Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ramai Isu Calo Wamil, 7 Artis Korea Ini Diduga Hindari Wajib Militer

Ada yang pakai calo, cabut gigi hingga pindah warga negara!

Elni Novitasari

Wamil atau wajib militer merupakan kegiatan kemiliteran yang wajib diikuti oleh seluruh lelaki warga negara Korea Selatan mulai usia 18 hingga 35 tahun selama 2 tahun. Kebijakan wamil ini sudah ada sejak tahun 1957 dan hingga saat ini, wamil menjadi kewajiban yang sangat sakral di sana. Tujuan utama adanya wamil tak lain adalah untuk bersiap menghadapi ancaman serangan dari Korea Utara. 

Saat ini, Korea Selatan tengah hangat memperbincangkan tentang calo wajib militer. Mengutip dari News Naver, salah satu calo yang diinvestigasi mengaku bisa membuat kliennya seolah-olah sakit agar bisa menurunkan tingkatan wamil atau bahkan dibebaskan dari wamil. Beberapa klien dari calo tersebut di antaranya berasal dari berbagai profesi, mulai dari atlet, idol, hingga anak politikus dan lain-lain.

Setelah ditelusuri, ternyata ada 7 artis Korea yang diduga sengaja menghindari wamil. Mereka melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari cabut gigi hingga pindah kewarganegaraan. Siapa saja mereka? Keep scrolling, Bela!

1. Steve Yoo

Allkpop

Yoo Seung-jun atau yang dikenal dengan nama panggung Steve Yoo adalah penyanyi papan atas Korea Selatan yang tenar diawal tahun 2000an. Penyanyi kelahiran Seoul, 15 Desember 1976 itu memang tinggal di Amerika Serikat sejak usia 13 tahun, namun ia memulai karier di negeri asalnya sejak tahun 1997.

Pada tahun 2002, dirinya membuat kontroversi yang menghebohkan. Dirinya rela pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat untuk menghindari wamil. Keinginannya untuk tidak wamil memang terwujud, namun ia harus menerima konsekuensi besar. Pemerintah Korea Selatan mendeportasi Steve Yoo hingga tidak diperbolehkan memasuki Korea Selatan selamanya. Sejak saat itu juga, kariernya meredup.

2. MC Mong

Soompi

Pada tahun 2010, rapper MC Mong ramai diperbincangkan karena diduga menghindari tugas wamilnya. Kabarnya, ia membayar dokter gigi untuk mencabut dua giginya agar bisa dibebaskan dari wajib militer. Upayanya tersebut terbukti benar dan diketahui oleh pemerintah Korea.

Ia pun dihukum 6 bulan penjara, masa percobaan satu tahun dan kerja sosial selama 120 jam karena ia juga dianggap sengaja menunda wajib militer. Skandal ini pun membuatnya diminta mundur dari berbagai acara televisi yang otomatis membuatnya lenyap dari industri hiburan. 

3. Son Heung-heon

Kdramastars

Salah satu aktor dalam drama Autumn in My Heart, Son Heung-heon juga pernah terjerat skandal wamil. Awalnya, ia dibebaskan dari wamil karena didiagnosa memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi yang parah. 

Namun, pada akhir tahun 2004 pria kelahiran 5 Oktober 1976 itu terungkap menggunakan sampel urin orang lain saat tes wajib militer. Ia juga diduga sengaja meminum obat-obatan yang membuatnya tak lolos uji kesehatan. Upayanya tersebut diketahui oleh Pemerintah Korea Selatan. Ia pun mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada publik. Sang aktor pun menjalani wajib militer dan selesai pada tanggal 15 November 2006.

4. Jang Hyuk

koreandrama.org

Bersama Song Heung-heon, ia juga melakukan tindakan yang sama untuk menghindari wajib militer. Bahkan pemain drama Voice ini rela merogok kocek sebesar 300 juta Won atau sekitar Rp4 miliar untuk membayar dokter agar memanipulasi hasil tes kesehatannya. 

Tindakannya ini juga diketahui oleh Pemerintah Korea Selatan. Ia akhirnya meminta maaf dan menjalani wajib militer sebagai tentara aktif sebagaimana mestinya.

5. Kim Moo-yeol

Allkpop

Aktor Kim Moo-yeol sempat menunda wajib militernya pada tahun 2007 hingga 2009 dengan alasan sedang mengikuti ujian untuk masuk divisi kepegawaian sipil. Namun alasan tersebut tidak pernah terlaksana. Padahal, ia telah menjalani pemeriksaan fisik dan dinyatakan layak menjadi prajurit tingkat 2 sejak bulan Maret 2001. 

Pada tahun 2010, ia pun mencoba mengajukan permintaan untuk mengubah status prajuritnya dengan alasan cedera lutut, sayangnya permintaannya ditolak. Namun, ia dibebaskan dari wajib militer karena alasan 'terlalu miskin'. Prain TPC selaku agensi sang aktor menyebut alasan tersebut muncul karena Moo-yeol sejak kecil sudah harus bekerja menjadi tulang punggung keluarga.

Namun, alasan tersebut membuat publik geram dan tak terima. Pada 4 Oktober 2012, pemain drama Bad Guys itu akhirnya melaksanakan wajib militer untuk membersihkan namanya.

6. Kim Woo Joo

Naver

Penyanyi sekaligus anggota dari grup hip-hop Old Time, Kim Woo Joo harus ditahan di penjara karena terbukti sengaja menghindari wajib militer pada tahun 2015. Dirinya diketahui telah menunda wamil sebanyak 42 kali, terhitung dari Maret 2012 hingga Juli 2014.

Dirinya mengklaim memiliki gangguan kesehatan mental dan jiwa untuk menghindari wamil. Saat dicek, dokter mendiagnosa Kim Woo Joo dengan gejala halusinasi visual dan pendengaran serta insomnia. Ia pun menyerahkan sertifikat medisnya ke Kantor Administrasi Tenaga Militer. Setelah diselidiki, penyanyi tersebut terbukti berbohong tentang penyakitnya.

7. Yoo Ah In

Dok. internet

Yoo Ah In sempat beberapa kali menunda wajib militernya karena alasan masalah kesehatan. Publik menduga bahwa sang aktor sengaja berbohong agar tidak mengikuti wajib militer. Selama tahun 2017, Yoo Ah In rutin melakukan medical check-up setiap bulannya untuk mempersiapkan diri sebelum masuk wamil. 

Namun, hasil pemeriksaan menyatakan bahwa Yoo Ah In didiagnoga menderita kanker tulang yang berpotensi menyebabkan kematian. Karena kondisi yang tidak memungkinkan, Yoo Ah In akhirnya dibebaskan dari wajib militer karena alasan masalah kesehatan.

naver.com

Selain dari kalangan artis, beberapa figur publik juga pernah ada yang terbukti sengaja menghindari wajib militer. Salah satunya yaitu atlet voli Jo Jaesung, yang terbukti memakai jasa calo wajib militer untuk membuat diagnosa palsu dengan menyebut dirinya menderita penyakit epilepsi.

Melansir dari Heraldpop, saat ini pihak kepolisian juga sedang menginvestigasi salah satu aktor berusia 20 tahunan atas kasus memakai jasa calo wajib militer. Siapakah dia? Kita tunggu kabar selanjutnya ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life