Meski bersaudara dengan Korea Selatan, namun Korea Utara sangat 180 derajat berkebalikan dengan Korea Selatan. Negara ini menjadi negara unik dan aneh yang banyak diselidiki dan membuat penasaran. Korea Utara penuh aturan tersendiri yang dianggap tidak manusiawi atau tidak masuk akal bagi masyarakat dunia.

Tapi itulah yang menjadi ciri khas negara komunis itu. Kamu mungkin bisa melihat sedikit-sedikit bagaimana kehidupan di Korea Utara dari foto para pelancong, kisah mereka, drama Korea Selatan, atau langsung dari para pembelotnya.

Nah, kali ini Popbela akan beritahumu 20 hal aneh di Korea Utara yang akan membuatmu bersyukur tidak dilahirkan di sana. Penasaran? Ayo, langsung scroll, ya, Bela!

1. Kalender Korea Utara didasarkan pada tanggal lahir pendirinya

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanawikipedia.com

Kita di Indonesia umumnya menggunakan penanggalan atau kalender masehi. Namun, berbeda dengan di Korea Utara. Negara yang sangat menjunjungi tinggi pemimpinnya ini bahkan menggunakan tanggal lahir pendirinya sebagai kalender atau penanggalan resmi.

Saat seluruh dunia sudah di abad ke 21, bagi orang-orang di Korea Utara, ini masih tahun Juche ke-106. Kalender Juche Korea Utara dimulai dari 15 April 1912, tanggal lahir pendirinya Kim Il-Sung.

2. Hanya memiliki tiga saluran TV

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanatsn.ua

Seperti yang kita ketahui, Korea Utara adalah negara komunis dan segala sesuatunya di bawah pengawasan. Ini cukup jelas bahwa rezim Korea Utara juga menjaga medianya dengan ketat. Hanya ada tiga saluran televisi yang bisa dipilih, dengan semua program dikendalikan oleh pemerintah dan berisi propaganda pemerintah. 

3. Pemadaman listrik setiap malam

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanareuters

Seperti salah satu scene dalam drakor Crash Landing On You, di mana setiap malam lampu padam, begitulah keadaan orang Korea Utara yang seluruh negerinya menjadi gelap di malam hari. Rupanya ini terjadi karena krisis energi di negara bagian itu, yang tidak dapat memasok listrik yang cukup ke rumah-rumah. Hal ini terungkap setelah foto Korea Utara yang diambil dari luar angkasa menjadi viral.

4. Pemilihan dengan hanya satu kandidat untuk dipilih

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanascmp.com

Dengan rezim totaliter negara dan keluarga yang sama berkuasa sejak tahun 1948, agak lucu bahwa pemilihan diadakan setiap tahun. Tapi, ya, itulah yang terjadi di sana. Pemilih hanya memiliki satu pilihan untuk dipilih. Entah itu pemilihan walikota, gubernur provinsi, atau dewan lokal, hanya ada satu kandidat di surat suara di setiap distrik. Jadi, apa gunanya pemilihan umum?

5. Orangtua harus menyediakan meja dan kursi untuk anak-anak mereka di sekolah

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanabbc.com

Berbeda dengan sekolah di negara lain yang sudah tersedia fasilitasnya terkhusus meja dan kursi, di Korea Utara hal ini justru sebaliknya. Orangtua yang menyekolahkan anaknya diwajibkan menyediakan meja dan kursi sendiri. Beberapa siswa juga dipaksa untuk melakukan tugas-tugas berat untuk pemerintah, seperti mengumpulkan bahan-bahan yang dibuang.

6. Aturan hukuman tiga generasi

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanamoskisvet.com

Aturan hukuman tiga generasi adalah kenyataan mengerikan dari negara yang tidak tahan dengan kritik dari warganya ini. Jika satu orang melakukan kejahatan, seluruh garis keturunannya, termasuk kakek-nenek, orangtua dan anak-anak, dikirim ke penjara.

