Katanya sih saat mengajukan surat lamaran kerja, CV adalah penentu awal ketertarikan dari si perusahaan impian yang dilamar. Tapi nyatanya, faktor waktu kapan kamu mengirimkan surat lamaran itu juga akan menentukan apakah kamu berhasil mendapat karier impian atau tidak. Agar tak salah langkah, kirim surat lamaran dan CV mu pada lima waktu berikut ini ya Bela!

Ini Lho Waktu yang Tepat untuk Kirim Surat Lamaran Kerja
 
Tujuannya sederhana,  agar dibaca oleh perekrut. Selama ini, mengirim lamaran pada ahir pekan kebanyakan dihindari karena lebih rentan untuk tidak dibaca. Berdasarkan data dari beberapa perusahaan, email memang akan lebih sering dibuka saat hari kerja. Sementara ketika Sabtu dan Minggu, kemungkinan surat elektronik tersebut dibuka menurun drastis hingga 8,5%. Data juga menunjukkan, bahwa email paling sering dibuka pada pukul 14.00 dan 15.00.
 
Ini Lho Waktu yang Tepat untuk Kirim Surat Lamaran Kerja
 
Sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat menyatakan, bahwa 30 persen surat lamaran kerja yang masuk pada awal pekan atau hari Senin cenderung sukses menjadi perhatian utama dan menjadi langkah awal yang baik untuk menuju seleksi karyawan selanjutnya. Alasannya sederhana, karena merupakan hari pertama, maka surat lamaran lainnya belum banyak yang masuk. Jadilah, kamu bisa jadi prioritas dan bisa lebih dulu dibaca oleh mereka.
 
Ini Lho Waktu yang Tepat untuk Kirim Surat Lamaran Kerja
 
Masih menurut hasil riset, hanya ada sekitar 14 persen pelamar yang mengajukan lamaran di akhir pekan yang bisa sukses dan masuk tahapan perekrutan selanjutnya. Dan hari Sabtu dinilai sebagai hari terburuk dari tujuh hari dalam sepekan. Alasannya, kemungkinan besar pihak HRD dan para stafnya terkendala keterbatasan waktu untuk mendiskusikan penerimaan karyawan baru. Jadilah, surat lamaran yang masuk pada ahir pekan akan cenderung diabaikan.
 
Ini Lho Waktu yang Tepat untuk Kirim Surat Lamaran Kerja
 
Beberapa penelitian menunjukkan, ada lebih banyak kemungkinan untuk email-email itu mendapat balasan pada waktu-waktu di atas. Potensinya bahkan mencapai hingga 45%. Sebab, pada waktu-waktu yang disebutkan tadi, para perekrut masih belum terlalu sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing. Jadi, harapannya mereka akan bisa lebih fokus membaca CV dan lamaran kerjamu, serta tertarik untuk mempertimbangkanmu.
 
Ini Lho Waktu yang Tepat untuk Kirim Surat Lamaran Kerja
 
Kalau perusahaan pemerintahan biasanya memeriksa email hanya hingga Jumat malam, perusahaan di bidang tersebut di atas tidak melakukan hal yang sama. Waktu kerja para perekrut di bidang seni ataupun dunia kreatif lainnya bisa dibilang lebih fleksibel dan kreatif. Karena itulah kamu justru disarankan untuk mengirim lamaran pada akhir pekan. Untuk mendistraksi diri dari penatnya pekerjaan, bisa saja emailmu akan jadi pusat perhatian.

Lalu, bagaimana Bela? sudah siap mengirim lamaran demi berkarir di perusahaan impian?

 

"BACA JUGA : Sebelum Terlambat, Hindari 8 Kesalahan Besar Saat Membuat Surat Lamaran Kerja"