Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fakta Lapangan di Balik Bubarnya Konser NCT 127

Para anggota NCT 127 meminta fans untuk tak saling mendorong

Evelyn Anggraini

Konser tur kedua NCT 127 bertajuk "NEO CITY : JAKARTA–THE LINK" yang berlangsung di ICE BSD pada Jumat (4/11/2022), terpaksa diberhentikan oleh pihak kepolisian bersama promotor, karena terjadi dorong-mendorong para penggemar menuju arah panggung. Dari aksi tersebut, menimbulkan sejumlah NCTzen–sebutan penggemar NCT–pingsan lantaran kurangnya sirkulasi udara di lokasi setempat.

"Sesuai perjanjian antara kami (polisi) dengan pihak promotor, karena sudah lebih dari 30 orang yang pingsan maka sesuai dengan kesepakatan dan juga demi keamanan dari rekan rekan sekalian, untuk itu kami dari kepolisian menghentikan kegiatan ini," ujar pihak kepolisian dari atas panggung.

Tak hanya itu saja, sebelumnya NCTzens dan banyak orang dibuat heboh di internet akibat isu gangguan keamanan, yakni beredarnya pesan teror bom. Isi pesan tersebut menyatakan bahwa ada organisasi tertentu yang memaksa suatu keluarga untuk melakukan aksinya di ICE BSD. Disebutkan juga terdapat ratusan gram bahan peledak berjenis TNT dan TATP yang siap dipakai.

Setelah pesan itu tersebar luas, pihak kepolisian bersama tim Gegana langsung menuju lokasi venue konser NCT 127 untuk mensterilkan tempat. Saat ini, mereka telah mengamankan pelaku yang melakukan ancaman tersebut dan pihak promotor yakin konser dapat berlangsung aman dan normal.

Selain kedua insiden tersebut, ada beberapa fakta lainnya patut menjadi perhatian publik, terlebih kaitannya dengan festival musik yang baru-baru ini jadi perbincangan masyarakat. Simaklah informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Penggemar yang menginap di area venue

Antusiasme para penggemar begitu tinggi hingga rela mengantre lebih awal demi mendapatkan barisan terdepan untuk masuk ke dalam venue. Bahkan ada yang sudah datang dari jam 1 pagi. Akan tetapi, hal tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi beberapa orang karena kurangnya waktu istirahat. Hal ini menyebabkan energi akan terkuras sebelum menyaksikan idola-idola mereka.

Dikabarkan masih ada sejumlah penggemar yang mengantre untuk konser hari kedua, meskipun pihak promotor sudah mengingatkan dan kepolisian tengah melakukan pemantauan. Menurut informasi yang beredar di media sosial, staf SM Entertainment–agensi yang menaungi NCT 127–juga turut memantau apabila terdapat penggemar yang tetap mengantre di area venue.

2. Banyaknya sampah berserakan

Sampah yang bertebaran di area venue merupakan hal yang sangat disayangkan terjadi. NCTzens yang ikut menonton maupun tidak, merasa malu dan mengungkapkan kekesalannya di media sosial lantaran para oknum yang tidak bisa menjaga sampahnya terlebih dahulu. Hal ini tak hanya merepotkan petugas kebersihan, tetapi kenyamanan semua orang di lokasi. Terdapat bekas tumpahan air hingga makanan yang ditinggalkan begitu saja mengotori area itu.

3. Aksi saling dorong saat konser berlangsung

Aksi saling dorong ini terjadi ketika NCT 127 membawakan lagu "Paradise". Kesembilan anggota tengah menyebar ke tiap sisi panggung untuk membagikan signed ball kepada para penggemar sebagai bentuk fan service-nya. Akan tetapi, momen tersebut terhenti sejenak ketika Taeyong selaku leader meminta anggotanya untuk berhenti bernyanyi lantaran melihat para penggemar mulai berdesakan.

Dorong-dorongan itu terjadi karena banyak penggemar dari belakang ingin memperebutkan signed ball tersebut. Mereka mencoba mendekati panggung utama untuk mendapatkannya langsung dari sang idola.

4. Robohnya barikade CAT 1C

Aksi dorong-dorongan yang tidak ada hentinya membuat barikade di salah satu standing section, yakni CAT 1C roboh hingga membuat Doyoung 'NCT 127' terkejut melihat kejadian itu di depan matanya. Mirisnya, para penggemar justru tetap mengabadikan momen konser, meskipun sempat terjatuh akibat dorongan dari penonton di belakangnya.

5. Para anggota 'NCT 127' kecewa karena konser diberhentikan

Akibat banyaknya penggemar yang pingsan saat itu, kesembilan anggota memutuskan untuk menghentikan konsernya pada pukul 21.28 WIB. Hal tersebut menyisakan waktu kurang lebih setengah jam yang seharusnya masih bisa menjadi momen bersenang-senang bersama penggemar mereka.

6. Taeyong ungkap kekhawatirannya melalui bubble

Twitter/@Diraaloey

Setelah konser tersebut terpaksa berhenti, Taeyong memberikan pesan update melalui bubble–aplikasi komunikasi antar idola dan penggemar–bahwa ia begitu memikirkan keselamatan para NCTzen dan juga menyayangkan hal itu terjadi saat berjalannya konser. Ia juga belum mengetahui apakah mereka tetap melaksanakan konser di hari kedua ataupun tidak, tergantung situasi dan kondisi berlangsung nantinya.

Pesan bubble dari Taeyong ini membuat NCTzens menaikkan tagar #SAYSORRYFORNCT127 di Twitter sebagai bentuk permintaan maaf kepada idola mereka yang sudah khawatir sekaligus kecewa. Tagar tersebut masuk ke dalam Trending Topic dengan 30.000 lebih cuitan.

7. Gagalnya birthday project untuk Yuta

Anggota 'NCT 127', Yuta, telah merayakan ulang tahunnya pada 26 Oktober lalu. NCTzens juga sudah menyiapkan birthday project khusus dengan mengangkat hand banner dan menyanyikan lagu ulang tahun di akhir konser tersebut. Namun, usaha yang dikerahkan oleh fanbase NCT nyatanya terpaksa batal dilakukan.

8. Konser hari kedua NCT 127 tetap berjalan

Instagram/@dyandraglobal

Bagi NCTzens yang telah membeli tiket hari kedua, mereka boleh mendatangi konser. Mengutip dari 20Detik, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, "Khususnya para penggemar yang sudah membeli tiket tidak perlu panik ya, bisa hadir ke lokasi acara."

Untuk mengantisipasi kejadian pada hari pertama, pihak kepolisian melakukan pengamanan maksimal dengan menurunkan 250 personel. Pihak promotor juga meminta para penonton hari kedua agar tetap mengikuti prosedur keselamatan yang berlaku selama acara berlangsung. Mereka menambahkan lebih banyak petugas paramedis dan tenaga keamanan.

Kejadian saling dorong hingga menyebabkan sebagian orang terhimpit dengan yang lainnya bahkan terjatuh, memberikan rasa traumatis terhadap para anggota 'NCT 127', mengingat sempat terjadi tragedi Itaewon saat perayaan Halloween yang menelan ratusan jiwa pada 30 Oktober lalu. 

Dari peristiwa ini, kita bisa mengambil pelajarannya agar tetap kondusif dan tidak terlalu egois selama menonton konser. Boleh saja jika kamu ingin mengabadikan momen, akan tetapi ada baiknya jika kamu bisa menikmati waktu kebersamaan dengan sang idola yang telah datang untuk menghiburmu dan penggemar lainnya.

Semoga hal ini tidak terjadi lagi di kemudian hari. Tetap berhati-hati, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life