Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Zhao Liying Dituduh Penggelapan Pajak, Bagaimana Kebenarannya?

Firma hukum Zhao Liying angkat bicara

Ajenk Rama

Masih segar di benak penggemar, kasus penggelapan pajak yang menyeret nama aktor terkenal asal Tiongkok bernama Deng Lun. Ia dinyatakan bersalah sesuai sesuai Hukum Pajak Penghasilan Perorangan Republik Rakyat Tiongkok dan didenda sebesar 106 juta yuan (setara Rp238 miliar). 

Dapat dikatakan kasus penggelapan pajak masih menjadi isu hangat di dunia hiburan Tiongkok. Beberapa artis sempat terseret kasus serupa dan memberikan dampak yang luar biasa. 

Baru-baru ini, Zhao Liying dituduh melakukan kasus penggelapan pajak mencapai ratusan miliaran rupiah. Ia diduga gagal bayar pajak dari tahun 2020-2021. Benarkah tuduhan penggelapan pajak yang diarahkan ke Zhao Liying? Berasal dari mana tuduhan ini? Bersumber dari Gamingsym.in, berikut kebenarannya di bawah ini. 

Bermula dari tuduhan seorang warganet

Twitter.com/zhaoliyings

Zhao Liying dikenal sebagai aktris asal Tiongkok, yang pernah membintangi beberapa drama Tiongkok, di antaranya; The Mystic Nine, Noble Aspirations, Princess Agents, hingga The Story of Minglan. Ia harus menghadapi tuduhan mengenai kasus penggelapan pajak. 

Seorang warganet Tiongkok mengunggah foto yang mengungkapkan bahwa Zhao Liying telah mengelak dan menghindari pajak sebesar 131 juta yuan (setara Rp296 miliar) pada 29 Maret 2022.

Berawal dari drama televisi, Who is The Murderer (2021) yang dibintangi sang aktris. Zhao Liying diduga menerima pembayaran aktual sebesar 156 juta yuan (setara Rp352 miliar) dari drama tersebut. Namun, tidak mengajukan pengembalian pajak dengan jujur. 

Dituduh gagal melaporkan pendapatan pribadi

Chinadaily.com

Tuduhan masih terus diarahkan ke Zhao Liying. Ia juga dituduh gagal melaporkan pendapatan pribadi sebesar 191 juta yuan (setara Rp431 miliar) dari tahun 2020 hingga 2021. Selain itu, Zhao Liying dirumorkan telah menghindari pajak lebih dari 40 juta yuan dan kurang bayar pajak lainnya lebih dari 20 juta yuan. 

Saat tuduhan miring tersebar di Weibo, banyak warganet Tiongkok tidak percaya akan kasus penggelapan pajak yang menyeret nama Zhao Liying. Mengingat reputasi dan kemampuan akting sang aktris di dunia hiburan Tiongkok. 

Salinan kasus Zhao Liying sama dengan Zheng Shuang

Chinaentertainmentnews.com

Di sisi lain, warganet lain menemukan bahwa isi dari salinan kabar penggelapan pajak Zhao Liying sama persis dengan kasus aktris penghindar pajak sebelumnya, yakni Zheng Shuang, dan beberapa nomor terakhir bahkan sama. Hanya terjadi perubahan kecil di nama serial televisi yang dibintangi oleh sang aktris, Zhao Liying. 

Firma hukum Zhao Liying segera bertindak

Breakinglatest.news

Mengetahui kliennya dijebak dengan isu tak berdasar, firma hukum dari Zhao Liying di Beijing segera mengambil tindakan tegas. Mereka menuliskan pernyataan sebagai berikut.

"Rumor dan fitnah secara terang-terangan menantang dasar hukum! Kami akan terus mengumpulkan bukti dan meminta pertanggung jawaban mereka sampai akhir! Kami tidak akan menoleransi hal ini."

Sementara itu, Biro Perpajakan Shanghai memberikan tanggapannya terkait rumor yang menimpa Zhao Liying. 

"Semua informasi tunduk pada situs web resmi. Jika ada situasi seperti itu, kami akan mengeluarkan pemberitahuan lanjutan. "

Duh, hati-hati dalam menyebarkan rumor tak berdasar di media sosial, Bela. Dampak dan konsekuensinya tidak main-main, lho!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Working Life