Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Meninggal Dunia, Ini Jajaran Film yang Dibintangi oleh Robbie Coltrane

Tidak hanya di film Harry Potter

Audia Natasha Putri

Tahun 2022 menjadi tahun penuh duka lantaran banyaknya sosok ternama yang berpulang ke sisi-Nya. Hati belum sempat terajut pulih dari wafatnya Ratu Elizabeth II , kini publik— terutama Potterhead—harus menerima kabar pilu dari dunia hiburan. Aktor Robbie Coltrane, populer dengan lakonnya sebagai Hagrid dalam film Harry Potter menghembuskan napas di usia 72 tahun.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh pihak agensi Belinda Wright, bahwa Robbie meninggal dunia di Rumah Sakit di Falkirk, Skotlandia. Permainan lakonnya yang spektakuler sebagai Hagrid sangatlah menempel di benak para Potterhead.

Kepergiannya untuk selamanya menorehkan luka dalam di hati, apalagi tidak ada aktor yang bisa menggantikan perannya sebagai manusia setengah raksasa Hogwarts yang ikonik ini.

But, life is must go on. Kamu pun masih bisa mengenang sosoknya lewat deretan film-film yang dimainkannya. Selama 44 tahun berkarier di panggung film, Robbie Coltrane merupakan aktor senior yang sangat berbakat dan dicintai banyak penggemar film karena totalitas aktingnya yang sangat memukau.

Berikut deretan film Robbie Coltrane yang bisa kamu tonton.

1. Brave (2012)

Dalam film animasi Brave, Robbie Coltrane berperan memukau sebagai Lord Dingwall. Dengan sifatnya yang ceria, Coltrane membawakan karakter Pak Tua melalui humor, kehangatan, serta tawa senyum. Perannya sebagai Lord Dingwall sukses menorehkan senyum dan gelak tawa penonton lewat aksi konyol dan permainan voice acting yang luar biasa.

Lord Dingwall sendiri adalah seorang pria tua bertubuh mungil dengan tingkah laku kocak. Perannya ini sukses menghidupkan suasana dalam film Brave dan menambah bumbu komedi ke dalamnya.

2. From Hell (2001)

Tak hanya film fantasi dan komedi, Coltrane juga turut memainkan peran dalam film horor.

Salah satunya From Hell yang rilis pada 2001. Diadaptasi dari judul novel yang sama oleh Alan Moore, From Hell menyorot kisah pembantaian sadis yang dilakukan pembunuh misterius berjulukan Jack The Ripper.  Berlatar tahun 1888 di London, detektif Frederick Abberlin (Johnny Deep) pun menginvestigasi kasus ini dengan cara unik, yaitu sambil mengisap opium dan melihat korban korban berikut dari Jack The Ripper lewat halusinasinya.

Robbie Coltrane sendiri berperan sebagai George Goldley, asisten Abberlin bersifat humoris yang kerap membantu Abberlin mengungkapkan kasus ini.

3. The Tale of Desperaux (2008)

Selain Brave, Coltrane juga turut berolah akting dalam film animasi The Tale of Desperaux sebagai sipir penjara kerajaan yang menyimpan rahasia besar. 

Animasi yang dikeluarkan oleh Universal Pictures besutan sutradara Sam Fell dan Robert Stevenhagen ini berlatar kerajaan.

Diangkat dari buku cerita anak berjudul sama oleh Kate DiCamello, film ini mengisahkan runtuhnya Kerajaan Dor setelah sang Ratu meninggal akibat serangan jantung setelah menemukan tikus di dalam supnya. Dulunya, kerajaan ini dikenal akan supnya yang lezat, membuat orang berbondong-bondong ingin menyicipinya. Semenjak kejadian malang itu, kerajaan melarang keras adanya tikus dan menghentikan produksi sup.

Beberapa tahun berlalu, lahirlah seekor tikus kecil putih petualang, Despereaux (Matthew Broderick) dan berteman dengan Putri Pea (Emma Watson) yang kesepian. Bersama sang putri, Desperaux berusaha menolong kerajaan dari keterpurukan abadi.

4. Message in Bottle (1999)

Film drama-romansa besutan Luis Mandoki dan dibintangi oleh Kevin Costner dan Robin Wright ini sukses membuat mata sembab berkat endingnya yang tragis dan menyayat hati.

Dalam film ini, Coltrane berperan sebagai karakter sampingan bernama Charlie Toschi.

