Kabar meninggalnya salah satu personel boyband Korea SHINee yaitu Kim Jonghyun masih meninggalkan duka yang begitu mendalam bagi banyak orang, termasuk keluarga, rekan kerja serta penggemar. Jonghyun yang mengakhiri hidupnya pada tanggal 18 Desember 2017 lalu. Sejak hari Selasa kemarin tanggal 19 Desember 2017, acara persemayaman selama 3 hari digelar di Asan Medical Center. Acara tersebut merupakan kesempatan bagi penggemar untuk mengenang sekaligus memberikan penghormatan terakhir kepada idola yang telah menjadi inspirasi mereka selama ini.

Lalu apa saja yang telah terjadi selama persemayaman Jonghyun? Berikut rangkumannya.

1. Dihadiri oleh 10 ribu penggemar

Diiringi Tangis, Ini 5 Fakta Pemakaman Jonghyun 'SHINee'Onehallyu.com

Persemayaman yang digelar selama 3 hari memberikan kesempatan kepada penggemar untuk datang. Pihak rumah sakit pun memberikan batasan jam kunjungan karena banyaknya penggemar yang masuk. Meski nggak bisa menghitung jumlah orangnya secara pasti, namun pihak rumah sakit mengklaim sekitar 10 ribu penggemar datang ke tempat persemayaman tersebut.

2. Dihadiri teman-teman artis

Diiringi Tangis, Ini 5 Fakta Pemakaman Jonghyun 'SHINee'Allkpop.com

Jonghyun rencananya akan dimakamkan pada hari ini, 21 Desember 2017. Selama masa persemayaman, Jonhyun dikunjungi oleh teman-teman sesama artis baik yang berasal dari agensi yang sama maupun dari luar SM Entertainment. Penyanyi IU dan boyband BTS serta NCT hadir dan memberikan penghormatan terakhir kepada Jonghyun. Sedangkan Krystal, Luna, Yoona, BoA, EXO, dan mantan kekasih Jonghyun yaitu Shin Se Kyung juga nggak bisa menyembunyikan kesedihannya di hari itu.

3. Salam perpisahan dari para bintang SM Entertainment

Diiringi Tangis, Ini 5 Fakta Pemakaman Jonghyun 'SHINee'Koreaboo.com

Dalam sebuah video yang dirilis TongTongTV, rekan-rekan seperjalanan Jonghyun menemani Jonghyun pergi menuju tempat peristirahatannya. Dalam video tersebut, Minho terlihat berada di depan memimpin rombongan yang membawa peti jenazah, lalu disusul oleh kakak perempuan Jonghyun, Kim Sodam, yang membawa potret wajah Jonghyun. Di bagian belakang terlihat Taemin, Donghae, Eunhyuk, Key, Onew dan Leeteuk membawa peti Jonghyun menuju mobil.

4. Dimakamkan secara tertutup

Diiringi Tangis, Ini 5 Fakta Pemakaman Jonghyun 'SHINee'Teenvogue.com

Pagi ini, Jonghyun dimakamkan secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga dan teman dekat Jonghyun. Pihak keluarga dan agensi sepakat untuk nggak membeberkan di mana jasad Jonghyun akan dimakamkan demi menjaga privasi.

5. Harapan dari idola Kpop

Diiringi Tangis, Ini 5 Fakta Pemakaman Jonghyun 'SHINee'Soompi.com

Kematian Jonghyun nggak hanya menyita perhatian para penggemar, tapi juga dari orang-orang yang menggeluti profesi yang sama seperti Jonghyun. Salah satu personel girlband Apink yaitu Eun Ji merasa sudah waktunya bagi industri Kpop untuk lebih memerhatikan kesehatan mental. “Ku harap baik idola dan industri hiburan akan tumbuh untuk mendukung kesehatan fisik dan mental supaya sesuatu seperti ini nggak terulang kembali,” seperti yang dikutip Metro.

Selamat jalan, Jonghyun. Terima kasih sudah berbagi inspirasi, mimpi dan semangat kepada kami selama ini. Rest in peace.

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal pernah berpikir untuk bunuh diri, hubungi Layanan Telepon Pencegahan Bunuh Diri di nomor (021)7256526, (021)7257826, (021)7221810.

BACA JUGA: Sedih, Ini 7 Momen Manis dan Tak Terlupakan dari Jonghyun ‘SHINee’​