Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Potret Perjalanan Karier RM 'BTS' yang Penuh Liku

It's Namjoon Day! Leader kesayangan BTS ARMY, nih!

Ajenk Rama

Tanggal 12 September 2022 menjadi hari istimewa bagi RM 'BTS'. Pasalnya, leader dari grup besutan HYBE Labels ini tengah merayakan ulang tahun ke-28. Hari ulang tahun RM 'BTS' juga dikenal dengan sebutan NAMJOONDAY. 

Selain menjadi leader kesayangan para ARMY (sebutan penggemar setia BTS), tapi RM 'BTS' juga merupakan sosok panutan bagi siapa saja. Lebih dari sekadar tampan dan memesona, ia  mempunyai karisma dan pemikiran bijak yang mampu menginspirasi.

Di hari bahagianya, yuk kenalan lebih dekat dengan sosok RM 'BTS' yang memiliki sejarah perjalanan karier tak mudah di dunia hiburan Korea Selatan. Intip potret dan kariernya di bawah ini. 

1. Bernama lengkap Kim Nam Joon, laki-laki kelahiran Seoul ini dikenal dengan hobi membaca. RM 'BTS' sempat bermimpi bekerja di bidang sastra sebelum terjun ke musik.

Instagram.com/rkive

2. Cita-citanya berubah setelah mendengarkan lagu "Fly" milik Epik High di usia 11 tahun. Ia mengasah kemampuan dengan menjadi rapper underground bernama Runch Randa pada 2007 dan bergabung di grup rapper, Daenamhyup.

Instagram.com/rkive

3. Berbekal tekad dan pengalaman sebagai rapper, RM 'BTS' mengikuti audisi Big Deals Record pada 2009. Namun, ia gagal melaju ke tahap berikutnya karena lupa lirik.

Instagram.com/rkive

4. Siapa yang menyangka jika kegagalan itu justru mempertemukan RM 'BTS' dan pendiri agensi HYBE Labels melalui perantara rapper Sleepy.

Instagram.com

5. Kemampuan bermusik RM 'BTS' memikat Bang Shi Hyuk dan ia ditarik menjadi trainee pada 2010, sekaligus anggota pertama BTS. Lika-liku RM 'BTS' tak berhenti sampai di situ, sang ibu menentang keputusan RM menjadi seorang rapper.

Instagram.com/rkive

6. RM 'BTS' berusaha membuktikan mimpinya dengan menjalani masa pelatihan selama 3 tahun dan "Intro: What Am I to You" menjadi lagu yang dinyanyikannya sendiri pada 2014.

Instagram.com/rkive

7. Demi meningkatkan kemampuannya di bidang musik, ia terus mengasah dirinya dengan menulis, menyusun, dan memproduksi lagu. Lebih dari 100 lagu telah diproduksi RM dan lirik "No More Dream" adalah salah satu lagu ciptaan sang leader.

Instagram.com/rkive

8. Tahun 2015 silam, RM 'BTS' merilis mixtape solo bertajuk P.D.D (Please, Don't Lie) yang merupakan hasil kolaborasinya dengan Warren G.

Instagram.com/rkive

9. Ia juga terus memperkaya diri dengan hal baru yang mengesankan seperti belajar bahasa asing otodidak. Hasilnya, skor TOEIC (The Test of English for International Communication) RM 'BTS' nyaris sempurna, yaitu 900.

Instagram.com/rkive

10. Di usia muda, RM 'BTS' tidak hanya berhasil membangun diri dengan baik, tetapi juga sukses memimpin grup secara bijak. Terlihat dari caranya mengurus hal terkecil hingga berbicara di hadapan publik Internasional.

Instagram.com/rkive

Kini, perjuangan RM 'BTS' semasa muda yang penuh liku terbayarkan dengan kesuksesan BTS di kancah Internasional dan meraih berbagai prestasi bergengsi. Semua ini tentu tak akan terjadi jika RM 'BTS' berhenti di audisi awal dan tak bertemu Bang Shi Hyuk. 

Tekad kuat dan perjuangan tanpa batas RM 'BTS' menjadi musisi juga meluluhkan hati sang ibu, yang sebelumnya menentang kariernya. Itulah potret perjalanan karier RM 'BTS' yang penuh liku, namun inspiratif.

Semoga di masa mendatang, RM 'BTS' semakin menginspirasi anak muda lewat karyanya di BTS atau individu, ya, Bela. Happy Birthday, Kim Nam Joon!

IDN Media Channels

Latest from Working Life