Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Franchise Makanan Murah dengan Modal di Bawah Rp10 Juta, Mau Coba?

Simak tipsnya juga, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Di era pandemi ini, menjadi pukulan telak bagi banyak orang untuk mengais rezeki. Misalnya saja, membuat beberapa karyawan perusahaan terpaksa harus menerima untuk dirumahkan, atau malah mengalami pemutusan hubungan kerja. 

Ada yang memanfaatkan keadaan ini untuk beralih ke bidang pekerjaan lain, mulai dari ternak hingga membuka UMKM. Nah, salah satu pekerjaan yang diminati adalah membuka usaha makanan. Bidang ini menjadi kebutuhan mendasar manusia, maka itu bisnis makanan terbilang cukup menjanjikan.

Salah satu usaha makanan yang menjanjikan dan tidak merepotkan adalah dengan menjadi mitra waralaba suatu brand (franchise). Bagi kamu yang ingin membuka bisnis makanan namun hanya memiliki modal sedikit, jangan khawatir, Popbela akan berikan 10 rekomendasi franchise makanan murah dengan modal di bawah Rp10 juta beserta dengan tipsnya. Scroll terus, ya!

Franchise makanan murah

1. Donat bakar

donatbakar.com

Waralaba ini pasti familiar di telingamu. Waralaba Donat Bakar sendiri telah ada sejak tahun 2008 dan tersebar di pulau Jawa hingga Sumatra. Untuk menjadi mitranya, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp7,5 juta. Paket yang ditawarkan sudah termasuk:

  • booth
  • x-banner menu
  • kompor
  • tabung gas
  • seragam karyawan 
  • bahan training

2. Mr. John Singapore (Roti John)

waralabakan.com

Franchise makanan satu ini pun pasti tidak asing, yaitu roti panjang dengan isian beragam. Mr.John Singapore kini telah memiliki gerai di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi kuliner populer yang digemari.

Untuk membuka usaha roti ini kamu membutuhkan modal Rp8 juta yang telah mencakup perlengkapan berjualan dan bonus bahan baku sebanyak 50 porsi. Keuntungan yang bisa didapatkan dari waralaba ini bisa mencapai Rp9-18 juta per bulan.

3. Bakso Benhill

baksobenhill.com

Bakso memang tidak pernah mengecewakan, salah satunya si Bakso Benhill. Dengan modal mulai dari Rp4 juta, kamu bisa membuka usaha salah satu franchise terlaris ini. Biaya terjangkau ini tidak termasuk peralatan memasak dari paket waralaba, jadi kamu bisa memakai milikmu sendiri dan jadi lebih hemat.

Selain itu, jika kamu menjadi mitranya maka kamu akan mendapat pelatihan dalam menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan keuntungan, hingga strategi promosi.

4. Candy Crepes

instagram.com/candycrepesofficial

Candy Crepes telah berdiri sejak tahun 2013. Jika bergabung sebagai mitra Candy Crepes, kamu akan mendapatkan perlengkapan hingga siap jualan tanpa dikenakan biaya royalti. Sehingga, 100% penjualan akan menjadi milikmu. Candy Crepes menawarkan tiga jenis paket waralaba, mulai dari Rp6,7 hingga Rp9,8 juta.

5. Kuch2hotahu

instagram.com/kuch2hotahu

Siapa yang langsung joget atau nyanyi ketika baca namanya? Jangan salah, waralaba ini sudah mendapat banyak penghargaan, lho. Kuch2hotahu adalah franchise tahu goreng spesial yang memiliki lebih dari 500 outlet distributor dan mitra. Ada dua jenis paket waralaba yang ditawarkan, yaitu paket regular sebesar Rp8,5 juta serta paket mini seharga Rp10 juta.

6. Magu Magu Chicken

instagram.com/magumaguchicken

Usaha ayam goreng krispi sedang tren saat ini apalagi jika dibandrol dengan harga murah. Magu Magu Chicken adalah salah satunya. Usaha ayam goreng krispi ini memiliki 6 varian rasa. Franchise satu ini menawarkan promo 4 jenis paket kemitraan, mulai dari harga Rp5,3 juta hingga Rp12 juta. Untuk paket paling dasar, kamu bisa mendapatkan:

  • gerobak
  • peralatan penunjang
  • bahan baku awal
  • kemasan sebanyak 50 buah
  • sarana promosi
  • sebuah seragam karyawan

7. Popchick Chicken

instagram.com/popchick_chicken

Usaha ayam goreng krispi lainnya adalah Popchick Chicken. Ayam goreng full daging dengan bentuk bulat ini lagi tren banget. Telah berdiri selama 2 tahun, kini Popchick telah memiliki lebih dari 500 mitra. Sedangkan untuk program yang ditawarkan mulai dari Rp7,9 juta, lengkap dengan alat masak dan kompor gas.

8. Pisang Nugget Kece

instagram.com/pisangnuggetkece

Nah, kuliner satu ini sudah hits dari beberapa tahun lalu sampai saat ini. Bahkan, sang anak Presiden pun turut bergelut di bisnis ini. Salah satu waralaba yang terkenal dan memiliki modal murah adalah Pisang Nugget Kece. Dengan modal mulai dari Rp5,8 juta, kamu akan mendapatkan seragam, peralatan masak, perlengkapan jualan, hingga buku panduan resep dan tips sukses berbisnis.

9. Taw Taw Tahu

instagram.com/tawtawtahu

Selain waralaba tahu di atas, waralaba tahu gurih nan krispi satu ini juga boleh dicoba. Taw Taw Tahu menawarkan paket kemitraan mulai dari Rp4,3 juta dengan proses pengerjaan 7-10 hari, Taw Taw Tahu juga akan membantumu melakukan promosi daring untuk meningkatkan penjualan.

10. Shizuka Takoyaki

shizukatakoyaki.blogspot.com

Selanjutnya adalah Shizuka Takoyaki. Untuk membuka franchise makanan asal Jepang ini, kamu hanya memerlukan modal sebesar Rp2,5 juta. Dari modal tersebut kamu akan mendapatkan beragam peralatan yang telah sesuai dengan standard operating procedures (SOP) Shizuka Takoyaki, yaitu:

  • booth portable
  • x banner
  • kompor gas satu tungku, regulator, dan selang gas
  • peralatan untuk memasak takoyaki
  • bahan baku

Tips membuka usaha franchise

pexels.com/andreapiacquadio

Sebelum membuka usaha franchise, ada yang perlu kamu perhatikan dengan baik, mulai dari:

  1. Memilih usaha dengan teliti. Kamu harus teliti dan riset dengan baik usaha mana yang kamu akan bangun. Baik itu makanan berat, minuman, atau makanan ringan.
  2. Menghitung dan merencanakan kebutuhan secara cermat. Setelah kamu memilih, perhitungkan dan rancangkan kebutuhanmu secara cermat, seperti peralatannya, bahan yang dibutuhkan, serta keterampilan yang harus dimiliki.
  3. Memahami syarat dan ketentuan kerja sama. Apabila kamu sudah matang dan memilih dengan pasti waralabanya, pahami pula syarat dan ketentuan kerja sama yang tertera. Bagaimana pembagian hasil hingga distribusi produknya.
  4. Memilih waralaba sesuai anggaran. Pastikan juga waralaba pilihanmu sesuai dengan anggaran, ya. Jangan sampai akan menyulitkanmu nantinya.

Itulah rekomendasi 10 franchise makanan yang murah dengan modal di bawah Rp10 juta beserta dengan tipsnya. Kamu tertarik buka yang mana, nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life