7. Anda mungkin ditawan karena kreatif

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanaquinlan.it

Salah satu cerita populer terkait hal ini adalah bahwa diktator Kim Jong-il menculik seorang sutradara film, Shin Sang-ok dan istrinya, aktor Choi Eun-hee, pada tahun 1978 yang hendak ‘menyuntikkan’ kreativitas dalam film Korea Utara.

Kemudian pada tahun 1986, setelah ditahan di luar kehendak selama hampir satu dekade, pasangan itu secara bertahap mendapatkan kepercayaan diktator dan melarikan diri selama perjalanan ke Austria di mana mereka mempromosikan film Korea Utara.

8. Desa propaganda

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanawikipedia.com

Korea Utara penuh dengan propaganda dan kegiatan propaganda lainnya, mereka juga membuat "desa propaganda" di perbatasan Korea Utara dan Selatan. Pada tahun 1953, Zona Demiliterisasi Korea didirikan untuk mengakhiri perang dan berfungsi sebagai zona penyangga antara kedua negara. Di perbatasan ini, terletak Kijong-dong, desa yang membanggakan keberhasilan ekonomi Korea Utara.

Tapi orang-orang yang pernah mengamati desa dari Korea Selatan mengatakan bahwa desa ini hanya palsu tanpa ada yang tinggal di sana dan sesekali terlihat para pekerja yang menyapu jalan. Ini diyakini sebagai pertunjukan pembangunan palsu yang dibangun untuk menarik pembelot Korea Selatan dan mengintimidasi Korea Selatan.

9. Orang Korea Utara hanya dapat mengunjungi 28 situs web

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di SanaFlickr.com/Stephan

Warga negara Korea Utara hanya diperbolehkan menelusuri 28 situs web di internet. Intranet mereka, yang disebut "Kwangmyong" atau Bright, di mana internet diakses, bebas digunakan bagi mereka yang memiliki akses ke komputer. Namun, komputer sangat mahal dan seseorang memerlukan izin dari pemerintah untuk membelinya! 

10. Mayat Kim Jong-Il yang diawetkan

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanamlive.com

Rezim Korea Utara tidak akan melewatkan satu hal pun untuk membuktikan diri mereka sebagai pemilik tunggal negara tersebut. Negara itu telah mengawetkan jenazah mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il di sebuah makam kaca dan terbuka untuk dilihat turis. Jangan heran jika mereka diharuskan untuk sujud di kaki dan lengannya.

11. Jeans biru dilarang di negara ini

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanawhowhatwear.com

Korea Utara melihat jeans biru sebagai simbol imperialisme Amerika dan karenanya, telah melarangnya di negara tersebut. Ini dipandang tidak sesuai dengan nilai-nilai Korea Utara dan memakainya menunjukkan pemberontakkan dan kapitalisme.

12. Hanya ada 28 gaya rambut

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sananewsfeed.time.com

Warga Korea Utara hanya dapat memilih dari daftar 28 gaya rambut. Setiap tatanan rambut selain dari gaya rambut yang disetujui pemerintah bisa berujung penangkapan. Sementara wanita yang belum menikah harus menjaga rambutnya tetap pendek, wanita yang sudah menikah memiliki lebih banyak pilihan untuk dijelajahi.

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sananewsfeed.time.com

13. Tidak ada kebebasan beragama

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanatime.com/david-guttenfelder

Seperti pembatasan pada setiap aspek kehidupan lainnya, tidak ada kebebasan beragama di Korea Utara. Negara ini menyebut dirinya sebagai negara ateis dan menganiaya siapa pun yang terlihat mempraktikkan agama apa pun.

14. Kotoran manusia sebagai pupuk

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanatheblaze.com

Pada tahun 2008, ketika Korea Selatan berhenti mengirim pupuk ke Korea Utara, negara itu menghadapi kekurangan pupuk yang akut. Jadi, seperti yang lainnya, undang-undang baru dibuat dan warga diminta untuk mengumpulkan kotoran mereka dan menyerahkannya kepada pihak berwenang untuk membantu pertanian negara.

