Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jarang Diketahui Fans, 8 Hal Tersembunyi dari SHINee yang Memukau

Time to SHINee Back's!

Ajenk Rama

Salah satu grup generasi kedua, SHINee akhirnya kembali menyapa penggemar dengan merilis foto teaser untuk album terbaru bertajuk Don't Call Me. Perilisan album terbaru SHINee usai menyelesaikan wajib militer disambut meriah, oleh Shawol (sebutan penggemar SHINee). 

Berkarier sejak 2008 silam, sudah banyak prestasi yang diraih oleh SHINee. Dari sekian banyak prestasi yang didapat SHINee, sebenarnya ada hal tersembunyi dari SHINee yang tidak semua penggemar ketahui, terutama untuk penggemar baru, nih.   

Mungkin kamu berpikir telah mengetahui semua hal tersembunyi tentang SHINee, tapi kenyataannya bisa saja tidak demikian. Jadi, penasaran hal tersembunyi yang memukau dari SHINee? Intip daftarnya di bawah, Bela. 

1. Memulai tren video musik tari di belakang layar

Soompi.com

Saat ini, kamu pasti sering melihat video musik tari di belakang layar yang terpopular dari grup Kpop yang disukai. Bahkan, ada video musik latihan tari grup Kpop mencapai 400 juta views di YouTube. Keren banget, kan!

Meskipun, SHINee bukan artis pertama yang merekam video tari di belakang layar, namun latihan tari "Replay" mereka menjadi video latihan tari pertama yang sengaja dirilis, bahkan video tersebut masih menjadi tren yang cukup kuat 13 tahun kemudian, nih. 

2. Meraih predikat Rookie Grand Slam

Facebook.com/525shinee

Meraih penghargaan bergengsi kategori Rookie of The Year saja sudah cukup mengesankan untuk grup Kpop pendatang baru, namun hebatnya SHINee berhasil meraih kemenangan penuh di berbagai acara musik. 

Sebut saja, penghargaan kategori Rookie of the Year yang sukses disabet SHINee di lima ajang musik, seperti Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards, GAON Chart Music Awards, dan Seoul Music Awards

Penghargaan tersebut mengantarkan SHINee ke predikat Rookie Grand Slam. Saat ini, hanya ada sekitar lima grup Kpop yang mencapai predikat Grand Slam, yakni TXT dan ITZY di 2019 lalu, Wanna One di 2017 silam, dan iKON di 2015 silam. Namun, SHINee tetap menjadi grup Kpop pertama dengan predikat Rookie Grand Slam di tahun 2008.

3. Grup pertama yang masuk peringkat Billboard

Dkpopnews.net

Tahun 2020 menjadi tahun paling bersinar di musik Kpop dalam tangga lagu Billboard Amerika Serikat, pasalnya ada dua lagu BTS yang menyapu bersih tangga lagu teratas kategori Hot 100.

Jauh sebelum tahun 2020, SHINee menggebrak pasar musik Amerika dengan album trilogi-bertajuk The Misconceptions of Us. Saat itu, nama SHINee dan musik Kpop belum terlalu besar di kancah Internasional, tetapi lagu SHINee sukses meraih posisi ke-10 di tangga lagu World Album Artist pada 2013 silam.

4. Semua anggota lulusan dari kampus bergengsi

Koreaboo.com

Tidak mudah membagi waktu dengan tepat antara karier dan pendidikan agar bisa seimbang. Tetapi, SHINee membuktikan bahwa mereka bisa menyeimbangan pendidikan dan karier secara bersama-sama. 

Meski dipadati dengan perilisan lagu-lagu hits pada zamannya, semua anggota SHINee tetap meluangkan waktu untuk belajar dan meraih gelar pascasarjana. Contohnya, Jonghyun mempunyai gelar magister di jurusan musik dan film dari Universitas Myongji, sama seperti Taemin. 

Key memperoleh gelar magisternya di Universitar Woosuk jurusan pengembangan konten budaya dan pendidikan. Anggota tertua, Onew berhasil meraih gelar magister di bidang musik praktis dari Universitas Chungwoon. Terakhir, dia kembali melanjutkan pendidikan dan menerima gelar Ph.D di penyiaran musik. 

