Dikenal lewat perannya di Because of Meeting You, Deng Lun merupakan aktor Tiongkok yang laris manis membintangi sejumlah drama. Ia menggeluti dunia akting sejak tahun 2013 dalam drama Tiongkok berjudul Flowers in Fog

Lulusan dari Akademi Teater Shanghai ini, sering meraih posisi teratas dalam rekor rating drama televisi untuk aktor generasi 90-an. Paras tampannya kerap disandingkan dengan aktor kenamaan Korea Selatan, yakni Park Seo Joon. 

Namun, ia baru saja membawa kabar tak sedap bagi penggemar. Deng Lun dilaporkan terjerat kasus penggelapan pajak pada 15 Maret 2022. Penggelapan pajak tersebut dikabarkan telah lama dilakukan oleh sang aktor. 

Benarkah Deng Lun melakukan penggelapan pajak hingga ratusan miliar? Melansir dari globaltimes.cn, berikut kronologi lengkapnya. 

1. Membuat pernyataan palsu

Didenda Rp238 Miliar, 6 Fakta Kasus Penggelapan Pajak Deng LunInf.news

Pada 15 Maret 2022, sebuah media Tiongkok mengabarkan bahwa Lembaga Inspeksi Keempat dari Perpajakan Shanghai tengah menyelidiki dan menangani kasus penggelapan pajak Deng Lun. 

Sang aktor dilaporkan membuat pernyataan palsu dengan mengalihkan penghasilannya ke bisnis fiktif dari tahun 2019 sampai 2020. Tak hanya itu, Deng Lun juga menghindari pajak penghasilan sebesar 48 juta yuan (setara Rp108 miliar).

Selama tahun tersebut, Deng Lun kurang bayar pajak penghasilan sebesar 14 juta yuan (setara Rp31 miliar). 

2. Bekerja sama dengan otoritas pajak

Didenda Rp238 Miliar, 6 Fakta Kasus Penggelapan Pajak Deng LunTwitter.com/deng_lun

Dalam proses pemeriksaan pajak, Deng Lun cukup kooperatif dan bekerja sama dengan otoritas pajak setempat. Ia berinisiatif untuk membayar pajak sebesar 45 juta yuan (setara Rp101 miliar). Selain itu, Deng Lun juga melaporkan pajak lain, yang sebelumnya tidak diketahui oleh badan perpajakan Tiongkok. 

3. Deng Lun dinyatakan bersalah dan didenda

Didenda Rp238 Miliar, 6 Fakta Kasus Penggelapan Pajak Deng LunTwitter.com/1021allendeng

Berdasarkan hasil investigasi, Deng Lun dinyatakan bersalah sesuai Hukum Pajak Penghasilan Perorangan Republik Rakyat Tiongkok. Ia didakwa atas penggelapan pajak, denda keterlambatan pembayaran, dan denda lainnya yang mencapai 106 juta yuan (setara Rp238 miliar). 

4. Deng Lun mengunggah permohonan maaf

Didenda Rp238 Miliar, 6 Fakta Kasus Penggelapan Pajak Deng LunWeibo.com/lubeiweida

Lantaran kontroversi tersebut, Deng Lun mengunggah surat permohonan maaf di akun Weibonya. Ia menyatakan bahwa dirinya akan melakukan introspeksi diri dan menyadari kesalahannya. 

Deng Lun juga menerima keputusan otoritas pajak setempat, dan akan bertanggung jawab atas kelalaiannya dalam pelaporan pajak. Namun, ia menyatakan bahwa kasus tersebut tidak akan menghalanginya untuk terus bekerja keras seperti biasa. 

5. Akun media sosial Deng Lun ditutup

Didenda Rp238 Miliar, 6 Fakta Kasus Penggelapan Pajak Deng LunBerbagai sumber

Menyusul permohonan maaf Deng Lun atas kasus penggelapan pajak, pemerintah Tiongkok langsung bertindak tegas. Semua akun media sosial Deng Lun seperti Douyin, Studio, dan Weibo telah ditutup. 

Hingga terakhir penutupan, akun Douyin Deng Lun telah mencapai 20 juta pengikut dan akun Weibo-nya memiliki 40 juta pengikut. Beberapa merek ternama  Gucci, Qingyang, Sulwhasoo, hingga Jiujiuya turut mengambil keputusan dengan membatalkan kontrak kerja sama. 

6. Drama Deng Lun dengan Krystal terancam batal

Didenda Rp238 Miliar, 6 Fakta Kasus Penggelapan Pajak Deng LunPinterest.com

Imbas kasus penggelapan pajak tak hanya dirasakan Deng Lun, tetapi juga merembet ke Krystal Jung. Drama Deng Lun dengan Krystal Jung berjudul Graduation Season terancam batal. 

Drama Korea-Tiongkok tersebut telah menyelesaikan proses syuting sejak tahun 2016. Saat itu, Krystal Jung dan Deng Lun sempat mempromosikan drama mereka beberapa kali. Namun, masalah THAAD membuat drama tersebut ditunda penayangannya.

Sayangnya kini, Graduation Season mustahil ditayangkan, mengingat konsekuensi seorang artis Tiongkok yang terkena skandal didepak dari dunia hiburan untuk selama-lamanya. 

Semoga kasus penggelapan pajak yang menimpa Deng Lun segera terselesaikan, ya, Bela.

Baca Juga: Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di Tiongkok

Baca Juga: Ramai Dibincangkan, Ini Perbedaan Cancel Culture di Korea dan Tiongkok

Baca Juga: 8 Artis ini Pernah Promosikan Trading Ilegal dan Judi Online