Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membersihkan Noda Gosong Panci dengan Mudah

Hanya butuh cuka dan soda kue saja!

Audia Natasha Putri

Wajan merupakan alat yang paling sering digunakan ketika memasak yang kerap meninggalkan noda gosong. Tentunya hal ini sangatlah menjengkelkan, apalagi jika noda gosong ini cukup tebal dan sulit dibersihkan.

Namun, kamu bisa menghilangkan noda gosong dengan mudah menggunakan cuka dan soda kue, nih! Fyi, cuka dan soda kue merupakan bahan dapur yang terkenal ampuh untuk membersihkan perkakas dapur.

Berikut ini cara membersihkan noda gosong di belakang wajan.

1. Gunakan sarung tangan

Pexels.com/Clay Banks

Soda kue merupakan bahan dapur serbaguna yang dapat dimanfaatkan sebagai pembersih. Sayangnya, soda kue mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi panas dan gatal ketika terkena langsung ke kulit. Untuk melindungi tangan, sebaiknya gunakan sarung tangan sebelum menaburkan soda kue.

2. Taburkan soda kue dan cuka ke bagian kerak

Youtube.com/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Setelah menggunakan sarung tangan, taburkan soda kue secara merata pada bagian belakang wajan yang berkerak. Lalu, tuangkan cuka makan sampai merata. Diamkan selama 15-30 menit agar noda kerak mulai melunak dan mudah dibersihkan.

Nah, campuran cuka makan dan soda kue ini nantinya menghasilkan reaksi kimia yang memproduksi busa dalam jumlah melimpah.

3. Beri cuka makan kembali pada wajan

Youtube.com/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Eits, reaksi kimia soda kue dan cuka ini hanya berfungsi untuk merontokkan kerak-kerak di bagian belakang wajan. Untuk membersihkannya, kamu perlu melapisi lagi bagian belakang wajan dengan cuka sampai merata.

4. Gosok dengan sabut baja

Youtube.com/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Selanjutnya, gosok bagian belakang wajan menggunakan sabut baja untuk merenggangkan noda kerak yang ada. Jika noda kerak masih sulit dibersihkan, kamu bisa kembali menyiramkan cuka ke bagian belakang wajan.

Ulangi proses ini sampai kerak benar-benar mulai lepas dari wajan.

5. Kikis noda kerak dengan pisau tajam

Youtube.com/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Agar lebih efektif lagi, kamu bisa memotong noda kerak gosong yang sudah melunak dengan pisau. Setelah itu, gosok kembali bagian belakang wajan menggunakan sabut baja sampai noda kerak benar-benar menghilang.

Ulangi cara ini sampai noda kerak benar-benar terangkat.

6. Bilas hingga bersih

Youtube.com/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Setelah kerak membandel sudah berhasil lenyap dari bagian belakang wajan, bilas sampai bersih dengan air mengalir dan sabun cuci piring. Lalu, keringkan wajan sebelum menyimpannya.

Nah, itu tadi cara menghilangkan noda gosong membandel di wajan. Meskipun tidak 100 persen bersih total, setidaknya cara sederhana ini cukup ampuh tanpa perlu membeli wajan baru. Semoga bermanfaat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life