Sementara, aktor berbakat, Choi Minho menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Konkuk jurusan film dan akting. Bahkan, Minho sempat menjadi model untuk majalah kampusnya. 

5. Pernah terkena skandal 'asmara' dengan TVXQ

Koreaboo.com

Hubungan asmara kehidupan idol Kpop selalu menjadi bahan yang dinanti, namun ada satu skandal 'asmara' cukup unik dan tidak bisa dipercaya, karena melibatkan Minho, salah satu anggota dengan visual sangat menawan. 

Skandal 'asmara' ini akan membuat Shawol terasa bernostalgia dan tertawa mendengar kabar ini. Pasalnya, salah satu media Jepang sempat salah mengira mengenai skandal asmara dari Changimin 'TVXQ'. Media Jepang menduga bahwa Changmin'TVXQ' tengah berkencan dengan seorang perempuan misterius dengan rambut panjang sebahu. 

Tanpa disangka, perempuan yang dimaksud oleh media Jepang tersebut adalah Minho 'SHINee' yang saat ini sedang memanjangkan rambutnya untuk promosi lagu terbaru. Yaah, gagal menangkap rumor, deh!

6. Memiliki suara tinggi di bidang vokal

Twitter.com/iamshaaaeng

Sebagai grup generasi kedua yang mempunyai warna dan ciri khas tersendiri, hampir semua anggota SHINee memiliki suara yang indah dan sanggup mencapai nada tinggi dengan sangat stabil. 

Tidak hanya Jonghyun, tapi vokalis utama sekaligus leader SHINee, Onew juga mempunyai kemampuan menyanyi yang mengesankan. Jangakuan vokal Onew saat bernyanyi bisa mencapia tiga oktaf dan dua nada, lho. Ia juga dikenal dengan vokal merdu dan lembutnya. 

Selain itu, nada tinggi Onew sempat menjadi perbincangan karena ia bernyanyi selama empat puluh detik dan sukses memegang rekor nada tertinggi terpanjang di Kpop, ketika bernyanyi. Luar biasa!

7. Berkontribusi di majalah mode bergengsi

Koreaboo.com

Berbicara soal mode, maka Key 'SHINee' juaranya di grup. Laki-laki yang lahir di Daegu ini memang sudah dikenal dengan gaya yang fashionable. Bakatnya memadu-madankan menjadi lebih chic dan keren, kerap mendapat pengakuan dari berbagai kalangan, tidak hanya dari penggemar saja. 

Majalah mode sekelas ELLE saja memberi ruang untuk Key menuliskan pemikirannya mengenai fashion di laman majalahnya. Tepat di tahun 2016, ELLE menyedikan kolom khusus untuk Key 'SHINee' dengan tajuk Key Story, kolom tersebut dirilis setiap dua mingguan, dengan bahasan berbagai topik tentang dunia mode. 

Tidak hanya itu, Key yang jatuh hati pada fashion, juga menulis tesis magisternya mengenai mode, lho. Sebuah passion lain yang menjadi kenyataan untuk seorang Key 'SHINee'.

8. Sempat memiliki band sendiri

Seventeen.com

Sebelum bergabung dengan SHINee di usia 18 tahun, mendiang Jonghyun sudah lebih dulu mencintai dunia musik sejak masih remaja. Saat masih sekolah, mendiang Jonghyun sempat memiliki band yang berisikan dirinya dengan teman-teman semasa sekolah. 

Pada tahun 2005 silam, ketika Jonghyun berusia 15 tahun, SM Entertainment melihat bakat musik dalam dirinya saat ia memainkan sebuah lagu di festival bersama dengan band-nya terdahulu. Pantas rasanya jika musik menjadi satu bagian yang tidak pernah bisa dipisahkan dari mendiang Jonghyun. Kecintaannya terhadap musik sungguh luar biasa, ya. 

Itulah 8 hal tersembunyi dari SHINee yang memukau dan tidak semua penggemar mengetahuinya. Menurut kamu, hal tersembunyi apalagi yang ada di grup SHINee, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life