Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berlatar Distopia Korea, Ini 7 Fakta Menarik KDrama 'The Devil Judge'

Berlatar semesta alternatif dan bertabur visual

Natasha Cecilia Anandita

Drama Korea terbaru TVN, The Devil Judge, telah rilis pada Sabtu (3/7/2021). The Devil Judge memulai episode pertamanya dengan rating nasional rata-rata 5,6 persen. Bertemakan hukum dan keadilan, The Devil Judge menjadi drama yang memberikan pesan-pesan keadilan melalui “pertunjukkan secara langsung” yang dapat diikuti oleh seluruh negeri.

Tak hanya menyuguhkan cerita yang menarik, para pemerannya pun merupakan aktor-aktor bertalenta Korea Selatan. Nah, berikut ini ada 7 fakta menarik dari drama KoreaThe Devil Judge yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber. 

1. Dibintangi Jisung hingga Jinyoung GOT7

instagram.com/tvndrama.official

Bertabur visual, drakor The Devil Judge dibintangi oleh Jisung sebagai Kang Yohan yang karakternya dideskripsikan mirip dengan Batman. Kang Yohan adalah hakim idola masyarakat, namun di balik topeng hukum, dia adalah iblis.

Selanjutnya ada aktris Kim Minjung yang berperan sebagai Jung Seonah, seorang direktur eksekutif tanggung jawab sosial perusahaan yang menggunakan posisinya untuk menekan pejabat negara. Jung Seonah adalah satu-satunya orang yang kegilaannya bisa menandingi Kang Yohan.

Selain itu, idol-aktor, Park Jinyoung juga akan mengambil peran sebagai hakim pembantu bernama Kim Gaon. Ia akan menjadi satu-satunya sinar harapan di dunia tersebut. Park Jinyoung juga akan beradu peran dengan Park Gyu Young, yang berperan sebagai teman masa kecil Kim Gaon yang bernama Yoon Soo Hyun. Soo Hyun adalah seorang detektif polisi di unit investigasi regional yang sedang mencari rahasia Kang Yohan.

2. Berlatar di alternate universe, atau semesta alternatif

soompi.com

The Devil Jugde tidak diatur dalam kehidupan masyarakat biasa masa kini, namun berlatar di alam semesta alternatif imajiner versi distopia Korea. Seluruh orang  dapat berpartisipasi dalam persidangan melalui siaran langsung.

Diceritakan bahwa masyarakat di sana telah runtuh dan hidup dalam kekacauan serta penjarahan. Mereka tidak percaya dan benci kepada para pemimpin mereka. Di dunia dengan ketertiban tampaknya telah runtuh, seorang hakim bernama Kang Yo Han memberi sinyal perubahan baru bagi masyarakat.

Perubahan apa yang akan dia bawa dan ideologi apa yang akan menyebar di antara orang-orang? Pertanyaan tersebut akan terjawab di episode-episode mendatang drama ini.

3. Pertunjukan ruang sidang langsung dengan seluruh bangsa

instagram.com/tvndrama.official

Di dunia distopia ini, metode baru yang diperkenalkan kuat untuk menghukum kejahatan adalah melalui "pertunjukan langsung ruang sidang." Seluruh bangsa dapat menyaksikan secara langsung bagaimana persidangan berjalan. Pengadilan tampak lebih seperti studio TV daripada ruang sidang biasa dan suasananya berbeda dari pengadilan di dunia "kita".

Kang Yohan sebagai ketua hakim, adalah orang yang akan mengubah ruang sidang menjadi reality show langsung. Jika seseorang yang telah melakukan kejahatan diadili, maka dia pasti akan menghukum mereka tidak peduli siapa mereka. Penilaiannya yang menyegarkan membuatnya populer di antara orang-orang, tetapi beberapa orang lainnya mulai curiga dengan metode yang dilakukan Kang Yohan. Salah satunya adalah si hakim asosiasi, Kim Ga On.

4. Yayasan tanggung jawab sosial vs Kang Yohan

instagram.com/tvndrama.official

Dalam drama tersebut, Kang Yohan menjadi hakim bintang yang dianggap sebagai pahlawan rakyat. Namun di sisi lain, ada organisasi lain yang dipercaya publik, yaitu yayasan tanggung jawab sosial.

Yayasan tanggung jawab sosial memimpin yayasan amal dan membantu kelas sosial yang kurang mampu. Ia cukup kuat untuk menekan para pemimpin masyarakat dan pengaruhnya sedemikian rupa, sehingga dianggap berbicara mewakili rakyat.

Salah satu tokoh penting untuk yayasan tanggung jawab sosial adalah Jung Seonah, yang juga musuh bebuyutan Kang Yohan. Dia adalah perempuan yang menggoda dan brilian, namun menggunakan kemunafikan yang di baliknya terdapat keserakahan untuk mencapai kesuksesannya.

Poin kunci untuk drama ini adalah persaingan lama antara Jung Sun Ah dan Kang Yohan, serta peran yang akan dimainkan oleh yayasan tanggung jawab sosial dalam alur cerita drama.

