Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pahami, yuk! 14 Kosakata Informal yang Sering Muncul di Drama Korea

Udah paham belum yang katanya penggemar drakor?

Cynthia Claudia

Kehadiran drama Korea telah mewarnai keseharian masyarakat tanah air. Melalui visual para pemerannya, alur ceritanya, serta sederetan soundtrack-nya yang selalu menarik perhatian. 

Para penonton ikut diajak mengenal budaya Korea melalui kehadiran dramanya, salah satunya adalah bahasa. Kita sebagai penggemar drama Korea pasti sudah tak asing dengan berbagai macam kosakata yang sering muncul, sehingga lama-kelamaan pun menjadi hafal artinya setiap kali mendengarnya.

Namun, bagi kalian yang baru menyelami dunia drama Korea, simak sederetan kosakata yang sering muncul dalam drama Korea, biar suasana nontonnya makin semangat.

1. Oppa

-

Bagi penggemar drama Korea, pasti sudah nggak asing dengan panggilan ini. Oppa merupakan panggilan dari seorang perempuan pada kakak laki-lakinya atau laki-laki yang lebih tua darinya. 

Oppa juga digunakan untuk memanggil kekasih, atau dalam Bahasa Indonesia artinya adalah "abang".

2. Annyeong

-

Annyeong merupakan salah satu kata yang paling sering disebutkan dalam drama Korea, yang artinya adalah "halo" atau "hai" dalam penyampaian informal. Secara formal akan menjadi "annyeonghaseyo".

3. Saranghae

-

Istilah yang sering digunakan ketika seorang pemeran utama laki-laki mengungkapkan perasaannya kepada pemeran utama perempuan dalam drama romansa, yang artinya adalah "Aku mencintaimu"!

4. Ommo

-

Ommo biasanya diungkapkan pemerannya di dalam drama jika mereka merasa terkejut. Jika diterjeman ke Bahasa Indonesia, maka artinya adalah "Astaga!" atau "Ya ampun!"

5. Gaja

-

Gaja sering diungkapkan ketika pemeran drama mengajak lawan bicaranya mengunjungi suatu tempat bersama. Artinya adalah "Ayo kita pergi!" dalam penyampaian informal.

6. Aigo

-

Aigo merupakan ungkapan yang dilontarkan para pemeran drama ketika mereka merasa kesal atau kecewa, sehingga berada dalam keadaan pasrah. Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah "Astaga!"

7. Daebak

-

Daebak merupakan ungkapan yang sering kita dengar ketika seorang karakter menunjukkan kekaguman terhadap sesuatu atau seseorang. 

8. Bogoshippuh

-

Dikenal sebagai ungkapan ketika seseorang sedang merasa kangen, yang artinya adalah "Aku merindukanmu!"

9. Jinjja

-

Ketika sebuah karakter meragukan sebuah kebenaran, maka mereka akan mengungkapkan jinnja. Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah "Sungguh?" atau "Masa"? 

10. Gwaenchana

-

Kata ini bakal sering kamu dengar ketika seseorang sedang sedih atau sakit, atau menyatakan ia tidak apa-apa. Dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah "Apakah kamu baik-baik saja?" atau bisa menjadi jawaban "Tidak apa-apa"

11. Gwiyeowo

-

Salah satu ungkapan yang paling sering kita dengar ketika pemeran drama menemukan sesuatu yang lucu/ menggemaskan.  Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah "Lucunya!" atau "Gemas!".

12. Jaebal

-

Artinya adalah "Tolong!", di mana merupakan ungkapan yang sering disampaikan ketika seorang karakter minta bantuan, tapi bersifat memaksa. 

13. Michyeosseo

-

Ketika seseorang sedang merasa kesal, mereka cenderung melontarkan micheyosseo dengan nada tinggi. Kata ini artinya "Gila" dalam Bahasa Indonesia. 

14. Miahnhae

-

Mianhae merupakan ucapan maaf informal yang sering dilontarkan para pemeran drama ketika mereka melakukan suatu kesalahan terhadap lawan bicaranya. 

Itulah 14 kosakata yang sering muncul di drama Korea. Sebagai penggemar drama Korea, apakah kamu sudah tahu semuanya?

IDN Media Channels

Latest from Working Life