Berkolaborasi, Tokopedia dan Dekranasda Mendukung UMKM di DKI Jakarta

Menghadirkan banyak program untuk membantu UMKM berkembang

Berkolaborasi, Tokopedia dan Dekranasda Mendukung UMKM di DKI Jakarta

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Masa pandemi telah membuat banyak UMKM mengalami penurunan omset, termasuk sektor kerajinan. Tidak sedikit pengrajin yang memilih berhenti dan berfokus pada kebutuhan premier masing-masing. Namun, tidak sedikit juga pelaku UMKM yang berinovasi dengan produk yang mereka jual, serta memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. 

Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati mengungkapkan, “Ketika pandemi ada tantangan, di mana pengrajin memiliki keterbatasan dalam mengakses platform digital. Tentunya ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus mendorong para pengrajin agar tetap produktif di masa pandemi. Jadi kita melihat pemasaran semakin luas, tapi di sisi lain pengrajin belum tentu bisa.” 

Menghadapi tantangan nyata di depan mata, Dekranasda DKI Jakarta berupaya untuk terus mendukung dan mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Bekerja sama dengan Tokopedia, Dekranasda DKI Jakarta berupaya memberikan kesempatan lebih luas kepada pelaku UMKM agar dapat terus maju dan mengembangkan usahanya.

1. Program Tokopedia untuk para pelaku UMKM

Berkolaborasi, Tokopedia dan Dekranasda Mendukung UMKM di DKI Jakarta

Dalam pemaparannya, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menjelaskan jika Tokopedia terus berusaha menyediakan panggung bagi para pelaku UMKM DKI Jakarta dengan diluncurkannya beberapa program unggulan, yaitu: 

  • Inisiatif Hyperlocal Tokopedia merupakan bagian dari grup GoTo—ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Inisiatif Hyperlocal Tokopedia hadir untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. 
  • Bangga Buatan Indonesia merupakan kampanye dari perwujudan inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Kampanye ini menjadi sarana untuk UMKM agar dapat terus berkembang, di sisi lain konsumen dapat menemukan produk lokal di Tokopedia. 
  • Khusus di daerah DKI Jakarta, Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda melalui peluncuran toko JakArtisan. Sebelum di unggah ke toko online, produk akan melewati proses kurasa terlebih dahulu. Melalui toko JakArtisan, para pengrajin di Dekranasda memiliki sarana promosi baru. Jika dulu hanya berjualan di bazar, kini para pengrajin diperkenalkan dengan toko online

2. Beragam pelatihan UMKM

Selain menyediakan sarana untuk para pelaku UMKM meluaskan pasarnya, Tokopedia juga memberikan pelatihan, terkhusus untuk para pengrajin di Dekranasda DKI Jakarta. Pelatihan yang diberikan berupa pembelajaran mengenai cara berjualan di platform online, apa yang perlu diubah agar semakin menarik minat konsumen, hingga pelatihan cara berjualan secara lebih efektif di Tokopedia. 

Bersama Pemprov DKI Jakarta, Tokopedia juga menyediakan program pelatihan UMKM lewat Kelas Maju Digital. Dapat diakses secara umum, Kelas Maju Digital dibagi menjadi dua kategori, yakni pemula dan lanjutan. Kategori pemula dikhususkan untuk kamu yang baru ingin belajar, sedangkan kategori lanjutkan ditargetkan untuk pelaku usaha yang ingin memperdalam pemahaman seputar marketing hingga finansial literasi. 

Upaya yang dilakukan Tokopedia sejalan dengan antusiasme masyarakat dalam mendukung produk hasil kerajinan pelaku UMKM di DKI Jakarta. Terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” jelas Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here