Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Karakter yang Tunjukkan Transformasi Akting Jung Hae In

Dari Romance Prince sampai Anti-Hero

Natasha Cecilia Anandita

Snowdrop menjadi drama yang tak hanya membuat pemirsa jatuh cinta dengan akting Jisoo BLACKPINK, tapi juga dengan akting dan pesona Jung Hae In. Aktor 33 tahun ini sukses membuat pemirsa jatuh cinta di setiap drama yang ia lakoni dengan senyum manisnya, penggambaran karakter yang memikat, serta citra lelaki yang melindungi.

Hal yang paling mencolok adalah peran romantisnya dan kemampuan alaminya untuk menciptakan chemistry dengan aktris utama mana pun, sampai mendapat julukan "Pangeran Romantis" (Romance Prince).

Namun sepanjang kariernya, Hae In telah menunjukkan preferensi untuk peran yang lebih fleksibel dan narasi yang lebih kompleks. Dengan aktingnya yang berpengalaman dan sangat terampil, Jung Hae In mampu mengambil peran yang menantang dan menggambarkan cerita yang berbeda, melalui banyak transformasinya.

Melansir dari Koreaboo, berikut adalah beberapa peran dan karakternya yang paling berkesan yang membuktikan bahwa dia lebih dari sekadar visualnya.

1. Pria muda yang menggemaskan: Pretty Noona Who Buys Me Food dan One Spring Night

twitter.com/soompi

Para noona sepertinya tidak bisa menghindari pesona pria muda yang manis dan menggemaskan, seperti Jung Hae In. Dalam drama Pretty Noona Who Buys Me Food, ia memerankan Seo Joon Hee, adik dari sahabat Yoon Jin Ah (diperankan oleh Son Ye Jin). Baik dalam drama maupun di kehidupan nyata, Hae In memang lebih muda dari Son Ye Jin.

Tapi dalam drama tersebut, Seo Joon Hee akhirnya berhasil menangkap hati Yoon Jin Ah. Pada awalnya, Yoon Jin Ah tidak berminat menjalin hubungan cinta dengan Joon Hee karena perbedaan usia mereka, tetapi dengan ketekunan, kedewasaan, dan sikap perhatiannya, Jin Ah menyadari bahwa usia tidak masalah dalam hal cinta.

asianwiki.com

Tema yang sama juga terdapat dalam drama One Spring Night, yang berasal dari sutradara yang sama yang dikenal dengan drama romansa slow-burn. Di sini, Jung Hae In berperan sebagai Yoo Ji Ho, seorang apoteker cerdas dan ayah tunggal yang akan melakukan segalanya untuk bertanggung jawab atas putranya.

Peran-peran ini menekankan sifat-sifat baiknya, seperti baik hati, pekerja keras, dan bonus tampan, meskipun dengan beberapa ketidaksempurnaan. Inilah sebabnya mengapa banyak pemirsa tidak dapat menahan diri untuk tidak tertarik pada karakternya dan “ingin merawatnya.”

2. Pria yang tenang dan dapat diandalkan: While You Were Sleeping dan A Piece of Your Mind

soompi.com

Karakter yang kedua adalah pria yang tenang dan dapat diandalkan yang terdapat di drama While You Were Sleeping dan A Piece of Your Mind. Jung Hae In berhasil memberi second lead sindrom dalam While You Were Sleeping.

Dalam drama itu, ia berperan sebagai seorang petugas polisi bernama Han Woo Tak yang berbagi kekuatan luar biasa dari meramalkan peristiwa melalui mimpinya dengan Hong Joo (diperankan oleh Suzy) dan Jung Jae Chan (diperankan oleh Lee Jong Suk).

pinterest.com

Benih-benih cinta mulai muncul untuk Hong Joo di sepanjang jalan, sementara mereka berusaha untuk mencegah insiden terjadi. Tapi dia mengorbankan cintanya ketika dia tahu dia tidak memiliki kesempatan melawan Jae Chan. Han Woo Tak puas dengan mengawasi dan melindunginya daripada memaksakan perasaannya.

Sementara dalam A Piece of Your Mind, ia memerankan orang baik hati yang sedang menyembuhkan cinta masa lalu dan kehilangan orang yang dicintai. Di sini, ia menunjukkan sisi tenang dari aktingnya, dengan ekspresi emosional yang benar-benar berhasil membuat pemirsa merasakan emosinya.

3. Cinta pertama yang ideal: Reply 1988 dan Goblin

soompi.com

Tak salah memang menjadikan Jung Hae In sebagai cinta pertama yang ideal. Imagenya memang benar-benar pas untuk karakter seperti ini. Meskipun Jung Hae In hanya muncul di serial ini sebagai cameo, ia membuat dampak besar untuk pemirsa dengan senyum dan citranya yang tak terlupakan sebagai "the one that got away" untuk karakter Kim Go Eun dan Hyeri.

