Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fantastis, 10 Idol Kpop Ini Sekolah dengan Biaya Termahal versi TMI

Totalnya mencapai miliaran rupiah, lho!

Ajenk Rama

Sebuah program televisi berjudul 'TMI News' yang disiarkan oleh Mnet baru saja merilis daftar idol Kpop yang bersekolah dengan biaya termahal. Meski biaya yang dikeluarkan oleh orang tua idol Kpop ini sangat fantastis, namun fasilitas dan kurikulum pendidikan yang diberikan oleh pihak sekolah super lengkap. 

Nggak heran, kalau para siswa dari sekolah tersebut menjadi sosok alumni yang berhasil di bidang musik. Selain itu, terungkap pula besaran biaya yang dikeluarkan oleh orangtua idol kpop untuk membayar uang sekolah mereka. Kira-kira, siapakah idol Kpop dengan biaya sekolah termahal? Berapa total biaya uang sekolah mereka saat menempuh pendidikan? Intip daftar lengkapnya versi TMI di sini. 

1. Ten 'NCT/WAYV'

Soompi.com

Tergabung dalam agensi SM Entertainment, Ten yang memiliki nama lengkap Chittaphon Leechaiyapornkul merupakan idol yang berasal dari Thailand. Sebelum resmi debut dengan grupnya saat ini, Ten menempuh pendidikan di sekolah Internasional Shrewsbury, Thailand selama 10 tahun.

Sekolah Internasional Shrewsbury didasarkan pada kurikulum nasional bahasa Inggris. Fasilitas yang ditawarkan oleh sekolah ini sangat lengkap dari perpustakaan dengan 40.000 buku, ruang musik, ruang tari, aula senam, hingga lapangan tenis.

Selama bersekolah, Ten mendapatkan pendidikan yang terbaik. Secara total, kedua orangtua Ten membayar uang sekolah sebesar 288 juta won atau setara Rp3,7 miliar. Wah, jumlah yang sangat fantastis, kan.  

2. Jackson 'GOT7'

Nacionrex.com

Memiliki banyak prestasi di berbagai bidang dari olah raga hingga musik, putra dari Sophia Zhou ini menempuh pendidikan di sekolah Internasional Amerika, Hong Kong. Selama bersekolah di sana, total biaya sekolah Jackson 'GOT7' mencapai $1,631,680 Dollar Hong Kong atau sekitar Rp3 miliar. Luar biasa! 

Tahun 2019 lalu, Jackson 'GOT7' menyempatkan diri untuk berkunjung ke sekolah lamanya bersama dengan kedua orangtuanya. Ia juga ikut menonton sesi latihan musik adik tingkatnya, berbagi cerita, hingga berfoto bersama mereka. 

3. Wendy 'Red Velvet'

Dbkpop.com

Memulai debutnya bersama Red Velvet, Wendy sempat bersekolah di sekolah Shattuck-St.Mary yang merupakan sekolah asrama. Sekolah tersebut berlokasi di Faribault, Minnesota, Amerika yang didirikan pada 1858. 

Jumlah siswa di sekolah Shattuck-St.Mary tidak lebih dari 14 siswa dalam satu kelas. Wendy pun mengenyam pendidikan selama dua tahun. Saking eksklusifnya, total biaya sekolah Wendy 'Red Velvet' mencapai 184 juta won atau setara Rp2,4 miliar.  

4. Krystal Jung

Koreajoongangdaily.com

Debut bersama F (x) di 2009 silam, Krsytal Jung yang merupakan kelahiran San Fransisco, California, Amerika, pernah menempuh pendidikan di sekolah Internasional Korea Kent, kemudian ia melanjutkan pendidikan ke sekolah Hanlim Multi Arts, Korea. Selama bersekolah, total biaya sekolah Krystal Jung mencapai Rp1,8 miliar. 

5. Jaehyun 'Golden Child'

Soompi.com

Bernaung di bawah agensi Woolim Entertainment, idol kelahiran tahun 1999 ini mengenyam pendidikan di Chicago, Amerika, lalu ia melanjutkan pendidikannya di sekolah Hanlim Multi Arts, Korea. Selama bersekolah, total biaya yang dikeluarkan oleh orang tua Jaehyun 'Golden Child' ditaksir mencapai Rp1,4 miliar. 

