Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Aneh Tapi Nyata, 7 Pekerjaan Unik yang Nggak Disangka Ada di Dunia

Nomor 5 perlu ada di Indonesia, nggak, ya?

Dina Lathifa

Seiring berkembangnya waktu, profesi baru selalu ada mengikuti alur kemajuan zaman. Dahulu, mungkin kita belum membutuhkan seseorang yang bertugas mengelola sosial media. Namun kini, pekerjaan seperti itu ada dan dibutuhkan oleh perusahaan maupun perorangan.

Sebagian orang berpikir kalau menjadi admin media sosial--salah satunya--adalah pekerjaan yang unik dan menarik. Namun jika mencari tahu lebih jauh, ada lebih banyak lagi pekerjaan unik yang bikin mata membelalak, Bela. Sebab, kamu nggak akan menyangka jika profesi seperti itu benar-benar ada di dunia! Apa saja?

1. Menjadi pacar sewaan

unsplash.com/Jenna Jacobs

Jujur saja, hidup sendiri tanpa pasangan terkadang terasa menyedihkan. Kamu nggak punya teman untuk berbagi cerita, atau sekadar menghabiskan malam Minggu untuk berkencan. Kamu ingin memiliki pasangan, namun belum siap menjalani hubungan dalam jangka waktu apapun. Kalau seperti itu, kamu dapat mengunjungi Tokyo, Bela. Melansir dari Scoop Whoop, ibukota Jepang ini memiliki bisnis yang cukup unik, yaitu jasa menyewa pacar. Jadi, seseorang bisa menyewa 'pasangan' dalam periode waktu atau kebutuhan tertentu. Ini tandanya, penduduk Jepang ada yang berprofesi sebagai pacar sewaan yang siap menemani konsumennya.

2. Pemeluk profesional

unsplash.com/Shalom Mwenesi

Pelukan adalah salah satu sikap tubuh yang menenangkan dan membuat nyaman. Ketika sedang sedih, mendapat pelukan dari seseorang tentu akan membuatmu merasa lebih baik, bukan begitu? Namun, bagaimana jika nggak ada orang yang ingin memberikanmu sentuhan itu? Jangan khawatir! Kini ada profesi pemeluk profesional yang siap memberikanmu kenyamanan. Melansir dari CNBC, ada sebuah bisnis di Oregon, Amerika Serikat, yang menawarkan jasa pelukan oleh tenaga pemeluk profesional. Mereka murni memberikan pelukan yang nyaman dan menyenangkan, nggak lebih dari itu. Kamu bisa berpelukan sampai merasa lebih baik.

3. Penulis ulasan di internet

unsplash.com/rawpixel

Sebagai masyarakat modern yang selalu menggunakan internet untuk melakukan apapun, termasuk belanja, adanya ulasan dalam sebuah produk maupun jasa sangat memengaruhi keputusan pembelian. Karena itu dari segi pebisnis, penting memiliki ulasan dalam setiap produk maupun jasa yang ia tawarkan. Berasal dari kebutuhan itu, maka muncul profesi dengan sebutan Online Reviewer atau penulis ulasan di internet. Melansir dari The Balance Careers, mereka yang bekerja dengan profesi ini akan menulis ulasan yang dibutuhkan kliennya, salah satu tujuannya adalah demi meningkatkan kepercayaan konsumen hingga tertarik untuk membeli. Bagaimana menurutmu, Bela?

4. Penjaga Pulau

unsplash.com/Airstream Inc.

Pemilik pulau itu ada, pun ada profesi penjaga pulau. Melansir dari Western Union, Pemerintah maupun individual yang memiliki pulau di Karibia, Australia, dan kawasan Asia Pasifik sering mempekerjakan tukang kayu atau orang pertamanan untuk membantu dan menjaga pulau saat sedang nggak ada di tempat. Mendengar pekerjaan ini, pasti membuatmu lelah duluan. Bayangkan, sebesar apa pulau yang harus diurus? Namun di sisi lain, kamu punya banyak waktu untuk menjelajahi pulau dan menikmati keindahan pantai yang menenangkan.

5. Pusher profesional

michaellantz.net

Pusher atau pendorong, dan pekerjaan ini benar-benar ada di salah satu negara Asia. Tepatnya di Jepang, pekerjaan  seorang Pusher adalah mendorong orang-orang untuk dapat masuk ke dalam kereta sehingga para penumpang yang banyak itu bisa masuk dan nggak telat sampai ke tujuannya masing-masing. Nggak hanya mendorong, mereka pun harus memastikan jika semua penumpang dapat masuk ke dalam kereta tanpa terluka. Kira-kira, butuh pusher nggak ya di Indonesia?

6. Pemancing sepeda

snacksandadventure.com/frannyritchie

Memancing adalah pekerjaan Nelayan, dan objek yang dipancing adalah hewan-hewan laut. Namun, apa ada pemancing selain ikan? Ada, dan itu adalah pemancing sepeda. Pekerjaan ini dapat kamu temukan di Amsterdam. Sebagai salah satu negara di dunia yang paling ramah dan aman untuk bersepeda, banyak sepeda umum yang berakhir bukan pada rak-rak yang tersedia. Melainkan, jatuh ke dalam sungai. Menurut data kota itu, ada sekitar 12.000 - 15.000 sepeda yang jatuh dan terseret sungai dalam setahun! Karena itu, sebuah perusahaan pengelola air membuka lowongan pemancing sepeda atau bike dredgers, untuk mengangkut benda itu dengan cakar hidrolik. Baik itu sepeda yang hilang, yang terlupakan, maupun yang dicuri, pemancing sepeda akan membawa temuan-temuannya itu untuk didaur ulang.

7. Pencicip makanan hewan

unsplash.com/Oscar Chevillard's

Nggak hanya sajian untuk manusia yang perlu dicicipi sebelum dikeluarkan ke publik. Rupanya, makanan untuk hewan juga perlu melalui food testing dan yang bertugas melakukannya adalah pet food tester. Lalu, siapa yang melakukannnya? Yaitu orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk mencicipi makanan itu. Bagaimana rasanya, ya?

Rupanya, ada banyak pekerjaan unik di sekitar kita, mulai dari yang menarik sampai yang bikin geleng-geleng kepala. Baik itu sudah ada dari dulu, maupun ada karena tuntutan perkembangan zaman. Kira-kira, apa kamu mau melamar ke salah satu posisi di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life