Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia Tahun 2022

Ada Messi dan Ronaldo, tapi siapa yang di posisi pertama?

Elni Novitasari

Meski didominasi oleh para CEO dan investor, laporan mengenai daftar orang terkaya di dunia tahun 2022 yang dirilis oleh Forbes juga diwarnai oleh beberapa nama bintang sepak bola dunia. Pesepakbola terkenal seperti Ronaldo dan Messi sudah pasti masuk ke dalam daftar, mengingat pendapatan mereka baik di dalam maupun di luar lapangan sangat fantastis. Apalagi Messi menempati puncak dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia tahun 2022. 

Bahkan, mantan pemain sayap Manchester United dan Real Madrid yakni David Beckham, terus tercatat sebagai salah satu pesepakbola terkaya di dunia walau sudah pensiun sejak 2013. Berdasarkan laporan The Daily Mirror, kekayaan bersih David Bekcham sebesar US$450 juta atau setara dengan Rp7,02 triliun. Kekayaan tersebut didapat Beckham dari kerja sama dirinya dengan beberapa merek serta kepemilikannya atas klub MLS, Inter Miami.

Meski Ronaldo dan Messi  masih berstatus sebagai pemain aktif, nyatanya mereka bukanlah pesepakbola terkaya yang menduduki posisi pertama tahun ini. Mengutip dari Lifestyle Asia, berikut 10 pemain sepak bola terkaya di dunia tahun 2022. Check this out, Bela!

10. Kevin De Bruyne

skysports.com

Dari tahun 2008-2015, Kevin De Bruyne bermain untuk empat klub berbeda, termasuk Chelsea. Tahun 2015, Manchester City meminang De Bruyne dari Wolfsburg dengan biaya transfer sekitar US$82,5 juta yang saat itu juga menjadikannya sebagai pemain termahal kedua dalam sejarah sepak bola Inggris. De Bruyne sudah mendapat empat gelar Liga Premier Inggris bersama City dan banyak trofi lainnya. Yang terbaru, City memberinya penghasilan sebesar US$25 juta untuk mengontrak De Bruyne musim 2022/ 2023.

Kerja sama De Bruyne dengan 11 merek termasuk Nike, Therabody, Credit Karma dan Wow Hydrate, turut menambah pundi-pundi tahunannya hingga mencapai US$4 juta.

Total pendapatan: US$29 juta atau sekitar Rp452 miliar. Hasil ini membuat Kevin De Bruyne menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia tahun 2022 menempati posisi ke-10.

9. Andres Iniesta

planetfootbal.com

Andrés Iniesta Luján menjadi salah satu generasi emas sepak bola Spanyol. Pasalnya ia menjadi gelandang terhebat sepanjang masa dengan kemampuan penguasaan bola, umpan yang akurat serta komando lapangan.

Dia bermain untuk tim junior Barcelona pada 2001, dan meninggalkan klub tersebut untuk pindah ke klub Liga J1 Jepang Vissel Kobe di tahun 2018. Selain meraih sembilan gelar La Liga dan empat gelar Liga Champions bersama Barcelona, Iniesta juga turut mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Euro 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

Dari total pendapatan untuk musim 2022/2023, Iniesta diperkirakan meraih US$25 juta dalam bentuk gaji di lapangan. Ditambah pada September 2022, ia meluncurkan merek pakaian olahraga miliknya di Jepang, yakni Capitten. Penghasilannya di luar lapangan diprediksi mencapai US$5 juta. Sehingga dapat diperkirakan total pendapatannya tahun ini mencapai US$30 juta atau sekitar Rp468 miliar.

8. Eden Hazard

skysports.com

Memulai karier bersama klub Ligue 1 Lilie, Eden Michael Walter Hazard menjadi gelandang serang dan sayap yang sangat berbakat sampai ia pindah ke Chelsea pada tahun 2012. Setelah itu, Real Madrid memboyong pesepak bola Belgi itu di tahun 2019 seharga US$112 juta dan menjadi nilai transfer pemain tertinggi yang pernah dibayarkan klub tersebut.