4. Pria misterius dengan rahasia kelam: Prison Playbook dan Tune in For Love

allkpop.com

Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang ketahui, sebagai Romance Prince, Jung Hae In awalnya tidak mulai berakting di drama romantis. Di awal kariernya, ia menunjukkan multitalentanya sebagai seorang prajurit yang dipenjara karena tuduhan terhadapnya oleh rekan-rekan prajuritnya.

Dalam Prison Playbook, dia merupakan pria misterius yang galak dan pemarah, namun berubah menjadi lucu dan ramah saat dia mencoba menavigasi situasinya yang tidak menguntungkan di penjara.

soompi.com

Dalam Tune In For Love, dia memerankan Hyun Woo, seorang pemuda tersiksa yang baru saja dibebaskan dari penjara remaja. Dia tidak memiliki motivasi untuk masa depan dan menjalani kehidupan yang baik dan layak sampai dia bertemu Mi Soo (Kim Go Eun).

Pada awalnya, film ini tampak seperti kisah romantis biasa, tetapi kemudian lebih jelas tentang perjuangan realistis dua orang yang mencoba menemukan identitas mereka di tengah rasa bersalah, masa lalu yang kelam, dan kekurangan mereka.

5. Pemberontak dan pemuda yang berjuang: Start-Up dan Snowdrop

soompi.com

Dalam film Start-Up, Jung Hae In berperan sebagai anak putus sekolah yang menjadi nakal dan bekerja untuk rentenir. Dia terlibat perkelahian dan kesialan dengan temannya yang juga tersesat. Hae In benar-benar mampu menampilkan bagaimana ia menjadi seorang pemberontak yang berbeda dari peran-perannya sebelumnya.

Sedangkan dalam Snowdrop, ia memerankan Im Su Ho, seorang mahasiswa pascasarjana ideal yang menyembunyikan identitas aslinya sebagai perwira Korea Utara, yang dikirim untuk menyelesaikan misi di Selatan.

otakukart.com

Saat dia menjalankan misinya, dia tiba-tiba jatuh cinta dengan seorang mahasiswa baik hati dan polos, Eun Young Ro (Jisoo BLACKPINK). Meskipun dia dianggap sebagai musuh, jauh di lubuk hatinya, ia adalah seorang pria berprinsip yang akan memilih apa yang benar terlepas dari apakah itu untuk Utara atau Selatan.

Dalam proyek ini, kita melihat sisi yang kurang glamor dan tidak sempurna dari karakter Jung Hae In, menunjukkan bagaimana dia tidak takut mengambil peran kontroversial. Tapi tetap, pemirsa dibuat jatuh cinta hingga nangis bombay karena peran Jung Hae In di drama ini.

6. Pemburu: D.P.

hancinema.com

Berlanjut musim ke-2, Jung Hae In kembali memerankan Ahn Jun Ho, seorang prajurit yang awalnya ingin menyelesaikan dinasnya secara diam-diam sampai ia ditugaskan sebagai bagian dari DP (Deserter Pursuit), sebuah pasukan militer yang misinya adalah untuk menangkap desertir.

Bahkan sebelum mendaftar di militer, kita melihat Jun Ho sebagai pria yang berjuang yang bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan. Dia cerdas dan memiliki keterampilan, tetapi karena status dan situasi keuangannya, dia tidak dapat menemukan pekerjaan untuk hidup dengan nyaman.

Dalam drama ini, penonton diajak untuk membuka mata atas realitas kekejaman dalam sistem militer Korea, serta masalah sosial yang terjadi di Korea Selatan, gambaran yang jauh dari kesan glamor dan positif yang sering ditampilkan dari karakter lain Jung Hae In.

koreaboo.com

Dalam sebuah wawancara, Jung Hae In mengungkapkan dia menyukai cerita yang lebih realistis seperti D.P. “Daripada berbicara sambil berpikir atau berdiskusi abstrak, saya menikmati diskusi realistis, berbicara tentang bagaimana menyelesaikan situasi realistis, dan berbicara tentang hal-hal yang terjadi hari ini atau besok. Diskusi yang konstruktif. Diskusi berorientasi masa depan.”

Dari sekian banyak karakter yang diperankannya, ia bilang bahwa ia lebih bisa berhubungan dengan karakter yang bekerja keras. “Jika Anda berusaha keras setiap hari dan hidup dengan rajin, akan ada hasil yang baik,” ungkapnya.

Dengan kemampuan aktingnya yang menakjubkan dengan banyak karakter, Jung Hae In berada di jalan yang tepat untuk melompat naik sebagai salah satu aktor terbaik di Korea Selatan dan mungkin segera mendunia! Setuju, nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life