Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

START Summit 2022: Memancing Berbagai Inovasi Baru yang Solutif

START Summit 2022 bertema Driving Innovation at Scale

Aisyah Banowati

Tokopedia mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia dengan adanya kenaikan penjual terdaftar sebanyak 7 juta di tahun 2019 menjadi 12 juta di tahun 2022. Bersama grup GoTo, Tokopedia telah berkontribusi terhadap 2% PDB Indonesia lewat inovasi teknologi dan talenta digital yang terus dikembangkannya.  

Menghadirkan START Summit 2022: Driving Innovation at Scale, Tokopedia berharap dapat memancing terciptanya berbagai inovasi terbaru yang solutif untuk masyarakat Indonesia. START Summit 2022: Driving Innovation at Scale akan membahas seputar Core Engineering, Data, Infrastructure and Engineering Productivity, Front-End, serta Security/Data Protection and Privacy Office/Risk. 

1. Mengapa START Summit kembali digelar?

Dok. Tokopedia

START Summit bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas talenta digital Indonesia serta memajukan industri teknologi nasional agar semakin mampu bersaing di kancah global. Upaya ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital dan mencapai target 113 juta talenta digital pada tahun 2030 mendatang.

“Berbagai inovasi Tokopedia tidak lepas dari kolaborasi bersama para mitra strategis, salah satunya talenta digital. Kami percaya, dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk dan layanan terbaik, yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, maka Tokopedia fokus mengembangkan talenta digital melalui berbagai upaya, salah satunya START Summit,” jelas Leontinus, CTO Tokopedia Herman Widjaja.

2. Tokopedia Academy

instagram.com/tokopediaacademy

Hadirnya Tokopedia Academy diharapkan dapat menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin belajar dan berkolaborasi untuk mendapatkan ilmu dan informasi dari para ahli di bidangnya.

Tokopedia Academy juga berusaha untuk memberikan akses yang merata terhadap pembelajaran, guna memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas.

Tokopedia Academy hadir sebagai wadah belajar dengan mengusung empat pilar utama, yakni teknologi, data, product dan product design. Adapun yang menjadi bagian dari Tokopedia Academy di antara START Summit 2022, START Women in Tech, START CX FIRST, hingga CX FIRST Talks.

3. DNA Tokopedia

Tim PR Tokopedia

Untuk kamu yang ingin belajar teknologi, diperlukan keinginan untuk terus belajar karena dunia teknologi berjalan dinamis, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk mencapai goals yang diinginkan. Di Tokopedia sendiri, para karyawan lekat dengan tiga nilai atau DNA yang dimiliki oleh Tokopedia yaitu growth mindset, focus on consumer dan make it happen & make it better.

4. START Summit 2022: Driving Innovation at Scale

Tim PR Tokopedia

Tahun lalu, Tokopedia START Summit 2021 hadir sebagai konferensi teknologi terbesar yang diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat. Dengan komitmennya, Tokopedia berusaha untuk membantu percepatan akselerasi digital melalui pemanfaatan teknologi. 

Sebagai aplikasi inklusif yang dirancang untuk dapat digunakan oleh semua orang, Tokopedia juga ingin terus membagi informasi dan ilmu lewat kolaborasi dengan berbagai pihak, oleh sebab itulah START Summit 2022 kembali hadir dengan mengusung tema "Driving Innovation at Scale"

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menyelenggarakan berbagai program dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk terus meningkatkan kemampuan talenta digital di Tanah air. Di antaranya dengan membangun komunitas talenta digital Indonesia, workshop Tokopedia Academy, kolaborasi dengan SIBERKREASI Kemenkominfo RI, kolaborasi dengan Kemendikbud Ristek RI, serta hadirnya Tokopedia-UI AI Center of Excellence.

5. Manfaat mengikuti START Summit 2022

Tim PR Tokopedia

Ekhel Chandra Wijaya, selaku Head of External Communications, berharap START Summit 2022 dapat menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, bukan hanya dari para ahlinya, tapi juga dari para pelaku industri di Tanah Air. 

Di sisi lain, mengikuti START Summit 2022 akan bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar metode praktis, berbagi ide dan mencari solusi dari masalah yang ditemui, serta membangun networking dengan siapa saja yang sedang atau ingin belajar teknologi. 

Software Engineer Lead Tokopedia, Tika Widiati mengatakan, “Lewat Tokopedia Academy, dalam hal ini START Summit, seluruh pegiat teknologi di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, berkolaborasi dan mendapatkan kurikulum yang relevan terkait teknologi, langsung dari para ahli di bidangnya," tuturnya. 

Telah hadir secara daring pada Sabtu (16/06/2022) lalu, START Summit 2022: Driving Innovation at Scale tayang di kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia dan Inside Tokopedia, serta website Tokopedia Academy. Untuk kamu yang ketinggalan, jangan khawatir, sebab kamu masih dapat menonton videonya di bawah ini.

IDN Media Channels

Latest from Working Life