Hazard menyumbang satu gelar juara Ligue 1 untuk Lille, dua gelar Liga Premier bersama Chelsea, dan dua gelar La Liga untuk Real Madrid. Di level timnas, ia mengantarkan Belgia menjadi juara ketiga Piala Dunia 2018. Namun, penampilannya di Real Madrid sangat mengecewakan. Dia dihantui oleh cedera dan masalah kebugaran selama empat musim, yang membuat penampilannya di tingkat nasional merosot selama masa-masa tersebut.

Terlepas dari rentetan cedera yang dialami, Hazard tetap menjadi salah satu pesepakbola terkaya di dunia saat ini. Estimasi penghasilannya di lapangan sebesar US$27 juta, sedangkan pendapatan di luar lapangan sekitar US$4 juta. Total pendapatan: US$31 juta atau kira-kira Rp483 miliar.

7. Robert Lewandowski

skysports.com

Saat ini Robert Lewandowski bermain untuk Barcelona. Ia didatangkan pada pertengahan 2022 dengan harga sekitar US$45 juta. Kapten timnas Polandia ini adalah duta merek Nike, perusahaan pemasok olahraga Polandia 4F, dan memiliki lini pakaian RL9. Lewandowski juga menjadi duta besar Huawei sejak 2015. Namun, ia mengakhiri kerja samanya pada awal 2022 setelah sebuah laporan mengungkap perusahaan multinasional Tiongkok itu memberikan dukungan teknologi kepada Rusia dalam invasi ke Ukraina.

Penghasilannya di luar lapangan untuk musim 2022/ 2023 diproyeksikan sekitar US$8 juta. Lalu, gaji yang didapatkan di lapangan mencapai US$27 juta. Dengan total pendapatan: US$35 juta atau setara Rp 546 miliar, Robert Lewandowski menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia tahun 2022 menempati posisi ke-7.

6. Erling Haaland

skysports.com

Pemain asal Norwegia ini awalnya bermain di liga Norwegia dan Austria. Setelah Borussia Dortmund berhasil mendapatkannya pada tahun 2020, Erling Braut Haaland menjadi mesin pencetak gol bagi klub tersebut hingga merengkuh Piala Jerman 2020/2021. Tahun ini, Haaland resmi menjadi bagian dari Manchester City dengan nilai transfer sebesar US$62 juta . 

Tak perlu waktu lama, pesepak bola 22 tahun ini menjadi pemain pertama yang mencetak tiga hattrick berturut-turut di kandang sendiri, serta menjadi pencetak gol terbanyak sementara di musim 2022/2023 dalam sejarah Liga Premier Inggris.

Melansir dari Forbes, penghasilan Erling Haaland di luar lapangan hanya US$4 juta dari kerja sama dengan perusahaan seperti Samsung, Viaplay, dan Hyperice. Namun, kerja sama Haaland dengan berbagai merek sepatu diperkirakan mencapai US$8 juta. Kerja sama tersebut disepakati setelah kontrak Haaland dengan Nike berakhir pada awal tahun 2022. Dengan total pendapatan sebanyak US$39 juta atau sekitar Rp608 miliar, Haaland layak menempati posisi ke-6 pemain sepak bola terkaya di dunia tahun 2022.

5. Mohammed Salah

skysports.com

Striker asal Mesir ini sebelumnya sempat bermain untuk AS Roma, Chelsea dan Fiorentina. Hingga pada tahun 2017, Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghal direkrut oleh Liverpool dengan nilai transfer US$44 juta. Pada Juli 2022, Salah kembali menandatangani kontrak baru engan Liverpool selama tiga tahun. 

Kontrak tersebut membuat estimasi pendapatan sang pemain di lapangan musim 2022/ 2023 mencapai US$35 juta. Salah juga merupakan salah satu duta merek Adidas. Menurut laporan Forbes, pendapatannya di luar lapangan diprediksi sebesar US$18 juta. Dengan total pendapatan: US$53 juta atau kira-kira Rp826 miliar, Salah menempati posisi ke-5 sebagai pemain sepak bola terkaya di dunia tahun ini.

