adalah teman Chris. Tak hanya urusan pembayaran, urusan credit atau pencantuman nama artis di video tersebut, juga tidak dilakukan sebagaimana mestinya dalam perjanjian.

instagram.com/sadshrimps

Influencer lain ikut terseret

instagram.com/big_miss_han

Viralnya rumor tersebut, juga membuat banyak influencer lainnya ikut terseret, terlebih influencer Korea dan teman dekat maupun keluarga Sunny. Nama-nama itu seperti Jang Hansol, Han Yoo Ra, Kang Hanna dan lainnya. Han Yoo Ra juga tak luput dari perhatian. Saat itu, ada unggahan juga yang menyebut bahwa Sunny ikut senang karena akun Han Yoo Ra hilang saat ia sedang menjalani perawatan setalah sakit.

Menanggapi hal tersebut, Han Yoo Ra akhirnya membuat postingan di Instagram bahwa dirinya telah berbicang melalui telepon dengan Sunny. Mereka sudah berbaikan dan Sunny sudah meminta maaf. Yoo Ra juga menyarankan untuk tidak terlalu percaya pada rumor sebelum itu keluar langsung dari mulut orang tersebut.

Akhirnya berikan klarifikasi

youtube.com/SunnydahyeIn

Rumor yang ramai pada 14 Agustus lalu tidak langsung ditanggapi oleh Sunny. Ia akhirnya membuat video klarifikasi di akun YouTube miliknya, kemarin Rabu (18/8/2021) dengan judul “Yang perlu diketahui...” . Dalam video tersebut ada beberapa poin yang ia sampaikan, antara lain:

1. Saat rumor beredar ia sedang dalam kondisi yang tidak stabil karena ayahnya baru saja meninggal dalam minggu-minggu tersebut. Ia masih dalam kondisi untuk menerima kepergian sang ayah. Sehingga tidak sempat untuk membuat klarifikasi.

2. Dalam kondisi mental yang masih terpuruk dan terkejut karena kepergian ayahnya, Sunny juga bertambah tertekan dengan banyaknya kata-kata kasar, hujatan, hingga ancaman mati dari warganet.

youtube.com/SunnydahyeIn

3. Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa ia sedih karena rasa cintanya pada Indonesia dipertanyakan. Ia kembali menjelaskan bahwa ia sangat menghargai Indonesia dan cinta pada Indonesia. Bahkan ia mengaku lebih nyaman berbicara dengan bahasa Indonesia dibanding dengan bahasa Inggris atau bahasa Korea.

4. Sunny juga meminta maaf pada semua pihak yang pernah tersakiti oleh kata-katanya. Ia mengatakan bahwa sama seperti orang lainnya yang tidak sempurna dan membuat kesalahan.

youtube.com/SunnydahyeIn

5. Mengenai rumor Chris yang memberi pengaruh buruk, baginya berbanding terbalik. Menurut Sunny, ia lebih bahagia setelah bertemu dengan Chris. Ia juga lebih memerhatikan kesehatan dirinya setelah bertemu dengan Chris.

6. Ia dan Chris juga meminta maaf kepada Natasha, editor yang membuat animasi Sunny July 2019. Mereka meminta maaf jika kerja sama itu tidak berjalan sesuai yang diharapkan dan akan belajar untuk lebih baik lagi. Chris juga mengatakan bahwa ia sangat menghargai Indonesia dan budayanya.

7. Rumor lain tentang hubungan keluarga tidak dibahasnya karena menurutnya itu adalah topik yang sangat sensitif dan pribadi. Sehingga ia tidak membahasnya dalam konten.

youtube.com/SunnydahyeIn

8. Sunny akan ambil jalur hukum bagi orang-orang yang telah menyebarkan rumor buruk tentang Ia maupun keluarga atau temannya yang tidak berlandaskan bukti-bukti yang akurat. Ia telah melaporkan kepada pihak kepolisian terkait akun Instagram @sunnyisliar2. Meski ada beberapa unggahan yang telah diturunkan dan beberapa telah terbukti tidak benar, namun itu telah beredar luas ke berbagai media sosial. Sunny pun mantap mengambil jalur hukum.

9. Sunny Dahye juga mengatakan bahwa ia akan undur sementara dari media sosia baik YouTube, Instagram, Twitter dan lainnya. Ia menjelaskan bahwa ia ingin fokus pada keluarganya dan kesehatan mentalnya.

Sementara itu, rumor-rumor lain yang beredar tidak dibahas olehnya seperti rumor merendahkan warganet Indonesia dan berbohong demi konten.

Tanggapan warganet: Pengalihan isu

youtube.com/SunnydahyeIn

Setelah video klarifikasi Sunny dipublikasi, warganet banyak yang tidak memercayainya dan sudah hilang rasa hormat. Warganet turut berduka atas meninggalnya ayah Sunny, namun banyak dari mereka yang sudah tidak ingin ‘memberi panggung’ pada Sunny.

Bahkan beberapa warganet berpendapat bahwa itu bukan permintaan maaf atau klarifikasi, namun hanya pengalihan isu saja. Menurut warganet, masih banyak rumor yang dapat diperjelas satu per satu sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Berikut beberapa komentar warganet.

youtube.com/SunnydahyeIn
youtube.com/SunnydahyeIn
youtube.com/SunnydahyeIn
youtube.com/SunnydahyeIn

Itulah klarifikasi Sunny Dahye terkait tentang rumor yang beredar. Hingga kini banyak warganet yang sudah banyak tidak percaya pada Sunny. Di sisi lain, Sunny akan meneruskan jalur hukum bagi penyebar rumor tidak benar dan akan fokus pada kesehatan mentalnya. Bagaimana pendapatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life