15. Pemerintah mengontrol siapa yang tinggal di Ibu Kota

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanatripadvisor.co.id

Dengan pemerintah yang mengendalikan segalanya mulai dari makanan hingga kotoran, tidak akan terlalu mengejutkan bahwa negara otokratis ini juga mengontrol tempat tinggal rakyatnya. Di Korea Utara, seseorang memerlukan izin pemerintah untuk dapat tinggal di ibu kota Pyongyang.

Selain itu, pemilik kendaraan kotor yang memasuki Ibu Kota juga didenda dan mereka yang bepergian ke luar Ibu Kota memerlukan surat keterangan perjalanan.

16. Tidak ada larangan memiliki ganja

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanaexutopia.com

Sungguh ironis, di negara yang mengabaikan hak-hak dasar warganya, mereka malah tidak melarang warganya memiliki ganja. Bahkan banyak ganja yang tersedia secara bebas yang dapat dibeli di pinggir jalan.

17. Eksekusi publik dan pelanggaran HAM

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanatime.kz

Di antara begitu banyak pelanggaran dan kebrutalan hak asasi manusia, Korea Utara juga melakukan kejahatan mengeksekusi warganya di depan umum. Salah satunya adalah kasus yang tak terlupakan dari tahun 2015, ketika kepala pertahanan Hyon Yong-chol tewas di depan ratusan orang dengan rudal anti-pesawat karEna ‘ketidak-setiaan’.

18. Korea Utara memiliki aturan sendiri untuk Bola Basket

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanadailymail.co.uk

Korea Utara telah terlihat mengisolasi dirinya dari seluruh dunia dan itu juga tercermin dalam cara mereka bermain olahraga. ‘Pemerintah aneh’ mereka melakukan segalanya atas kemauannya sendiri. Tidak heran dia menulis ulang aturan bola basket juga.

Aturan bola basket Korea Utara mengatakan bahwa slam dunk bernilai tiga poin dan field goal dalam tiga menit terakhir permainan bernilai delapan poin, berbeda dengan dua poin normal. 

19. Larangan musik

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanabbc.com

Rezim Kim Jong Un selalu waspada terhadap apapun yang dapat mengancam posisinya. Pada tahun 2015, Kim-Jong-un mengeluarkan dekrit untuk menghapus semua kaset dan CD yang berisi lagu-lagu yang dilarang negara, karena lirik dapat mendorong perbedaan pendapat di antara warga.

Beberapa waktu lalu, rezim tersebut juga memberi hukuman tegas bagi siapa pun yang ketahuan memiliki atau menonton hiburan, baik drama atau musik dari Korea Selatan. Beruntungnya kita ada di Indonesia, ya, nggak, Bela?

20. Korea Utara menghabiskan banyak uang untuk militer

20 Hal Aneh di Korea Utara yang Bikin Bersyukur Tidak lahir di Sanacfr.org

Ini cukup jelas dari uji coba nuklir dan misilnya yang sering. Perekonomian negara itu mungkin dalam keadaan bobrok dengan mayoritas penduduknya sangat membutuhkan makanan, tetapi itu tidak menghalangi Korea Utara untuk membelanjakan sekitar 20 persen dari PDB-nya untuk militernya.

Itulah 20 hal aneh di Korea Utara yang membuatmu semakin bersyukur atas hidupmu, karena tidak dilahirkan di sana.

Baca Juga: Paranoid Parah, 15 Foto Ini Dilarang Korea Utara dengan Alasan Konyol

Baca Juga: 5 Kesaksian Hidup di Korea Utara: Miris hingga Horor

Baca Juga: Kehidupan Pembelot Korea Utara di Korea Selatan: Jadi Influencer?