Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tersandung Kasus, 10 Artis Korea Ini Kena Cekal Stasiun Televisi

Sulit untuk bisa eksis lagi!

Ajenk Rama

Jika biasanya, seorang artis tersandung kasus namanya kian populer. Maka, kondisi ini berbeda dengan yang dialami oleh para artis Korea Selatan. Sulit bagi mereka untuk bisa kembali bersinar di dunia hiburan Korea Selatan apabila tersandung kasus dan kepercayaan publik menurun.

Dari sekian banyak artis Korea Selatan yang tersandung kasus, hanya segelintir artis yang masih dipercaya untuk tetap berkarya di dunia hiburan. Namun, sebagian besar dari mereka mengalami masa sulit, termasuk pencekalan dari stasiun televisi Nasional.

Alasan pencekalan artis Korea Selatan ini pun beragam, dari terlalu sering menimbulkan masalah, penyerangan terhadap warga sipil, hingga pelaku pelecehan. Lantas, siapa saja artis Korea Selatan yang terkena pencekalan dari stasiun televisi Nasional? Berikut daftar lengkapnya.

1. Park Yoochun

Pinterest.com

Dulunya, mantan anggota grup JYJ dan TVXQ merupakan aktor yang cukup bersinar. Ada beberapa drama Korea yang pernah ia bintangi, salah satunya Rooftop Prince. Sejak membintangi drama Korea tersebut, nama Park Yoochun melambung.

Namun, hasil kerja kerasnya selama bertahun-tahun terhempas saat dirinya tersandung berbagai kasus. Mulai dari pelecehan seksual, perjudian, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pelanggaran kontrak eksklusif, hingga menyebarkan informasi palsu. Banyaknya kontroversi yang dilakukan oleh Park Yoochun membuat pihak Pengadilan Distrik Pusat Seoul mengambil tindakan tegas.

Pengadilan melarang Park Yoochun untuk tampil atau terlibat di semua acara televisi dan melanjutkan aktivitas di dunia hiburan Korea Selatan. Bahkan, pengadilan menolak semua pembelaan yang diberikan oleh Park Yoochun.

2. Choi Jong Hoon

Hancinema.net

Tergabung dalam grup chat buatan Jung Joon Young, mantan anggota FT.Island ini pun terkena getahnya. Ia divonis bersalah karena kekerasan seksual, produksi, hingga distribusi konten pornografi secara ilegal dan menjalani masa hukuman penjara.

Pada 9 November lalu, Choi Jong Hoon baru saja menghirup udara bebas setelah menyelesaikan hukuman pidananya. Meski telah bebas, sulit bagi Choi Jong Hoon untuk bisa meniti karier lagi di dunia hiburan. Pasalnya, ia sama seperti Jung Joon Young yang dilarang untuk muncul atau terlibat di semua saluran televisi Nasional Korea Selatan.

3. Jung Joon Young

Hancinema.net

Pada Maret 2019, solois Jung Joon Young tertangkap basah telah melakukan tindakan kekerasan seksual terhadap beberapa perempuan, dengan merekam secara ilegal dan membagikan video rekaman tidak senonoh tersebut ke dalam grup chat tanpa persetujuan korban.

Saat ini, Jung Joon Young tengah menjalani masa hukuman penjara. Akibat tindak kejahatannya tersebut, ia dilarang tampil di seluruh stasiun televisi Nasional Korea Selatan.

Tak hanya itu, sangat kecil kemungkinan bagi Jung Joon Young bisa kembali berkarier di dunia hiburan Korea Selatan setelah bebas dari penjara. Apalagi, warganet Korea sangat mengecam pelaku pelecehan seksual untuk tampil di hadapan publik.

4. Uhm Tae Woong

Hancinema.net

Bagi kamu penggemar drama Korea lawas, Sassy Girl Chun Hyang (2005) tentu tidak akan menyangka apabila aktor veteran ini turut tersandung kasus pelecehan seksual. Yup, tepatnya tahun 2016 silam, Uhm Tae Woong dituntut oleh seorang pegawai perempuan di sebuah tempat pijat karena melakukan pelecehan terhadapnya.

Kala itu, sang aktor divonis tidak bersalah atas tuduhan tersebut. Tetapi, ia dinyatakan bersalah atas dakwaan prostitusi, karena pengadilan menyatakan bahwa panti pijat yang dikunjungi Uhm Tae Woong adalah fasilitas ilegal. Uhm Tae Woong terkena hukuman denda 1.000 dollar.

Usai dakwaan tersebut, Uhm Tae Woong mencoba kembali berakting lewat film independen tahun 2017. Tetapi, penampilannya tdiak mendatangkan kesuksesan sama sekali dan istri Uhm Tae Woong masih sering mendapat sindiran dari warganet karena ulah suaminya di masa lalu. Hingga saat ini, Uhm Tae Woong masih dilarang tampil di beberapa stasiun televisi Nasional.

