Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Contoh Email Lamaran Kerja yang Benar Beserta Cara Membuatnya

Jangan sampai salah, ya!

Nafi' Khoiriyah

Kecanggihan teknologi saat ini bisa memudahkan berbagai macam urusan, termasuk urusan melamar kerja.

Di zaman dulu, orang harus melamar kerja dengan mengirimkan surat langsung ke perusahaan atau melalui pos. Sekarang, surat lamaran kerja bisa dikirim dengan mudah dan cepat melalui email. 

Email merupakan surat elektronik yang bisa digunakan untuk mengirim pesan dan dokumen. Dalam melamar pekerjaan, kamu bisa mengirimkan email untuk menunjukkan ketertarikan kamu terhadap suatu pekerjaan. 

Namun, email lamaran kerja perlu ditulis secara profesional agar bisa diterima oleh recruiter. Berikut beberapa contoh email lamaran kerja beserta cara membuatnya yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Cara membuat lamaran kerja via email

unsplash.com/Stephen Phillips

Sebelum melihat contoh email lamaran kerja, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui cara mengirim lamaran via email yang profesional. Pasalnya, hal ini bisa menentukan apakah lamaranmu akan diterima atau tidak oleh pihak perusahaan yang kamu lamar.

Berikut cara membuat email lamaran kerja profesional. 

  1. Siapkan dokumen pendukung yang akan dilampirkan dalam email. 
  2. Menulis email lamaran kerja secara lengkap, mulai dari alamat email, subjek email, salam pembuka, identitas diri, isi, dan penutup. 
  3. Sertakan tanda tangan dan kontak yang bisa dihubungi di akhir email. 
  4. Jangan lupa melampirkan berkas sesuai persyaratan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. 
  5. Baca kembali email yang akan kamu kirimkan, periksa apakah ada typo atau kesalahan tata bahasa. 

2. Tips penulisan lamaran kerja via email

pexels.com/ekatarina

Saat melamar kerja di posisi tertentu, perusahaan biasanya menerima puluhan hingga ratusan email. Oleh karena itu, mereka benar-benar menyeleksi pesan lamaran mana yang terbaik dan bisa menarik perhatian mereka.

Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa tips berikut ini. 

  1. Gunakan alamat email profesional dengan nama lengkap untuk menunjukkan keseriusan kamu dalam melamar kerja. 
  2. Lengkapi bagian-bagian email, seperti alamat email penerima, subjek, dan juga isi dari lamaran itu sendiri. 
  3. Tulis lamaran kerja secara singkat dan padat. Jangan menulis lamaran kerja terlalu panjang atau justru bertele-tele.
  4. Lampirkan dokumen dalam format yang sama dan juga nama yang seragam. Biasanya, dokumen dikirim dalam format pdf dengan judul nama berkas - nama pelamar. 
  5. Cek ulang email yang akan kamu kirim beberapa kali supaya tidak ada kesalahan yang terlewatkan. 

3. Contoh email lamaran kerja social media specialist

Popbela.com/Nafi

Perusahaan biasanya akan membuka lowongan kerja bukan hanya untuk satu posisi saja. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengisi subjek email dengan posisi yang akan kamu lamar. 

Bukan hanya itu saja, pastikan bahwa alamat email yang kamu tuju benar-benar sudah tepat. Jika tidak, email pun tidak akan sampai ke perusahaan incaranmu. 

Contoh email lamaran kerja di atas merupakan email lamaran kerja untuk posisi social media specialist. Kamu bisa mengikuti format di atas jika ingin melamar kerja di posisi yang sama. 

4. Contoh email lamaran kerja editor buku

Popbela.com/Nafi

Selain subjek dan alamat email, bagian pembuka juga penting untuk menghormati pimpinan perusahaan. Tak hanya itu, dalam paragraf pembuka, perusahaan bisa mengetahui dari mana kamu mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan identitas diri yang terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan, alamat, dan telepon. Identitas itu penting supaya kamu bisa dihubungi kembali jika memang sesuai dengan kualifikasi. 

Email lamaran kerja di atas adalah email lamaran kerja untuk posisi editor buku. Untuk menambah ketertarikan perusahaan, kamu bisa melampirkan portofolio editing yang penah kamu kerjakan sebelumnya. 

5. Contoh email lamaran kerja customer service

Popbela.com/Nafi

Selain identitas, berkas dalam lampiran sebisa mungkin harus kamu lengkapi. Berkas yang biasanya dibutuhkan oleh setiap pekerjaan adalah daftar riwayat hidup (CV), KTP, Ijazah, pas foto, dan surat sehat. 

Contoh email lamaran kerja di atas bisa kamu lihat untuk mengetahui kelengkapan berkas yang baik. Jangan lupa untuk menjadikan berkas tersebut menjadi satu format dokumen dan diberi nama yang seragam. 

6. Contoh email lamaran kerja bahasa Inggris

Popbela.com/Nafi

Di beberapa perusahaan, lamaran kerja yang menggunakan bahasa Inggris memiliki nilai lebih. Pasalnya, lamaran kerja berbahasa Inggris secara tidak langsung memperlihatkan kemampuan kamu dalam berbahasa asing. 

Seperti contoh di atas, kamu bisa menyusunnya sama seperti surat lamaran biasanya. Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman dan kelebihanmu supaya semakin mendapat nilai plus di depan recruiter. 

7. Contoh email lamaran kerja UX writer

Popbela.com/Nafi

Contoh email lamaran kerja di atas merupakan lamaran untuk posisi UX writer. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan sekaligus kreativitas.

Oleh karena itu, penting untuk melampirkan portofolio pekerjaan atau project untuk meyakinkan recruiter bahwa kamu benar-benar menguasai bidang tersebut, 

8. Contoh email lamaran kerja teller bank

Popbela.com/Nafi

Banyak orang memilih berprofesi menjadi teller bank. Tak heran jika setiap lowongan pekerjaan ini akan selalu ramai diserbu para pelamar. 

Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan keseriusan kamu dalam melamar kerja yang ditunjukkan melalui lamaran yang lengkap dan rapi seperti di atas. 

Kamu juga bisa memakai contoh email lamaran kerja di atas untuk berbagai posisi lainnya agar terkesan formal dan profesional. 

9. Contoh email lamaran kerja staf finance

Popbela.com/Nafi

Bekerja di bidang keuangan tentu harus mengedepankan sikap jujur dan amanah. Jika tidak, uang perusahaan bisa saja disalahgunakan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya perusahaan meminta berkas berupa SKCK kepolisian. SKCK ini berisi ada atau tidaknya catatan kriminal atau kejahatan di masa lalu. 

10. Contoh email lamaran kerja koki hotel

Popbela.com/Nafi

Contoh email lamaran kerja yang terakhir adalah lamaran kerja menjadi sebuah koki di hotel. Untuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian seperti ini, penting bagi kamu untuk mendapatkan surat rekomendasi dari pekerjaan sebelumnya. 

Dengan surat rekomendasi, perusahaan akan mengetahui sejauh mana keahlianmu dalam memasak dan apa saja yang bisa kamu sajikan. Perusahan pun akan dengan senang hati menerima kamu jika keahlianmu sesuai dengan kualifikasi mereka. 

Itulah 8 contoh email lamaran kerja beserta cara membuatnya. Jangan lupa untuk melengkapi dan memastikan email perusahaan sudah sesuai.

Semoga berhasil, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life