Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini drama Korea atau K-Drama sudah memiliki banyak penggemar di dunia, termasuk di Indonesia. Lewat visual para pemainnya, alur cerita yang memukau, gaya fashion yang stylish dan juga deretan soundtrack yang manis, seolah menjadi daya tarik dari drama Korea ini. Tak hanya itu, semakin banyak drama Korea yang kita tonton, maka kita pun seolah diajak untuk mempelajari bahasa Korea. Apa kamu juga merasakan hal yang sama, Bela?

Sangat banyak pengulangan kata yang bisa kamu dengar ketika menonton K-Drama, terlebih ketika cerita drama tersebut bertemakan cinta. Kalau kamu memang benar-benar pecinta drakor, yuk, simak 20 kosakata atau istilah beserta artinya yang sering muncul di drama Korea berikut! Kalau perlu, hafalkan juga, ya. Siapa tahu kamu punya kesempatan jalan-jalan ke Negeri Ginseng ini nantinya.

Oppa / Unnie / Noona / Hyung

Kamus Kosakata Drakor yang Harus Kamu Hafaldok.internet

"Oppa" merupakan sebutan dari seorang perempuan untuk laki-laki yang lebih tua. "Unnie" adalah panggilan seorang perempuan untuk perempuan yang lebih tua. "Noona" merupakan panggilan seorang laki-laki kepada seorang perempuan lebih tua darinya. Sedangkan "Hyung" merupakan panggilan seorang laki-laki kepada laki-laki lain yang usianya lebih tua.

Ajumma / Ahjussi

"Ajumma" adalah sebutan untuk bibi atau tante, sementara "Ahjussi" adalah sebutan untuk paman.

Gajima

Ungkapan ini kelihatan sangat romantis ketika didengar dalam sebuah percakapan K-Drama. "Gajima" berarti jangan pergi atau jangan tinggalkan.

Saranghae

Hayo ngaku, pasti kamu sudah hafal dengan kata yang satu ini, kan? Bagaimana tidak, kalau aktor idolamu yang mengucapkan kata ini, pasti hatimu langsung luluh. "Saranghae" artinya saya mencintaimu.

Annyeong haseyo

Kamus Kosakata Drakor yang Harus Kamu Hafaldok.internet

"Annyeong" memiliki makna 'selamat', 'kesehatan', intinya adalah sesuatu yang baik. Secara literasi, "annyeong haseyo" artinya kita mendoakan keselamatan dan kesehatan lawan bicara. Jadi, bukan berarti menanyakan kabar, ya!

Mianhae / jwesonghamnida

Korea punya tiga tingkatan bahasa, mulai dari yang paling sopan dan formal, kasual tapi tetap sopan atau bahasa kasual yang hanya digunakan pada orang yang sangat akrab saja. Kedua kata di atas berarti maaf. "Mianhae" untuk kasual yang sangat akrab, sementara "Jwesonghamnida" untuk yang formal.

Gomawo / Kamsahamnida

Keduanya bermakna terima kasih. "Kamsahamnida" adalah bentuk yang paling sopan, sedangkan "gomawo" atau "gomawoyo" untuk ucapan kasual sehari-hari yang ditujukan untuk yang lebih muda atau sudah akrab.

Yaksohkhae

Tidak jauh berbeda dari "Saranghae", kata ini umum diungkapkan dalam K-Drama. "Yaksohkhae" artinya berjanjilah padaku.

Arraseo

Kamus Kosakata Drakor yang Harus Kamu Hafaldok.internet

"Arraseo" sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai keadaan. Tapi secara sederhana, bisa diartikan paham. Jadi, ketika ada orang yang bertanya apakah kamu sudah paham atau belum dengan penjelasannya, "arraseo" bisa digunakan untuk menjawab. Artinya, iya saya paham atau mengerti.

Haeuhjija

Bagi semua yang sedang jatuh cinta, kata ini akan sangat mengiris hati. Karena "Haeuhjija" memiliki arti kata putus.

Jaebal

Kata ini menunjukkan permintaan dan permohonan karena putus asa. Dalam bahasa Inggris berarti "please".

Jinjayo?

Nah, kata ini juga bertebaran di banyak drama Korea. Artinya adalah "benarkah?" Biasanya dikatakan saat dalam keadaan kaget atau shock.

Daebak

Kamus Kosakata Drakor yang Harus Kamu Hafaldok.internet

Kata ini biasa digunakan untuk memuji. Artinya adalah keren atau kece.

Aigoo

Kata ini juga pasti sering mampir di telingamu ketika melihat banyak judul drama Korea. Biasanya digunakan ketika si karakter itu gemas atau frustasi. Secara harfiah artinya adalah "astaga", "oh tidak" atau "oops."

Omo / omonah

Kata ini artinya adalah "Oh tidak" atau "Oh my gosh." Sering sekali diucapkan saat sang karakter dalam drama sedang kebingungan.

Eotteokhae

"Eotteokhae" artinya "ya ampun, gimana nih."

Hwaiting

Kamus Kosakata Drakor yang Harus Kamu Hafaldok.internet

"Hwaiting" sebenarnya adalah kata fighting. Karena 'f' dalam pelafalan Korea tidak terdengar jelas, maka mereka mengubahnya menjadi "hw." Istilah ini digunakan untuk memberikan dukungan atau semangat.

Jjaksarang

Kata satu ini sepertinya sering terjadi atau setidaknya pernah kamu alami. "Jjaksarang" berarti cinta bertepuk sebelah tangan.

Kyulhonhaejo

Frasa ini adalah yang ditunggu-tunggu sebagian besar perempuan terhadap pasangannya. Sebab, kata ini bermakna "maukah menikah denganku?"

Gwenchana

Gwenchana memiliki arti "apakah kamu baik-baik saja?"

Itulah beberapa istilah dalam drama Korea beserta artinya. Jadi, frasa atau kata mana yang sudah kamu tahu dan bahkan sering tak sengaja kamu ucapkan, Bela? Bukankah benar ketika kita menyukai serialnya , maka akan menjadi tertarik untuk mengerti bahasanya? Semoga suatu saat bisa benar-benar ke Korea, ya!

Baca Juga: 5 Drakor dengan Episode Rating Tinggi, Ada Crash Landing On You

Baca Juga: Sambut Bulan Juni 2020, Ini 7 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaru

Baca Juga: 13 Kesalahan Kecil Tapi Fatal di KDrama yang Tertangkap Kamera