Mengisahkan Theresa Osborne (Robin Wright seorang mantan wartawan yang menemukan surat cinta misterius dalam botol di pantai. Surat itu ditujukan dari Garret ke Catherine. Tertarik, Theresa pun menyimpan surat tersebut. Surat cinta dalam botol pun terus menerus diterimanya dari orang yang sama. Theresa yang penasaran pun akhirnya melacak orang yang menulis surat-surat itu, Garret Blake (Kevin Costner). 

Pertemuannya dengan Garret pun menuaikan benih-benih cinta di antaranya. Sayangnya, kisah cinta mereka tak semulus yang diharapkan. Prahara asmara datang silih berganti menggempur hubungan mereka. Akankah mereka bisa bersatu dalam ikatan cinta yang kuat?

5. Alice in Wonderland (1999)

Coltrane pun turut berlakon sebagai Tweedlum dalam film Alice in Wonderland versi 1991. Sosoknya yang gempal dengan sifat humorisnya yang menggelak perut sangat cocok memerankan karakter satu ini.

Alice In Wonderland 1991 mengisahkan petualangan Alice Kingsleigh di dalam dunia bernama Wonderland. Sama seperti dalam novelnya, para penghuni Wonderland menganggap Alice sebagai pahlawan yang akan mengalahkan Red Queen yang jahat yang menguasai Wonderland dalam kegelapan.

6. Van Helsing (2004)

Sebagai aktor berbakat, Coltrane mampu berolah peran dengan apik dalam film berbagai genre apapun, tak terkecuali film horor. Termasuk film Van Helsing, film horor-gothic yang menjadi favorit banyak pecinta horor karena estetika fashion para karakternya yang menjadi inspirasi dalam pesta kostum Halloween. Robbie Coltrane pun turut beradu akting dengan Hugh Jackman.

Coltrane sendiri berperan sebagai seorang villain dalam film ini. Mr. Hyde, sisi lain kepribadian ganda ilmuwan gila Dr. Jekyll yang berubah jadi monster karena kesalahan eksperimen yang dilakukannya.

Van Helsing menyorot pada kehidupan seorang pemburu monster dan vampir bernama Gabriel Van Helsing (Hugh Jackman). Film dimulai ketika Van Helsing diamanatkan Cardinal Jinnet (Alum Amstrong) untuk memberantas klan vampir yang dikepalai Count Dracula (Richard Roxburgh) di Transylvania.

7. Waralaba Harry Potter (2001 - 2011)

Lewat perannya sebagai Profesor Rubeus Hagrid dalam waralaba Harry Potter, Coltrane berhasil mendulang kesuksesan dan kepopulerannya dalam kariernya di dunia film. Sosoknya yang melekat sebagai Hagrid tentu mengukir memori tersendiri bagi Potterhead, sebutan penggemar Harry Potter.

Professor Rubeus Hagrid merupakan  tokoh fiksi pengawas hewan liar di Sekolah Sihir Hogwarts. Berkat dedikasinya, ia pun diangkat sebagai Guru Pemeliharaan Satwa Gaib.

Jauh sebelum itu, Hagrid juga merupakan siswa Sekolah Sihir Hogwarts pada 1940. Namun, pada tahun ketiga pendidikannya, Hagrid tertangkap basah oleh Tom Riddle karena kesalahannya membuka Chamber of Secrets. Bahkan hewan miliknya, Acromantulan menyerang siswa lainnya dan menewaskan antaranya tewas. 

Karena kesalahan yang diperbuatnya, Hargrid pun dikeluarkan dari Hogwarts. Tetapi, ia diizinkan untuk tetap tinggal di area sekolah Hoghwarts oleh Dumbledore, sang kepala sekolah. Kecintaannya terhadap binatang dan makhluk gaib yang berbahaya membuat dirinya ditugaskan sebagai penjaga hewan liar Hoghwarts.

Hagrid pun menjadi salah satu karakter cukup berjasa bagi Harry Potter. Termasuk ketika ia menyelamatkan Harry Potter dari kutukan Voldemort yang menewaskan kedua orangtuanya. Loyalitas terhadap Hoghwarts dan kebaikannya menolong karakter sentral dalam Harry Potter menjadikan Hagrid dicintai banyak orang.

Itulah beberapa film yang diperankan Robbie Coltrane. Meskipun sosok sudah tidak ada lagi, tetapi kita bisa mengenangnya lewat hangatnya sebagai Hagrid. Mana yang paling menjadi favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life