5. Tampilkan bromance hingga friendzone

instagram.com/tvndrama.official

The Devil Judge juga tak hanya menampilkan alur cerita misteri yang membuat penonton gemas, tapi juga hubungan antar tokohnya. Salah satunya adalah hubungan antara Kang Yohan dan Kim Gaon. Menanggapi hal itu, jisung dan Jinyoung berbicara tentang “bromance” mereka dalam drama, Jinyoung mengatakan bahwa bromance tersebut datang ketika ia mengikuti jejak sang senior, Kang Yohan.  

“Ga On adalah karakter yang lebih reaktif daripada aktif. Saya berpikir bahwa saya setidaknya memiliki dasar-dasarnya jika saya mendengarkan dengan cermat apa yang dikatakan dan dilakukan hakim kepala. Saya belajar banyak dari dia. Saya ingin melakukan yang lebih baik, tetapi saya sering seperti seorang siswa yang belajar dari seorang profesor darinya. Saya pikir 'bromance' datang dari saya mengikuti jejaknya,” ucap Jinyoung.

Sedangkan Jisung mengucapkan banyak terima kasih pada Jinyoung karena telah menunjukkan akting yang hebat.

“Jinyoung adalah orang yang sangat dewasa dan bertanggung jawab. Dia banyak berpikir tentang karakternya, dan ketika kami mengerjakan setiap adegan, dia mampu menggerakkan hal-hal ke arah yang baik seperti yang kami bayangkan. Dia juga sangat menggemaskan. Dia menghormati sutradara dan semua aktor senior, dan itu indah untuk dilihat. Aku berterima kasih padanya karena menunjukkan akting yang hebat,” ujar Jisung.

Selain bromance, friendzone antara Gaon dan  Soo Hyun juga tak kalah menarik untuk ditonton. Gaon dan Soo Hyun sendiri sudah bersahabat sejak kecil dan seperti saudara. Tapi di sisi lain, Soo Hyun memendam rasa pada Gaon, bahkan sejak TK ia sudah 5 kali menyatakan cinta namun selalu ditolak. Karena kasihnya yang amat sangat untuk Gaon, ia bertekad akan terus melindungi Gaon bagaimana pun caranya.

6. Ditulis oleh mantan hakim

mydramalist.com

Drama The Devil Jugde yang bergenre misteri penegakan hukum ini ternyata juga ditulis oleh seorang mantan hakim, Moon Yoo Suk. Ia pernah menulis drama terkenal lainnya, Ms. Hammurabi. Ia pun membagikan pendapatnya mengenai inspirasi drama yang ditulisnya itu.

“Aku pikir masyarakat seperti ini adalah panggung yang sempurna bagi seorang hakim iblis, untuk bangkit sebagai pahlawan dengan mengadakan pertunjukkan percobaan yang mencolok di tengah kemarahan dan ketidakpuasan publik,” ungkapnya.

“Sayangnya, dari titik tertentu, daripada baik dan hanya protagonis, orang mulai lebih memilih untuk memiliki orang yang sangat kuat di pihak mereka, tidak peduli apa motif mereka. itulah fantasi yang dituntut di era baru ini,” tambahnya lagi.

7. Reuni Jisung dan Kim Min Jung setelah 13 tahun

instagram.com/tvndrama.official

Jisung dan Kim Min Jung sebelumnya pernah bekerja bersama 13 tahun lalu dalam drama New Heart. Dalam drama itu mereka berperan sebagai dokter yang saling membantu satu sama lain hingga akhirnya jatuh cinta. Berbeda dengan drama kali ini, mereka akan menjadi musuh bebuyutan.

Menanggapi reuni dengan Kim Min Jung, Jisung berpendapat bahwa meski waktu telah berlalu, Min Jung tetap sama seperti 13 tahun lalu dan ia senang dapat bekerja sama lagi.

“Waktu berlalu terlalu cepat. Bagaimana dia masih sama seperti 13 tahun yang lalu? Matanya yang jernih masih sama seperti biasanya. Saya senang bisa bekerja dengannya lagi. Karena kami sudah bekerja sama sebelumnya, kali ini kami bisa lebih bergantung satu sama lain,” ucap Jisung.

Kim Min Jung juga memberikan komentarnya bahwa ia sangat senang untuk kembali beradu akting dengan Jisung. Mereka pun kini lebih banyak berdiskusi saat syuting.

“Saya ingat sekitar setahun yang lalu, saya pikir akan menyenangkan untuk bekerja dengan Ji Sung lagi. Sangat menarik bahwa saya bisa mencapai keinginan itu begitu cepat. Saya pikir kami berdua sudah dewasa sejak saat itu. Kali ini kami lebih banyak berdiskusi saat syuting. Ada banyak adegan di mana kita berhubungan dekat, dan aktor yang bertemu untuk pertama kalinya perlu membicarakan adegan seperti itu sebelumnya. Jika sulit untuk membicarakannya, maka ada kalanya kita hanya melanjutkan dan memfilmkan adegan itu. Kali ini, kita bisa membicarakannya sebelum mulai syuting,” kata Kim Min Jung.

Itulah 7 fakta drama KoreaThe Devil Jugde yang wajib kamu tonton. Siapa yang makin penasaran dengan ceritanya?

IDN Media Channels

Latest from Working Life