Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Tingkatkan level kemampuan bahasa Inggrismu di sini

Evelyn Anggraini

Belakangan ini, makin banyak orang mulai menyadari betapa pentingnya untuk fasih berbahasa Inggris. Tuntutan di dunia kerja maupun profesional membuat kita terkadang sulit mencari waktu untuk mempelajarinya. Kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan soft skill bagi para pelamar kerja.

Namun tak perlu khawatir, sejumlah kursus bahasa Inggris saat ini telah menyediakan beragam kelas online dengan jadwal yang fleksibel. Hal ini juga memudahkanmu menyesuaikan kesibukanmu.

pexels.com/Julia M Cameron

Kursus berbahasa Inggris penting untuk dirimu, tidak hanya saat melamar kerja, tapi juga untuk persiapan mengerjakan tes TOEFL ataupun IELTS. Mengetahui skill berbahasa Inggris begitu penting, sehingga Popbela berikan rekomendasi 9 kursus bahasa Inggris online untuk mengasah keahlianmu. Simak berikut ini, yuk!

1. British Council Foundation

British Council Indonesia Foundation

Di sini kamu akan mendapatkan akses kelas langsung dan bahan pembelajaran berbasis web. Dengan bergabung dalam kursus British Council Foundation, kamu akan bekerja sama dengan guru dan siswa lain dari seluruh dunia, lho! Kamu juga mendapatkan platform interaktif dengan kelas global yang terdiri dari 10 siswa.

Biaya kursusnya terbilang bervariasi, umumnya mulai dari Rp8,9 jutaan untuk 20 sesi kelas virtual dan gratis lima kelas.

2. English Today

English Today

Kursus yang satu ini menyediakan program pembelajaran bagi kamu yang sudah bekerja. Kamu bisa memilih kursus biasa ataupun bisnis—mempelajari komunikasi profesional saat meeting maupun menelepon. Di sini kamu akan bergabung dalam kelas langsung dengan platform Zoom Meeting, entah secara privat ataupun kelas kecil.

Kamu bisa memilih guru pengajar dari Indonesia ataupun native. English Today menerapkan 80% praktek dan 20% teori sehingga dapat melatih percaya dirimu saat berbahasa Inggris. Biaya kursus ini menyesuaikan kebutuhan dan level siswanya, berkisar dari Rp5 hingga 10 jutaan.

3. ILP

ILP

Selain kelas reguler, ILP juga menyediakan kelas khusus bisnis bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi saat bekerja. Pembelajarannya mengombinasikan dua metode, yakni tatap muka dan daring. Dengan menggunakan APTO Global online learning platform, ILP berikan pengalaman belajar mengajar dan penilaian exposure dengan video real life dari pengajar asing.

Di ILP, kelasnya dikenakan biaya sebesar Rp1,2 jutaan untuk 14 pertemuan.

4. Coursera

coursera.org

Coursera menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan kerja samanya dengan berbagai universitas terbaik di dunia. Umumnya, kursus ini berfokus pada siswa yang ingin belajar di level lanjutan, misalnya keperluan profesional. Materi yang diberikan juga bersifat lebih komprehensif dan interaktif, terlebih dengan suguhan video yang diikuti kuis dan latihan.

Menariknya, beberapa tugas akan dinilai oleh sesama siswa sehingga kamu bisa saling belajar satu sama lain. Biaya yang dikenakan untuk kursus tunggalnya sekitar Rp730 ribu. Namun, jika kamu berminat untuk berlangganan, harganya bisa menyentuh sekitar Rp581 ribu - 1,3 juta per bulan.

5. English Academy by Ruangguru

English Academy by Ruangguru

Tidak hanya menyediakan program pembelajaran untuk anak-anak dan remaja, tapi juga menawarkan kelas khusus untuk persiapan TOEFL iBT. Di sini juga terdapat kelas profesional dengan menerapkan sistem belajar secara kelompok hingga privat. Kelas di English Academy mengusung konsep interaktif sehingga memudahkan siswanya memahami bahan ajaran dengan cepat.

English Academy juga memiliki beberapa pengajar asing sehingga memberi kesempatan pada siswa untuk melatih berbahasa Inggris dengan natives langsung. Untuk biaya langganan selama tiga bulan berkisar Rp1,6 juta dan untuk paket setahunnya mencapai Rp5,6 juta.

6. Future Learn

FENews.com

Kalau kamu tengah mengambil tes IELTS, maka Future Learn sepertinya cocok untuk kamu ikuti. Materi pembelajaran dalam kelas online-nya berasal dari lembaga-lembaga besar di Inggris, seperti British Council dan British Museum. Beberapa program dengan objektif yang berbeda, mulai dari English for Beginners, English for the Workplace, hingga Understanding IELTS. 

Dengan menerapkan kelas interaktif, para siswa akan lebih cepat memahami penggunaan bahasa Inggris dalam sehari-hari. Biaya kursusnya tergantung mode pembelajaran yang kamu pilih, mulai dari berkisar Rp745 ribu hingga Rp1,3 juta.

7. Golden Online Class

goldenenglish.id

Kursus ini bisa diikuti berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga pemula sekalipun. Pengelompokan kelasnya berdasarkan usia dan hasil placement test. Dengan menerapkan metode langsung dan interaktif, siswa akan terbantu dalam memahami berbahasa Inggris lebih percaya diri.

Golden Online Class memiliki beragam paket, seperti Super Grammar, Basic Communication, Active Communication, TOEFL Preparation, hingga IELTS Preparation. Biayanya pun berkisar Rp199 ribuan hingga Rp1,5 juta.

8. Wall Street English

Wall Street English

Tidak hanya kelas langsung, tetapi Wall Street English juga menyediakan kelas online dengan pengajar asing yang dapat membantumu dalam proses pembelajaran lebih cepat. Kalau kamu belum menunjukkan perkembangan yang baik, kursus ini memberikan jaminan uang kembalinya. Di sini menggunakan metode pembelajaran multimedia, grammar masterclass, hingga conversation masterclass.

Wall Street English merogoh biaya berkisar Rp20 jutaan untuk sembilan bulan, namun paket dua tahun yang sebulannya mencapai Rp1,5 jutaan.

9. English First (EF)

vinoti.com

Terakhir, kursus satu ini rasanya tidak asing bagi segelintir orang. Tempat kursus ini menyediakan kelas untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tak perlu khawatir, EF menyelenggarakan kelas online agar kamu lebih fleksibel dengan keseharianmu. Terdapat aplikasi bernama Smart Online untuk memudahkanmu belajar kapan saja saat kamu memiliki waktu luang.

EF memiliki pembelajaran interaktif dari video dan perangkat berteknologi Top Automatic Speech Recognition sehingga pembelajaran lebih menyeluruh. Kalau kamu berminat mengambil kelasnya, biayanya berkisar Rp5 jutaan.

Nah, itulah sembilan kursus bahasa Inggris online terbaik versi Popbela. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu soft skill yang begitu dibutuhkan ketika melamar kerja maupun percakapan secara profesional. Jika kamu merasa kurang percaya diri, segera latih kemampuanmu dengan mengikuti beragam pembelajaran sebelum terlambat!

Dari deretan kursus bahasa Inggris di atas, mana yang menarik minatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life