Berprofesi sebagai seorang artis kerap kali dipandang hanya mengandalkan fisik semata untuk mendapatkan popularitas. Tak jarang pula, bermodalkan sensasi dan gaya hidup yang mewah menjadikan profesi seorang artis belum dapat dijadikan sosok panutan oleh masyarakat. 

Namun, anggapan negatif tersebut justru berbanding terbalik dengan beberapa artis muda tanah air ini. Mereka rela meninggalkan kariernya di Indonesia demi mengutamakan pendidikan. Bahkan, di antaranya ada yang menjabat sebagai seorang manajer di Kanada. 

Meraih kesuksesan dan ketenaran di dunia hiburan bukan berarti mereka abai akan masa depan dan pentingnya pendidikan. Pendidikan tetap jadi prioritas utama mereka dalam menjalani dunia karier.  Siapa saja mereka? Ini dia kelima artis muda tanah air yang mengutamakan pendidikan di tengah puncak kariernya.

1. Gisela Cindy

Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi PendidikanInstagram.com/giselacindy12

Masih ingat dengan pemeran antagonis dari sinetron Tangisan Anak Tiri? Adik dari Gracia Indri ternyata sudah cukup lama meninggalkan kariernya di dunia hiburan demi menempuh pendidikan di luar negeri.

Hampir 9 tahun, wajahnya tak lagi menghiasi layar kaca. Perempuan kelahiran 1994 itu menamatkan pendidikannya di Vancouver Film School  jurusan Film Production pada tahun 2015. Mencintai dunia pendidikan, ia kembali melanjutkan sekolahnya di Humber College jurusan Fashion Design dan lulus di tahun 2018. 

Dengan langkah cukup berani, Gisela memilih menetap di Kanada dan mengejar karier barunya sebagai seorang manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Kanada. 

2. Gita Gutawa

Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi PendidikanInstagram.com/gitagut

Putri dari seorang komponis Edwin Gutawa tidak hanya popular karena parasnya yang cantik dan bakat menyanyinya yang mumpuni. Namun, Gita juga terkenal sebagai sosok perempuan yang memperjuangkan pendidikan. 

Meski kala itu, kariernya di dunia musik tengah mendapat perhatian dari masyarakat. Tapi, Gita memilih vakum sejenak dari rutinitasnya sebagai seorang musisi agar bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. 

Selepas SMA, Gita sudah punya tekad yang kuat untuk belajar di universitas luar negeri. Terbukti, ia berhasil meraih gelar master dari London School of Economics and Political Science (LSE) di Inggris melalui program beasiswa. 

Baginya, sekolah merupakan tempatnya mengembangkan diri, meningkatkan disiplin dalam diri, melihat dunia luar dari sudut pandang yang berbeda, dan melatihnya berpikir kritis.  

3. Cinta Laura

Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi PendidikanInstagram.com/claurakiehl

Mungkin kamu masih ingat dengan sosoknya yang menjadi viral karena jargonnya "mana hujan becek, nggak ada ojek" dan menjadi sasaran bullying dari warganet. Kini, Cinta Laura sukses membuktikan kepada publik bahwa dirinya adalah artis muda yang berprestasi. 

Di tengah kariernya yang naik daun, Cinta Laura meninggalkan Indonesia demi melanjutkan studinya di Columbia University pada tahun 2010. Ia mengambil jurusan Psikologi dan Sastra Jerman. Dalam waktu 3 tahun, Cinta berhasil meraih 2 gelar sarjana dengan predikat cum laude, lho

Menariknya, gelar yang didapat oleh Cinta Laura ini hanya diberikan ke sekitar 20% dari lebih dari 1.000 mahasiswa Columbia yang lulus di tahun 2014. Nggak hanya gemilang soal pendidikan, Cinta Laura juga sempat main film layar lebar di negeri Paman Sam yang berjudul After The Dark dan The Ninth Passenger

4. Ranty Maria

Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi PendidikanInstagram.com/rantymaria

Dara manis yang menjadi primadona di sinetron Anak Langit pun memutuskan hengkang sementara dari dunia hiburan untuk fokus pada pendidikannya. Baginya, mengejar pendidikan sama pentingnya mengejar karier. 

Oleh karena itu, ia berusaha untuk tak meninggalkan pendidikan utama. Di saat pamor keartisannya meningkat, Ranty Maria memilih rehat dari dunia hiburan Indonesia. Ia sempat mengambil kelas perkuliahan di Korea. 

Persiapan yang dilakukannya buat belajar di sana, nggak tanggung-tanggung, lho. Ranty belajar bahasa Korea lebih dulu untuk menjunjang aktivitas kuliahnya. Di Korea sendiri, ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di salah satu universitas. 

5. Amanda Rawles

Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi PendidikanInstagram.com/amandarawles

Aktris kelahiran tahun 2000, yang terkenal lewat perannya di Dear Nathan rupanya tak melupakan pendidikan meski popularitas yang dirasakan tengah meroket. Bulan Maret 2020 kemarin, ia mantap untuk vakum dari dunia yang telah membesarkan namanya itu. 

Australia menjadi negara yang hendak Amanda tuju untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Ia diterima di Macquarie University, jurusan Bisnis dengan pendalaman Media dan Marketing sebagai pilihannya. Selama kuliah di sana, Amanda berusaha fokus pada studinya dan mengurangi aktivitas keartisannya. Bukan sekadar mencapai gelar sarjana, tapi pendidikan buat Amanda adalah soal masa depan dan kariernya nanti. 

Hal ini membuktikan bahwa masih ada artis muda tanah air yang nggak hanya mengandalkan pesona fisik saja tapi juga mengisinya dengan segudang ilmu. Karier dan popularitas pun mereka tinggalkan demi menggapai masa depan. Nah, bagaimana dengan pendidikanmu, Bela? Semoga tetap semangat menjalaninya. 

Baca Juga: Mementingkan Pendidikan, Ini Deretan Fakta Shaloom Razade

Baca Juga: Dian Sastrowardoyo Buktikan Bahwa Ibu Rumah Tangga Juga Harus Berpendidikan Tinggi

Baca Juga: Daftar Selebritas yang Berhasil Dapat Gelar Pendidikan Tinggi