Merayakan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh tepat pada Jumat (20/05/2022) lalu, Tokopedia membangkitkan semangat berinovasi dengan mendorong kemajuan talenta digital. Bersama para mitra strategis, Tokopedia bekerja sama dengan instansi pendidikan, komunitas pegiat teknologi, hingga pemerintah, untuk menghadirkan Tokopedia Academy. 

Mengasah para talenta melalui Tokopedia Academy, Tokopedia mendukung upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital hingga tahun 2030.  Tokopedia juga berusaha membangkitkan lanskap teknologi dan talenta digital lewat 3 DNA yang akan terus dipegang yakni, Focus on Consumer, Growth Mindset, Make it Happen dan Make it Better.

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam Negeriacademy.tokopedia

Melalui kolaborasi, Tokopedia Academy menghadirkan 18 program yang dapat diakses secara gratis melalui website Tokopedia Academy.

“Talenta digital di Indonesia itu banyak yang potensial, makanya Tokopedia punya visi dan misi untuk mewujudkan dan mentransformasi talenta digital ini supaya bisa bisa berkembang lebih jauh melalui program yang kita punya,” ungkap Rico Harisin selaku Head of Engineering Tokopedia (Android).

1. Mengenal lebih jauh Tokopedia Academy

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam NegeriTokopedia

Tokopedia Academy merupakan wadah untuk belajar yang bisa diakses siapa saja, mulai dari mahasiswa, teknisi, hingga akademisi. Bertujuan mengembangkan talenta digital di Indonesia, Tokopedia Academy hadir untuk kamu yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi informatika dan punya semangat belajar mengenai dunia teknologi.

“Animo terhadap berbagai program Tokopedia Academy semakin tinggi. Sepanjang 2021, partisipan Tokopedia Academy meningkat hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020,” ungkap Ekhel Chandra, Head of External Communications Tokopedia.

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam NegeriTokopedia

Di sisi lain, ada berbagi ruang yang disediakan Tokopedia untuk siapa saja yang ingin berkembang melalui Tokopedia Academy, di antaranya:

  • Melalui Tokopedia Goes To Campus, tim Tokopedia bertujuan mencari talenta-talenta baru di lingkungan kampus sekaligus berbagi ilmu mengenai dunia digital dan teknologi. 
  • Tokopedia Academy juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI. Salah satu programnya adalah Tokopedia NextGen yang merupakan program inkubasi bagi pelajar SMA/SMK/SLTA sederajat untuk lebih memahami dunia digital.
  • Dalam waktu dekat, Tokopedia Academy akan kembali mengadakan START Summit 2022 yang mengusung tema "Driving Innovation At Scale". Konferensi teknologi ini adalah salah satu wujud komitmen Tokopedia untuk terus menggaungkan semangat kebangkitan nasional, serta mendorong kemunculan lebih banyak inovasi dari para talenta digital dalam negeri. 

2. Deretan fitur baru bagi pengguna Android

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam Negeritokopedia.com/blog

Sebagai perusahaan teknologi di Indonesia, Tokopedia terus berupaya mengeluarkan inovasi terbaik dalam setiap produk yang dikeluarkannya. Menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang memfasilitasi fitur built in dark mode untuk pengguna. Adapun keutamaan dari fitur built in dark mode untuk pengguna, yaitu: 

  • Menghemat baterai handphone.
  • Mengurangi kelelahan mata.
  • Mengurangi cahaya biru pada handphone, sehingga dapat menjaga kesegaran dan kesehatan mata. 

Tutorial mengaktifkan fitur built in dark mode di Android: 

  • Masuk ke menu Akun.
  • Pilih menu Pengaturan. 
  • Geser layar ke bawah lalu pilih Pengaturan Aplikasi.
  • Geser tombol Dark Mode untuk mengaktifkan.
  • Aplikasi Tokopedia kini berada dalam mode Dark.
Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam Negeritokopedia.com/blog

Selain itu, Tokopedia menyediakan fitur foldable khusus untuk handphone lipat yang memungkinkan aplikasi dapat beralih antar layar secara otomatis.

“Kami sangat antusias  mengembangkan aplikasi untuk teknologi terdepan seperti foldable. Banyak sekali yang bisa kami pelajari, terlebih karena mengetahui upaya pengembangan ini bisa menjawab kebutuhan pengguna,” ungkap Rico Harisin.

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam NegeriDok. Tokopedia

Sebelumnya, Tokopedia telah mengeluarkan fitur unggulan untuk memudahkan rekan difabel saat mengakses fitur-fitur di Tokopedia melalui voice over. Ada juga fitur chromecast support yang memudahkan kamu menonton Tokopedia Play lewat TV.

Tokopedia juga menjadi e-commerce pertama yang menghadirkan top up lewat NFC. Pengguna juga dapat mengunduh aplikasi Tokopedia dengan penggunaan kuota seminimal mungkin berkat kehadiran dynamic features.

3. Fitur baru bagi pengguna iOS

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam NegeriTokopedia

Terus mengevaluasi diri lewat kritik dan saran yang diberikan dari pengguna, Tokopedia bukan hanya mengembangkan fitur built in dark mode untuk Android, tim dari iOS pun mengembangkan fitur serupa.

“Fitur built in dark mode kami hadirkan di iOS maupun Android, yang bermanfaat untuk menghemat baterai smartphone, serta nyaman untuk mata, khususnya saat menggunakan ponsel di tengah ruangan gelap,” ungkap Head of Engineering (iOS) Tokopedia, Tonito.

Tutorial mengaktifkan fitur built in dark mode di iOS: 

  • Masuk ke dalam aplikasi Tokopedia menu Akun. 
  • Pilih menu Pengaturan Aplikasi. 
  • Geser layar ke bawah lalu pilih Mode Tampilan. 
  • Klik Dark, lalu klik Simpan. 
  • Setelah itu, keluar dari aplikasi Tokopedia, baru kemudian buka kembali. 
  • Aplikasi Tokopedia kini berada dalam mode Dark.
Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam NegeriTokopedia Media Briefing

Bukan hanya mengembangkan fitur baru, ada banyak fitur unggulan yang sebelumnya telah hadir bagi pengguna iOS, seperti voice over, iPad Layout Optimization, Widget Tokopedia di iOS 14 & Apple Watch, serta top up NFC. 

Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam NegeriTokopedia

Sebagai perusahaan teknologi yang ingin memberikan panggung lebih luas—bukan hanya kepada penjual dan pembeli—Tokopedia juga hadir sebagai tempat untuk belajar dan mengasah keterampilan. Tujuannya, agar ke depannya para talenta mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan teknologi di Tanah Air. 

Baca Juga: Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favorit

Baca Juga: 4 Fakta GoTo, Grup Teknologi Teranyar Hasil Merger Gojek dan Tokopedia

Baca Juga: Majukan Ekosistem Digital Tanah Air, Tokopedia Gelar START Summit 2021