5. Kang Ji Hwan

Hancinema.net

Pernah membintangi drama Korea, Lie To Me (2011), Kang Ji Hwan harus merasakan pahitnya dicekal stasiun televisi Nasional akibat tindak kejahatannya sendiri. Pada 2019, sang aktor ditangkap di rumahnya saat melakukan percobaan pelecehan seksual terhadap dua orang staf perempuan. 

Kang Ji Hwan mengaku bahwa dirinya melakukan pelecehan dan pemerkosaan. Sang aktor sempat akan dipenjara, tetapi hukuman pidananya ditangguhkan dengan tiga tahun masa percobaan. Tak hanya kena cekal, tetapi Kang Ji Hwan juga didepak dari sebuah drama Korea dan dipecat secara tidak hormat oleh agensi yang menaunginya.

6. Go Young Wook

Koreaboo.com

Mantan anggota Roo'Ra divonis bersalah karena melakukan pelecehan dan kekerasan seksual terhadap tiga remaja di bawah umur yang berusia 14 dan 19 tahun pada 2013 silam sebanyak lima kali.

Semua tuduhan tersebut diakui oleh Go Young Wook dan ia menjalani masa hukuman penjara selama dua tahun enam bulan. Pada Juli 2015, ia menghirup udara bebas dan memakai monitor GPS di mata kakinya untuk memantau perilakunya hingga Juli 2018. Dengan beratnya kasus yang dialami, Go Young Wook dilarang tampil di semua saluran televisi Nasional Korea Selatan.

7. Lee Kyung Young

Imbd.com

Jika kamu pernah menonton drama Korea, Vagabond (2019) pasti tidak asing dengan paras aktor veteran satu ini yang divonis bersalah karena kasus prostitusi di bawah umur pada 2002 lalu.

Lee Kyung Young memanipulasi dan mengeksploitasi aktris pendatang baru di bawah umur, untuk berhubungan badan dengannya di tiga lokasi berbeda, dengan imbalan bisa mendapat pernah di film yang akan ia bintangi nantinya.

Ia dijatuhi hukuman penjara selama 10 bulan dengan dua tahun masa percobaan, serta 160 jam sebagai petugas pelayanan publik. Lee Kyung Young juga sempat dilarang tampil di seluruh saluran televisi Nasional, hingga MBC mencabut larangan tersebut di tahun 2014 dan SBS di tahun 2019. Tetapi, masih ada dua stasiun televisi yang tetap tegas tidak akan memunculkan wajah Lee Kyung Young, yakni KBS dan EBS.

8. Song Young Chang

Hancinema.net

Pada tahun 2000-an, publik Korea Selatan dihebohkan dengan tindak kejahatan dari aktor veteran Song Young Chang yang divonis bersalah atas kasus prostitusi di bawah umur. Dengan imbalan 150 dolar, ia membayar seorang perempuan muda berusia 16 tahun untuk melakukan hubungan badan di dalam mobilnya sebanyak dua kali.

Song Young Chang pun dijatuhi hukuman 10 bulan penjara dengan masa percobaan dua tahun. Usai bebas, ia pindah ke Kanada bersama keluarganya dengan alasan kursus bahasa asing. Tak lama setelah itu, Song Young Chang mencoba peruntungan dengan berakting di teater. Tapi, untuk bisa kembali ke layar kaca sulit lantaran ia telah dicekal di stasiun televisi Nasional, dari KBS hingga MBC.

9. Han Ji Sun

Hancinema.net

Bintang muda dari drama Korea, Black Knight: The Man Who Guards juga merasakan pencekalan dari stasiun televisi KBS pasca dirinya ketahuan berperilaku kasar terhadap supir taksi. 

Saat kontroversinya terbongkar, Han Ji Sun diketahui dalam kondisi mabuk dan membuat ulah di dalam taksi. Bahkan, ia dilaporkan memukul sang supir dengan benda keras. Ia membuat kegaduhan karena Han Ji Sun menduga sang supir tak membawanya ke tempat yang dituju. 

Ketika dilaporkan ke pihak kepolisian, Han Ji Sun semakin tidak terkendali dan berani menampar hingga menendang petugas. Akibatnya, ia juga didepak dari drama terbarunya saat itu berjudul The Secret Life of My Secretary

10. Kim Byung Ok

Hancinema.net

Sempat membintangi drama Korea, What's Wrong With Secretary Kim (2018), Kim Byung Ok tersandung skandal karena mengemudi bawah pengaruh alkohol dan berurusan dengan polisi. 

Tak sampai di situ, aktor senior ini juga ditangkap di area parkir apartemennya dan menerima denda sebesar 2 juta won atau sekitar Rp24,1 juta. Ia juga mundur dari drama Korea yang akan dibintangi saat itu berjudul Legal High dan mendapat pencekalan dari stasiun televisi KBS akibat skandalnya di masa lalu. 

Wah, sulit untuk bisa kembali ke layar kaca, nih! Dari artis Korea yang terkena cekal, ada yang pernah kamu tonton drama Koreanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life