Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Karier Lee Sung Yeon Hancur Usai Terjerat Skandal, Ini Kisahnya

Skandal tabrak lari hingga penggunaan obat terlarang

Cynthia Claudia

Popularitas yang kian meningkat ternyata bisa berdampak buruk bagi seorang artis Korea. Ratu kecantikan yang kemudian menjadi aktris, Lee Seung Yeon, pernah mengalami kejadian buruk. Nggak banyak yang tahu, sebelum menerjuni industri hiburan, Lee Seung Yeon pertama kali dikenal melalui sebuah kontes kecantikan, di mana ia berhasil dinobatkan sebagai pemenang.

Setelah popularitasnya meningkat usai melakoni karakter utama perempuan dalam drama tahun 1996 berjudul First Love, drama Korea dengan rating tertinggi kedua sepanjang masa, Lee Seung Yeon terjerat skandal yang mengejutkan. Alih-alih bakat dan prestasinya, para penggemar kini hanya mengingat Lee Seung Yeon sebagai salah satu aktris bermasalah yang terjerat skandal.

Melansir dari Kbizoom, inilah latar belakang dan skandal yang melibatkan Lee Seung Yeon.

Latar belakang Lee Seung Yeon

kbizoom.com

Lee Seung Yeon lahir pada tahun 1968, dan merupakan lulusan dari Inha Technical College di Incheon. Setelah lulus kuliah, dia memulai kariernya sebagai pramugari Korean Air.

Pada tahun 1992, rekan Lee Seung Yeon mendorongnya untuk mendaftar kompetisi kecantikan. Ia akhirnya berhasil memenangkan juara ketiga sebagai Miss Korea di tahun yang sama. 

Sementara pada tahun 1993, Lee Seung Yeon kembali mengikuti kompetisi internasional. Ia mewakili Korea di Miss World dan berhasil masuk ke Top 10 Final, sebagai pencapaian rekor tertinggi bagi negara Korea dalam kompetisi kecantikan internasional.

kbizoom.com

Setelah dikenal publik sebagai seorang ratu kecantikan, Lee Seung Yeon akhirnya menerjuni industri hiburan. Kecantikannya menarik perhatian banyak produser dan sutradara.

Meskipun tidak berpengalaman, Lee Seung Yeon tetap berhasil menarik perhatian penonton dengan bakat aktingnya. Ia dipilih memerankan berbagai drama termasuk Our Paradise, Last Lovers, Sandglass, dan masih banyak lagi. Sehingga, Lee Seung Yeon adalah salah satu aktris paling populer di tahun 90-an.

Pada tahun 1996, ia dipilih membintangi First Love sebagai karakter utamanya, bersama Bae Yong Joon dan Choi Soo Jong. First Love, yang berhasil mencetak rating peringkat nasional sebesar 65,8% dalam episode terakhirnya, turut meningkatkan popularitas Lee Seung Yeon sebagai seorang aktris.

Menyusul kesuksesan First Love, Lee Seung Yeon juga tampil di berbagai acara TV. Namun, dirinya terlibat skandal tepat ketika berada di puncak popularitasnya.

Skandal mengemudi secara ilegal

kbizoom.com

Mulai dari seorang aktris papan atas dengan masa depan yang cerah, karier Lee Seung Yeon perlahan mulai meredup setelah terlibat skandal serius. Pada tahun 1998 silam, dia tertangkap mengemudi tanpa SIM.

Dirinya dijatuhi hukuman satu tahun masa percobaan dan 80 jam pelayanan masyarakat. Karena kelakuan buruknya, publik juga ikut memprotes. Akibatnya, dramanya yang sedang berlangsung berjudul Heart Of Lies, terpaksa dipotong.

Lee Seung Yeon juga kehilangan berbagai peluang karier, ia terpaksa mengucapkan selamat tinggal kepada tawaran memerankan drama Trap of Youth dan Invitation. 

Skandal tabrak lari

sportschosun.com

Skandalnya ternyata tidak berhenti sampai di situ. Lee Seung Yeon kemudian terjerat dalam skandal tabrak lari, 4 tahun setelah tertangkap mengemudi secara ilegal.

Meskipun dia bukan pengemudi yang melakukan tabrak lari, namun Lee Seung Yeon merupakan pemilik kendaraan tersebut. Ia secara tidak sengaja meminjamkan mobil itu kepada putra lawan mainnya. Sehingga, reputasi Lee Seung Yeon juga ikut terpengaruh secara negatif.

Skandal pembuatan buku foto korban budak seksual

kbizoom.com

Lee Seung Yeon kemudian terjerat skandal yang mengerikan pada tahun 2004. Lee Seung Yeon membuat sebuah buku yang terdiri dari serangkain foto korban budak seksual. 

Tindakan Lee Seung Yeon menuai kecaman keras meskipun sebenarnya tidak bermaksud buruk. Lee Seung Yeon terpaksa mengadakan konferensi pers untuk meminta maaf, dan menjelaskan bahwa fotonya bermaksud menggambarkan rasa sakit korban dan meringankan trauma mereka. Ia juga berbagi akan menggunakan pendapatan dari penjualan buku foto tersebut untuk membantu para korban.

Namun, permintaan maafnya tidak diterima publik. Para korban masih mengalami rasa sakit dan trauma, setelah foto-fotonya disebarkan melalui buku tersebut.

Lee Seung Yeon bahkan ikut mengunjungi panti jompo tempat korban menetap, berlutut untuk meminta maaf, dan menghancurkan buku tersebut tepat di depan mereka. Karena kesalahannya menurut korban terlewat batas, maka ia diminta mundur dari dunia hiburan, mengorbankan kariernya demi menghindari tuntutan korban.

Apakah Lee Seung Yeon mundur dari dunia hiburan?

kbizoom.com

Lee Seung Yeon telah menarik diri dari sorotan publik. Namun, pada tahun 2004, dirinya berpartisipasi dalam film 3-Iron, garapan sutradara terkenal Kim Ki Duk. Film ini juga berhasil menyabet penghargaan Silver Lion di Festival Film Internasional Venesia ke-61, namun sayangnya popularitas Lee Seung Yeon tetap meredup.

Pada tahun-tahun berikutnya, Lee Seung Yeon dikabarkan masih berakting di berbagai film dan berpartisipasi dalam acara TV, tanpa menepati janjinya untuk meninggalkan dunia hiburan. Pada 2007, ia menikah dengan seorang pengusaha dan menyambut putri pertamanya pada 2009.

Meskipun popularitasnya tidak dapat kembali seperti dulu, ia tetap bisa menikmati kebahagiaan bersama keluarganya. Setelah terlibat serangkaian skandal, ia termasuk menerima akhir yang bahagia karena masih bisa menikah dan masih diterima di dunia hiburan. 

Skandal penggunaan obat propofol

kbizoom.com

Namun, Lee Seung Yeon kembali terlibat skandal pada tahun 2013. Ia diduga menggunakan obat propofol ilegal selama 6 tahun untuk perawatan kecantikan, dan dijatuhi hukuman 8 bulan penjara dan denda sebesar 5,5 juta won.

Skandal yang terjadi sepanjang kariernya telah menghancurkan reputasi Lee Seung Yeon. Meskipun masih diterima di dunia hiburan, ia hanya diberikan peran pembantu, dan tidak dapat mengembalikan popularitasnya seperti dulu. 

Itulah latar belakang dan deretan skandal yang menghancurkan karier Lee Sung Yeon. Semoga ia bisa mengambil pelajaran yang positif dari semua kejadian ini, ya, Bella

IDN Media Channels

Latest from Working Life