Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tidak Banyak yang Tahu, 6 Idol Ini Pencipta Lagu untuk Artis Lain

Jadi produser juga, lho!

Fina Efendi

Idol asal Korea Selatan menjadi pujaan bukan hanya lewat penampilannya di atas panggung. Mereka juga ada yang mampu mempertahankan eksistensi sebagai pengusaha, produser, aktor, model, hingga mampu memperoleh nilai tinggi di bidang pendidikan. Satu lagi, nih, Bela, menjadi pencipta lagu. 

Selain untuk grup masing-masing, banyak pula idol yang menciptakan lagu untuk penyanyi lainnya. Tidak banyak yang tahu, berikut ini daftarnya!

1. Hui PENTAGON

soompi.com

Hui PENTAGON patut memperoleh lebih banyak apresiasi akan bakatnya menciptakan lagu. Ia mampu membuat lagu dengan makna yang mengesankan, juga sangat asyik didengarkan.

Proyek pertamanya menjadi produser artis lain, adalah melalui program Produce 101, hingga jadilah lagu berjudul "Never", sampai lagu debut WANNA ONE yang bertajuk "Energetic". Selain itu, ia juga berpartisipasi membuat lagu untuk beberapa grup KPop lain seperti WEi dan VAV.

2. Soyeon (G)I-DLE

kpopsquad.com

Soyeon disebut sebagai idol sekaligus pencipta lagu yang sangat menjanjikan, mengingat lagu ciptaannya kerap mendulang sukses. Ia telah mengantongi daftar panjang sebagai pencipta lagu secara tunggal maupun kolaborasi, untuk artis lain.

Selain untuk grupnya, Lagu seperti "Say My Name" milik JBJ, "No" yang membuat CLC meraih first win, "I Wanna Be" oleh Key SHINEE, "Bird" milik Namjoo, hingga yang terbaru, "Eternal Sunshine" milik Lee Seobin, merupakan beberapa lagu ciptaannya.

3. Young K DAY6

aminoapps.com

Sejak tahun 2016, Young K sudah aktif menciptakan lagu untuk artis lain, dengan "Stuck on You" milik grup Kpop UP10TION sebagai proyek perdananya sebagai pencipta lagu dan composer. Walaupun begitu, masih banyak yang tak menyadari talentanya tersebut.

Young K nyatanya membuat beberapa lirik lagu untuk album The Other Side milik Eric Nam, "Beggin on My Knees" milik GOT7, "Answer" Par Ji-min, serta yang paling anyar, kolaborasinya bersama Park Moon-chi, untuk "What a Wonderful Word" sebagai pencipta dan composer lagu.

4. Jonghyun SHINEE

kprofiles.com

Jonghyun merupakan penyanyi berbakat SM Entertainment, yang sudah membuat banyak lagu dan akan selalu dikenang oleh penggemarnya. Lagu-lagu ciptaannya banyak yang memiliki lirik mendalam.

Ia adalah produser di balik lagu "Playboy" milik EXO, juga "Breath" milik Lee Hi yang terkesan menenangkan. Tentunya, masih banyak lagi lagu ciptaan Jonghyun untuk artis lain yang tak akan terlupakan. 

5. Mino WINNER

pinterest.com

Mino WINNER tampaknya sangat produktif, sampai dapat membuat banyak lagu solo sekaligus untuk grupnya. Selain kolaborasi dengan artis lain, rapper WINNER ini rupanya sudah sering membuat lagu untuk artis lain, Bela.

Masih banyak yang belum menyadari, lagu "Rubber Band" milik iKON serta "Going Crazy" milik TREASURE adalah ciptaannya. Ia juga menciptakan beberapa lagu untuk album solo Eun Jiwon Sechskies, lho.

6. Suga BTS

pinterest.com

Usai beberapa tahun debut, Suga mulai menciptakan lagu untuk artis lain. Ia memang sudah biasa membuat lagu untuk BTS dan mixtape solonya, namun masih banyak yang belum tahu bahwa ia juga sudah berpartisipasi membuat lagu untuk artis di luar naungan BigHit Entertainment.

Debut menjadi produser Suga sebenarnya ada di tahun 2010 dengan lagu "518-062" untuk grup lamanya, D-Town. Disusul proyek menjadi produser di tahun 2017 untuk lagu "Wine" yang membuat debut Suran jadi sukses. Lagu ini pun berhasil meraih penghargaan kategori Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017.

Selain itu, Suga pun membuat lagu "Eternal Sunshine" untuk grup Epik High yang ia kagumi dan menginspirasinya. Berlanjut ke lagu "We Don't Talk Together" milik Heize, serta "Eight" untuk IU.

Menjadi idol membuktikan bahwa keterampilan mereka berdansa di atas panggung, hanya sebagian kecil dari bakat-bakat lainnya yang mereka miliki. Mereka sangat produktif, cerdas, serta membuat lagu untuk grup masing-masing sekaligus untuk artis lain yang mampu mendulang sukses.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain"

IDN Media Channels

Latest from Working Life