Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Rata-rata menggunakan bahasa Inggris saat pembelajaran

Aisyah Banowati

Sebagai salah satu negara maju di Asia, Korea Selatan termasuk negara yang memiliki beberapa perguruan tinggi yang selalu berhasil masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia.

Tidak hanya pelajar dari Korea Selatan saja yang ingin berkuliah di universitas terbaik, banyak pelajar dari berbagai negara yang ingin mencicipi pendidikan di Korea Selatan.

Platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum lima universitas terbaik di Korea Selatan sebagai referensi untuk melanjutkan pendidikan ke Negeri Ginseng, yang dilansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022. Apa saja?

1. Seoul National University (SNU)

mcdonnell.wustl.edu/places/seoul-national-university

Seoul National University (SNU) telah berdiri sejak tahun 1946, sejak saat itu, gelar universitas nomor satu di Korea Selatan belum juga digantikan.

Menyediakan program sarjana hingga doktor, hanya 2,5% dari total pendaftar yang diterima untuk berkuliah di sini. Terletak di Seoul, Korea Selatan, SNU berkomitmen untuk mengembangkan lingkungan penelitian yang produktif. 

Menghasilkan lulusan yang banyak diakui seperti, Kim Young Sam Presiden ke-14 Korea Selatan, Lee Jong Wook selaku Direktur WHO, hingga Ban Ki Moon mantan Sekretaris Jenderal United Nation (UN) telah membuat nama SNU semakin dikenal.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

kis.kaist.ac.kr

KAIST merupakan universitas pertama di Korea Selatan yang berfokus pada sains dan teknologi. Alasan yang mendasari didirikannya KAIST adalah, “Pengakuan atas kebutuhan bangsa akan sumber daya manusia elit dalam sains dan teknologi”. 

Berbeda dengan universitas Korea Selatan lainnya, KAIST menerapkan sistem penerimaan tanpa tes, dan menggantinya berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, serta pernyataan pribadi. 

Terletak di pusat kota Daejeon, lebih dari 80% pembelajaran di KAIST menggunakan bahasa Inggris. Terbagi menjadi dua sekolah, enam perguruan tinggi dan 33 departemen, KAIST memiliki tiga lembaga yang berafiliasi termasuk Akademi Sains Korea, Institut Studi Lanjutan Korea dan Pusat NanoFab Nasional.

3. Sungkyunkwan University (SKKU)

univero.cc

Telah berdiri sejak era Dinasti Joseon, SKKU menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas Master of Business Administration (MBA) dalam bahasa Inggris secara penuh. Universitas terbaik ketiga ini terbagi menjadi dua kampus, kampus di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, sedangkan kampus di Suwon untuk Ilmu Sains.

Sebagai salah satu universitas terbaik di Korea Selatan, SKKU bermitra dengan Qatar University dalam bidang akademik. Untuk bidang teknologi dan bisnis, SKKU bekerja sama dengan Samsung untuk pengembangan perangkat lunak, rekayasa komunikasi, rekayasa energi, nanoteknologi dan hukum. Terakhir, untuk bidang kedokteran, SKKU berafiliasi dengan Samsung Medical Center.

4. Yonsei University (Kampus Seoul)

englishspectrum.com/yonsei-university

Yonsei University merupakan salah satu universitas yang menjadi tujuan para mahasiswa internasional. Melihat peminatnya yang tinggi, Yonsei University mengadakan tiga program khusus untuk mahasiswa internasional yaitu, Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei dan Study Abroad at Yonsei.

Berlokasi di Seoul, Wonju dan Songdo, Yonsei University tergabung dalam SKY Universities, atau tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University. Untuk meningkatkan minat dan bakat para mahasiswa, Yonsei University memiliki lebih dari 100 klub mahasiswa atau di Indonesia sering disebut sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

5. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

kth.se

Baru diresmikan pada tahun 2019, UNIST berhasil masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Korea Selatan. Terletak di Ulsan, UNIST berfokus pada penelitian untuk kemajuan sains dan teknologi. Di UNIST, seluruh pembelajaran diberikan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 

Setiap mahasiswa yang terdaftar di UNIST, diharuskan mengambil dua atau lebih bidang konsentrasi, untuk menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan dilakukannya penelitian multidisiplin.

Itulah daftar universitas terbaik di Korea Selatan 2022 dengan persaingan yang sangat ketat. Meskipun sebagian universitas menyampaikan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris, ada baiknya kamu menguasai bahasa Korea dasar. Hal ini akan mempermudah kamu untuk berinteraksi dengan warga lokal, membaca petunjuk jalan, hingga memahami bacaan yang memang disediakan dalam bahasa Korea.

IDN Media Channels

Latest from Working Life