Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Padat Doktrin, Ini 10 Fakta Tentang Sistem Pendidikan di Korea Utara

Tak lepas dari propaganda dan bersifat politis

Natasha Cecilia Anandita

Sebelum terpecah menjadi utara dan selatan, Korea bersatu dengan sebutan semenanjung Korea. Pendidikan formal di Korea dimulai selama periode Tiga Kerajaan, yang dipengaruhi oleh sistem pendidikan Tiongkok.

Pada tahun 1882, Raja Kojong mengeluarkan dekrit yang menjunjung tinggi pendidikan sebagai “pilar” Korea. Dengan demikian, pendidikan formal di Korea membuka pintunya bagi pria dan wanita dari semua kelas. Namun, sistem pendidikan pun berubah setelah Korea terbagi atas utara dan selatan.

koreakonsult.com

Kita mungkin sering mendengar atau menonton drama yang terkait dengan pendidikan di Korea Selatan, namun bagaimana dengan negara saudara yang misterius itu? Di Republik Demokratik Rakyat Korea, yang biasa disebut sebagai Korea Utara, pendidikan sepenuhnya dikendalikan oleh pemerintah.

Pendidikan wajib bagi semua warga negara selama 11 tahun sampai tingkat menengah. Selain itu, sistem pendidikan di Korea Utara didasarkan pada cita-cita sosialistik. Kelas fokus pada bahasa Korea, matematika, sastra dan pemerintahan. Kamu yang penasaran dengan pendidikan di Korea Utara, berikut ada 10 fakta teratas tentang pendidikan di Korea Utara dilansir dari Borgenproject.

1. Jenjang sekolah di Korea Utara

AFP

Sekolah dasar dan menengah diperlukan dan diberikan gratis di Korea Utara. Anak-anak akan melewati satu tahun di taman kanak-kanak. Kemudian, mereka bersekolah di sekolah dasar, yang dikenal sebagai “Sekolah Rakyat”, dari usia enam hingga sembilan tahun. Setelah itu, mereka menghadiri sekolah menengah yang tergantung pada spesialisasi mereka. Sekolah menengah berlanjut dari usia 10 hingga 16 tahun.

2. Negara yang paling melek huruf

dailynk.com

Korea Utara adalah salah satu negara paling melek huruf di dunia. Menurut UNESCO, tingkat melek huruf Korea Utara adalah 98-100 persen. Namun, angka tersebut dilaporkan sendiri sehingga banyak dipertanyakan, mengingat statistik yang meningkat yang keluar dari Korea Utara.

3. Literatur yang disensor dengan hati-hati

pinterest.com

Literatur yang dibaca oleh mahasiswa Korea Utara disensor dengan hati -hati. Kebanyakan penulis tetap tidak jelas dan rincian biografi mereka disembunyikan. Cerita biasanya berkisar pada menjunjung tinggi sosialisme dan kepedulian yang telah diberikan Kim kepada dunia sastra.

Misalnya, “The Fifth Photograph,” oleh Lim Hwa-won, diceritakan dari sudut pandang seorang perempuan yang mengunjungi Rusia pasca-Soviet pada awal 1990-an, hanya untuk menyaksikan sebuah negara yang gagal karena pengaruh barat.

4. Pendidikan perempuan yang progresif

koreakonsult.com

Pendidikan perempuan adalah salah satu aspek yang lebih progresif dari sekolah Korea Utara. Pendidikan menengah dan seterusnya sama-sama dapat diakses oleh laki-laki dan perempuan. Pada akhir 1950-an, pemerintah memprakarsai kampanye “Chollima”, yang berhasil memobilisasi penduduk secara lebih efisien.

Perempuan diajari bahwa emansipasi datang melalui kerja, sosialisasi pengasuhan anak dan membantu membangun Korea Utara yang sosialis melalui kerja produktif. Perempuan membuat lebih dari 80 persen guru sekolah dasar dan 15 persen profesor perguruan tinggi.

Tidak ada informasi yang tersedia mengenai skala upah antara laki-laki dan perempuan. Namun, salah satu sumber dari studi Michigan State menyatakan bahwa upah tetap yang biasa diterima, masih didapat lebih banyak oleh laki-laki. Perempuan juga cenderung berhenti dari pekerjaannya setelah menikah.

5. Kurikulumnya fokus pada keluarga Kim

news.sky.com

Kurikulum di sekolah-sekolah Korea Utara berfokus pada keluarga Kim. Sebuah studi oleh Institut Evaluasi Kurikulum Korea menemukan siswa menghabiskan 684 jam belajar tentang pemimpin saat ini Kim Jong-Un, ayahnya Kim Jong-il, kakeknya Kim Il-sung dan neneknya Kim Jong-suk. Korea Utara menyatakan sistem pendidikannya adalah agar “siswa memperoleh konsep revolusi dan kesetiaan tanpa akhir terhadap partai dan pemimpin tertinggi.”

