Satu pertanyaan: apa yang akan kamu lakukan jika kamu lolos audisi dan berhasil melewati masa training hingga debut menjadi artis Korea? Mungkin, kamu akan mempertimbangkan beberapa hal mulia seperti membantu ekonomi keluarga atau justru bersenang-senang.

Tapi, selain itu, apakah kamu akan tetap memikirkan posisimu di dunia pendidikan? Seperti meneruskan jenjang pendidikan setinggi mungkin. Tahukah kamu? Hal itulah yang nyatanya dilakukan oleh beberapa artis Korea.

Yup, meskipun para artis Korea telah meraih kesuksesan sekaligus popularitas tingkat global, mereka masih berminatmeneruskan jenjang pendidikan hingga S2, lho! Siapa saja?

1. Jin BTS

Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2Dok. Internet

Populer dan berprestasi hingga tingkat internasional, para anggota BTS-pun memberi pengaruh positif bagi dunia, termasuk anggota tertua bernama Jin.

Selain berbakat dan berpenampilan menarik, Jin ternyata cukup berprestasi di dunia pendidikan. Selepasnya mengenyam S1 Departemen Perfilman di Universitas Konkuk, Jin melanjutkan jenjang pendidikan magister di Hanyang Cyber University pada 2017 lalu.

2. Xiumin EXO

Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2Dok. Internet

Perlu diakui bahwa EXO merupakan salah satu grup musik Korea Selatan yang memberi rentetan kontribusi positif bagi negara. Tentu, setiap anggota sadar akan hal tersebut dengan selalu memberikan yang terbaik bagi penggemar dan negara. Termasuk Xiumin.

Membangun sikap profesional, Xiumin nyatanya berupaya untuk terus mengembangkan dirinya menjadi sosok yang berguna. Terbukti dari program magister di Universitas Chatolic Kwandong yang telah diselesaikannya pada 2014. Di sana, ia mempelajari seni musik.

Menariknya, Xiumin diketahui tidak cepat puas untuk belajar lebih gigih lagi. Menurut laporan media lokal, Xiumin diketahui telah mendaftar program doktoral di Universitas Hoseo untuk meningkatkan wawasannya terkait ilmu seni musik.

3. Kyuhyun Super Junior

Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2Dok. Internet

Popularitas dunia musik Kpop tentu terjadi secara bertahap. Sebelum grup musik era Millennial berkembang, Super Junior adalah salah satu grup musik Kpop yang awalnya memperkenalkan dan mengangkat nama Kpop hingga ke kancah internasional.

Sehingga, semua orang cukup mengenal nama Kyuhyun sebagai maknae. Yup, tampan dan pintar adalah ciri khasnya. Bagaimana tidak! Dengan kelihaiannya di bidang musik, Kyuhyun mengambil program S2 jurusan postmodern music di Universitas Kyunghae pada 2013.

4. Taeyang BIGBANG

Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2Dok. Elle Korea

Melirik nama-nama grup musik Kpop pada generasi kedua, kamu pasti mengingat BIGBANG yang turut melibatkan sosok Taeyang sebagai anggota yang andal dalam bermusik ,sekaligus terkenal dengan kepribadian yang cukup baik.

Selain itu, apakah kamu tahu bahwa Taeyang juga sangat mementingkan dunia pendidikan? Terbukti dari record pendidikannya yang mengungkapkan bahwa ia merupakan lulusan S2 di bidang Producing Performance and Images di Universitas Budaya dan Seni Daejin.

5. Taecyeon 2PM

Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2taecyeonfanid.wordpress.com

"I'll be back" adalah sepenggal lirik yang dipopulerkan oleh Taecyeon dan anggota 2PM lainnya. Tentu, kamu masih mengingat bagaimana kelihaian mereka dalam bernyanyi dan menari dengan sangat lincah. 

Namun, apakah perhatianmu cukup peka untuk mengetahui bahwa Taecyeon sangat berprestasi di dunia pedidikan? Bayangkan saja, Taecyeon sempat mengambil S2 jurusan Administrasi Bisnis Internasional di Korea University Graduate School.

Jadi, terbukti sekali ya, para artis korea tergolong sangat berpendidikan, setuju?

Baca Juga: Albert Einstein Terendah, Ini 10 Orang dengan IQ Tertinggi di Dunia

Baca Juga: Cerdas Hingga Jenius, 5 Artis Korea Ini Memiliki IQ di Atas Rata-Rata

Baca Juga: Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi Pendidikan