6. Aron 'Nu'est'

Kpop.asiachan.com

Dikenal sebagai anggota dari grup Nu'est, laki-laki yang lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat ini juga menempuh pendidikan di sekolah elit dengan biaya termahal. 

Aron 'Nu'est' diketahui bersekolah di sekolah menengah atas Loyola, Los Angeles, yang merupakan sekolah swasta Katolik Roma untuk anak laki-laki. Sekolah ini dibangun pada 1965 dan menjadi lembaga pendidikan tertua di sana. 

Selama bersekolah, Aron 'Nu'est' tidak hanya menerima pendidikan terbaik, namun ia juga melakukan pelayanan kepada masyarakat. Sekolah Loyola memiliki sejarah sukses di bidang atletik. Lengkapnya fasilitas yang diberikan, kedua orangtua Aron 'Nu'est' rela merogoh kocek hingga sekitar Rp1,2 miliar untuk total biaya sekolah sang anak. 

7. G-Dragon

Kpopstarz.com

Debut bersama Big Bang di bawah naungan YG Entertainment, G-Dragon yang telah menuntaskan pendidikannya hingga jenjang S3. Ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Kukje Cyber, serta S2 dan S3 di Universita Sejong, Korea Selatan.

Tidak hanya itu, G-Dragon yang dikenal sebagai idol Kpop generasi kedua yang cukup sukses di berbagai bidang, ternyata total biaya pendidikannya selama ini mencapai Rp1 miliar. 

8. Dohyon 'BAE173'

Mottokorea.co.kr

Pemilik nama lengkap Nam Do Hyon yang kembali meniti karier di grup barunya, 'BAE173' tercatat sebagai lulusan dari sekolah elit bernama sekolah Internasional St.Mary yang berlokasi di Setagaya, Tokyo, Jepang. Sekolah Internasional St.Mary merupakan sekolah khusus anak laki-laki dengan bahasa pengantar utama, yakni bahasa Inggris.

Tak hanya itu, sekolah ini juga mempunyai fasilitas super mewah untuk siswanya. Mulai dari kolam renang, lapangan atletik, aula serbaguna yang besar, serta lapangan bola dengan rumput sintetis. Selama bersekolah, kedua orang tua Dohyon 'BAE173' menggelontorkan uang dengan total biaya mencapai Rp842 juta. 

9. Jake 'ENHYPEN'

Pinterest.com

Dikenal dengan sebutan 'Anak Sultan', Jake 'ENHYPEN' yang merupakan idol Kpop berdarah campuran Korea-Australia pernah mengenyam pendidikan di sekolah Dwight, Mapo-gu.

Sekolah Jake merupakan sekolah Internasional dengan biaya termahal di Korea Selatan. Jake 'ENHYPEN' memang  terlahir dari kalangan silver spoon alias keluarga konglomerat. Diketahui, total biaya sekolah yang dikelurkan oleh orang tua Jake 'ENHYPEN' mencapai Rp646 juta. 

10. Winwin 'NCT/WAYV'

Twitter.com/winwinpics

Menjadi salah satu idol Kpop yang berbakat di SM Entertainment, Winwin yang saat ini tengah berpromosi bersama grupnya, WayV mengenyam pendidikan di sekolah bergengsi sejak sekolah dasar. Kedua orang tua Winwin menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya.

Pantas saja jika total biaya sekolah Winwin cukup fantastis, yakni sebesar Rp399 juta. Dengan pendidikan yang ketat dan nilai sempurna, Winwin berhasil diterima di empat perguruan tinggi terbaik dan terpopuler di Tiongkok, lho.

Di antara empat perguruan tinggi tersebut, Winwin memilih untuk melanjutkan pendidikannya di The Central Academy of Drama yang merupakan akademi dengan banyak artis dan alumni terkenal di dalamnya. 

Itulah deretan idol Kpop biaya sekolah termahal versi TMI News. Kalau versi kamu, idol Kpop mana yang juga bersekolah dengan biaya termahal, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life