6. Mereka yang menempuh perguruan tinggi datang dari keluarga kerajaan

rfa.org

Banyak siswa yang melanjutkan ke pendidikan tinggi berasal dari latar belakang keluarga kerajaan. Pendidikan tinggi di Korea Utara dibagi menjadi perguruan tinggi, universitas dan sekolah kejuruan. Salah satu sekolah paling bergengsi di Korea Utara, Universitas Kim Il-Sung, sangat sulit untuk masuk ke sana.

Hanya siswa yang terkait dengan pejabat pemerintah yang lebih tinggi dan memiliki nilai bagus yang dapat mengikuti ujian masuk. Jika seorang siswa berbakat dalam sains atau matematika, mereka sering pergi ke Universitas Pertahanan Nasional.

7. Baik laki-laki dan perempuan wajib mengikuti dinas militer

reuters

Layanan militer diperlukan untuk laki-laki dan perempuan Korea Utara pada usia 17 tahun. Sebelum 2017, dinas militer adalah opsional untuk perempuan. Sekarang mereka harus melayani sampai usia 23 tahun dan laki-laki harus melayani 10 tahun. Namun, siswa yang sangat berbakat dari sekolah luar biasa dapat dibebaskan dari layanan sama sekali.

8. Dimaksudkan untuk propaganda

dailynk.com

Banyak pendidikan di Korea Utara adalah propaganda yang dimaksudkan untuk mengindoktrinasi siswa ke dalam sistem sejak taman kanak-kanak. Misalnya, ketika anak-anak belajar tentang waktu, mereka mempelajarinya berdasarkan tahun kelahiran Kim Il-sung, 1912, yang dikenal sebagai Tahun 1 di Korea Utara.

Setiap ruang kelas di Korea Utara pasti memiliki foto Kim Il-sung dan Kim Jong-Il. Anak-anak belajar tentang "sejarah revolusioner," yang melibatkan musik, buku cerita, novel dan karya seni yang berkaitan dengan keluarga Kim.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Komisi Penyelidikan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa program pendidikan Korea Utara memiliki dua tujuan: untuk menanamkan kesetiaan dan komitmen tertinggi kepada pemimpin tertinggi dan untuk menanamkan permusuhan dan kebencian yang mendalam terhadap Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

9. Merupakan sistem pendidikan yang melanggar hukum internasional

koreatimes.co.kr

Sistem pendidikan melanggar hukum internasional dengan membatasi kebebasan berpikir dan berekspresi pada rakyatnya. Laporan PBB bulan Desember 2018 menyimpulkan bahwa Korea Utara melakukan “pelanggaran hak asasi manusia yang sistematis, meluas dan berat.”

Temuan mereka menyebutkan penyiksaan, "kondisi penahanan yang tidak manusiawi," pemerkosaan, eksekusi publik, hukuman mati karena alasan politik dan agama, dan kamp penjara politik. Selain itu, ia mengutip pembatasan yang meluas atas kebebasan berpikir, beragama, berekspresi, berkumpul, dan bergerak. Akibatnya, Korea Utara menolak sama sekali resolusi PBB.

10. “Kamp pendidikan ulang” yang merupakan kerja paksa

express.co.uk

Bukannya mendapat pendidikan, “kamp pendidikan ulang” di Korea Utara adalah tempat para tahanan untuk melakukan kerja paksa. Kementerian Keamanan Rakyat menjalankan kamp-kamp pendidikan ulang. Sebagian besar mereka yang masuk ke kamp ini karena kejahatan bersifat politis, mulai dari penyeberangan perbatasan hingga gangguan kecil dalam ketertiban.

Tahanan sering dipaksa kelaparan hingga mengalami keadaan yang parah. Kebanyakan narapidana tidak berhasil keluar dari hukuman mereka hidup-hidup. Baru-baru ini, pada Januari 2019, seorang diplomat denuklirisasi Korea Utara dikirim ke kamp pendidikan ulang. Ini kemungkinan karena dicap sebagai mata-mata karena pekerjaannya, yang menjadi titik kontak Amerika Serikat dengan Korea Utara.

Itulah 10 fakta teratas tentang pendidikan di Korea Utara yang menunjukkan bahwa peran pendidikan yang paling penting adalah menegakkan konformitas sosialistik dan bersifat politis.

IDN Media Channels

Latest from Working Life