Salah satu kejadian yang kerap dialami idol K-Pop adalah terlibat kasus kontroversial. Bahkan, tak jarang mereka terlibat kontroversi sebelum debut karena para pembenci ingin merusak citranya. 

Seperti idol-idol berikut ini, saat kontroversinya diawali dengan pengakuan warganet di sebuah komunitas online atau media sosial. Agensi yang menaungi mereka lantas segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. 

Berikut adalah deretan idol K-Pop yang terlibat kontroversi bahkan sebelum debut. Siapa saja, ya?

1. Kim Garam LE SSERAFIM

5 Idol K-Pop yang Terlibat Kontroversi Pre-Debut, Terbaru Kim Garamkbizoom.com

Kim Garam direncanakan debut pada bulan Mei mendatang dengan LE SSERAFIM, salah satu girlgroup baru dibawah naungan HYPE Labels dan Source Music. Sebelum debut, ia dituduh melalukan aksi bullying dan berperilaku tidak pantas semasa sekolah.

Sebuah percakapan ketika ia mengertak teman dan adik kelasnya pun beredar.  Ia bahkan dituduh melecehkan beberapa mahasiswa di kampus, memotong rok seragam sekolah lebih pendek dari peraturan, merokok, hingga mabuk saat masih berusia di bawah umur. 

HYBE Labels dan Source Music langsung memberikan tanggapan usai menerima kabar idolanya yang terjerat kontroversi. Mereka menyatakan bahwa rumor ini hanya diajukan untuk memfitnah Kim Garam sebagai korban, yang segera memulai debutnya. 

2. Karina aespa

5 Idol K-Pop yang Terlibat Kontroversi Pre-Debut, Terbaru Kim Garamtwitter.com/aespa_official

Sebelum debut dengan aespa, rumor buruk mengenai kepribadian aslinya bertebaran di komunitas online. Banyak yang mengaku bahwa mereka mengenal Karina secara pribadi, dan membagikan screenshot chat milik Karina yang menunjukkan komentar buruk kepada senior-nya. 

Komentar buruk ini ditujukan sebagai bentuk penghinaan kepada EXO dan NCT, yang satu agensi dengannya. Rumor lain juga menunjukkan bahwa dirinya menyesal bergabung dengan SM Entertainment, dan berpikir untuk audisi ulang dengan agensi besar lainnya. 

Rumor yang semakin tersebar ini dibantah oleh SM Entertainment. Konten ini ternyata hanya dibuat-buat oleh warganet yang ingin menjatuhkan Karina, dan mereka akan mengambil tindakan hukum jika diperlukan. 

3. Park Yuri JXR

5 Idol K-Pop yang Terlibat Kontroversi Pre-Debut, Terbaru Kim Garamtumgir.com

Sebelum resmi debut sebagai anggota JXR, Park Yuri pernah menerika kecaman karena dianggap menghina penampilan Bobby iKON. Ia dianggap menghina setelah menyukai komentar salah satu penggemar yang menunjukkan bahwa penampilan rapper tersebut jelek. 

Paara penggemar pun langsung histeris dengan perlakuan Yuri di media sosial. Namun, anggota JXR tersebut sudah klarifikasi bahwa dirinya tidak bermaksud untuk merendahkan Bobby. Ia menganggap bahwa rapper yang termasuk idol senior tersebut parasnya memesona, dan tidak dapat dibandingkan dengan dirinya. 

4. Taeyong NCT

5 Idol K-Pop yang Terlibat Kontroversi Pre-Debut, Terbaru Kim GaramKoreaboo.com

Taeyong NCT terjerat kontroversi ketika masih bergabung dengan SM Rookies, tim pelatihan pra-debut yang dibentuk SM Entertainment pada tahun 2013.  Ia terungkap melakukan penipuan di berbagai situs perdagangan online.

Ia dituduh memasang iklan palsu, menerima pembayaran tanpa mengirimkan barangnya terlebih dahulu, dan mengirimkan produk cacat kepada pembeli. Komentar negatif pun ia lontarkan kepada para korban yang protes terkait perlakukan ini. 

Namun, sesuai dengan pernyataan SM Entertainment, Taeyong telah menyesali tindakannya dan meminta maaf kepada semua korban. Anggota NCT tersebut menunjukkan penyesalannya dan bahkan menangis melalui sebuah acara TV. Sayangnya, ia masih menerima komentar jahat dari warganet yang menganggapnya hanya ingin memperbaiki reputasi tanpa ketulusan.

5. Achillo eks OGZSCHOOL

5 Idol K-Pop yang Terlibat Kontroversi Pre-Debut, Terbaru Kim Garamkoreaboo.com

Sebelum resmi debut dengan OGZSCHOOL di bawah naungan Starship Entertainment, Achillo pernah dituduh menghina kemampuan rap milik RM BTS. Rookie berusia 12 tahun tersebut saat itu merendahkan kemampuan rap RM melalui salah satu postingan di Facebook, sehingga menerima kecaman dari seorang penggemar BTS.

Screenshot unggahan Facebook-nya lalu beredar luas di internet. Ketika hal ini terjadi, Achillo malah mengirim pesan kepada penggemar BTS dan menyebutnya fanatik. Alih-alih meminta maaf, Achillo malah terus berdebat dengan penggemar tersebut, dan memaksanya menghapus postingan.

Ternyata, tak semua idol di atas bersalah meskipun terlibat kontroversi yang mungkin menghancurkan reputasinya. Beberapa dari mereka hanya jadi korban para pembenci yang ingin merusak reputasinya. Memang ini menjadi risiko yang harus ditanggung para idol, ya, Bela. 

Baca Juga: Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!

Baca Juga: Joe Budden Dikecam ARMY Usai Beri Komentar Kebencian Pada BTS

Baca Juga: Kena Lagi, Ini Sejumlah Kontroversi Irene Red Velvet