4. Neymar Júnior

givemesport.com

Neymar da Silva Santos Júnior sempat mencetak rekor transfer tertinggi dalam sejarah sepak bola pada 2017. Saat itu ia didatangkan Paris Saint-Germain dari Barcelona seharga US$263 juta. Berdasarkan laporan Forbes tahun 2022, penghasilan Neymar antara 1 Mei 2021 hingga 1 Mei 2022 dari gaji dan bonus di PSG berjumlah US$70 juta. Dalam periode yang sama, penghasilannya di luar lapangan termasuk kontrak bersama Puma dan Red Bull bernilai US$25 juta.

Estimasi pendapatan Neymar untuk saat ini diperkirakan sebesar US$55 juta di dalam lapangan, dan US$32 juta di luar lapangan. Sehingga total pendapatannya sebesar US$87 juta atau lebih kurang Rp1,35 triliun. Fantastis!

3. Christiano Ronaldo

givemesport.com

Christiano Ronaldo sudah memenangi hampir semua trofi di dunia sepak bola, termasuk lima Ballon d'Or. Dia merupakan pemain pertama yang meraih piala di tiga liga bergengsi Eropa, yaitu Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, dan Serie A Italia. Tak heran jika ia menjadi idola banyak pencinta sepak bola.

Ronaldo bekerja sama dengan banyak merek seperti Nike, Herbalife, Livescore, Armani, TAG Heuer, Clear, dan Jacob & Co. Dia juga memiliki brand fashion CR7, dan berinvestasi di jaringan hotel Pestana CR7. Laporan Forbes memperkirakan, pendapatan Ronaldo di lapangan musim 2022/2023 senilai US$100 juta, sementara di luar lapangan mencapai US$40 juta. Namun perkiraan itu dibuat sebelum sang pemain berpisah dari MU pada 2022. Dengan total pendapatan: US$100 juta atau sekitar Rp1,56 triliun, Ronaldo layak menempati posisi ke-3 dalam daftar pemain sepak bola terkaya di dunia tahun ini.

2. Lionel Messi

foxsports.com.au

Menjadi andalan timnas Argentina dan Barcelona, Messi masuk dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia Forbes pada 2019. Melansir dari Forbes, Messi diprediksi akan menjadi pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi kedua di dunia musim 2022/2023 yang memiliki total pendapatan sekitar US$120 juta.

Sekitar US$65 juta pendapatannya berasal dari gajinya di PSG, sementara US$55 juta sisanya adalah pendapatan di luar lapangan, termasuk kontrak bersama Adidas, Budweiser, Gatorade, Konami, Mastercard, Pepsi, dan PUBG MOBILE. Total pendapatan: US$120 juta (setara Rp1,87 triliun).

1. Kylian Mbappé

skysports.com

Pemain asal Prancis, Kylian Mbappé Lottin menempati posisi pertama dalam daftar pemain sepak bola terkaya di dunia tahun ini. Menurut laporan Forbes, Mbappé tidak hanya akan menjadi salah satu pesepakbola terkaya di dunia, tetapi juga pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia musim 2022/ 2023.

Estimasi penghasilan 23 tahun tersebut di lapangan mencapai US$110 juta, hanya sedikit di bawah Messi. Lalu, perkiraan pendapatan Mbappé di luar lapangan sebesar US$18 juta dari kontrak dengan Dior, Panini, Hublot, Oakley dan Nike. Sehingga total pendapatan Mbappé terkumpul sebesar US$128 juta atau sekitar Rp2 triliun. 

Itu dia 10 pemain sepak bola terkaya di dunia tahun 2022. Ternyata selain di dalam lapangan, mereka juga mendapat banyak tawaran kerja sama serta menjalankan bisnis milik mereka sendiri. Tak heran kalau kekayaannya fantastis ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life