Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 8 Tips Untukmu Si Workaholic Supaya Bekerja Lebih Fun 

Seimbangkan hidupmu

Tri Sintarini

Apakah kamu termasuk orang yang senang menghabiskan seluruh waktumu hanya untuk bekerja, kalau iya itu tandanya kamu seorang workaholic. Jangan biarkan pekerjaan menyita seluruh perhatianmu karena yang terpenting adalah hidupmu, keluarga dan orang-orang terdekatmu. Coba bayangkan dalam waktu yang sangatlah singkat ini, kehidupanmu hanya dihabiskan untuk pekerjaan dan tanpa kamu sadari akan kehilangan momentum-momentun yang berharga! Nggak mau kan? Supaya tidak terlena ini tujuh kiat untuk menyeimbangkan hidupmu.

1. Akui Saja

pexels.com/rawpixel.com

Sangat mudah untuk menerima tugas dari atasan, bahkan ketika sudah melewati batas waktu  setiap harinya. Tapi sebenarnya kamu bisa lho mengutarakan aspirasimu kepada atasan, serta memberikan batasan waktu dan memahami jam kerjamu supaya tidak overtime alias lembur.

2. Batasi Jam Kerja

pexels.com/rawpixel.com

Ada bermacam alasan mengapa bekerja selama 11 atau 12 jam sehari bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu untuk itu kini saatnya mengembalikan kebiasaan bekerjamu ke waktu yang normal.  Ada baiknya kamu berhenti selalu menjadi orang yang pertama kali datang dan pulang paling belakangan. Kalau salah satunya selaras dengan jam tubuhmu tidak apa-apa, tetapi tidak disarankan kalau kamu berada pada kedua waktu tersebut karena yang tersisa hanya kamu yang akan sangat kelelahan. 

3. Tekuni Hobimu

pexels.com/rawpixel.com

Mengetahui hobi dan minat yang kamu sukai akan membuat hidupmu lebih berwarna lho. Oleh karena itu ketika kamu sampai di rumah, sebaiknya lupakan sejenak aktivitasmu di kantor, hidup itu penuh warna tak hanya sekedar bekerja, makan dan tidur saja. Yuk, mulailah temukan minatmu misalnya seperti olahraga, bersepeda, aktivitas seni bahkan berkebun. Supaya kamu semakin bersemangat, lakukan bersama orang-orang yang memiliki minat sama. 

4. Berikan Dirimu Waktu yang Berkualitas

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Masih berpikir tentang pekerjaan selama weekend dan saat berlibur bersama sahabat atau keluarga? Sebaiknya jangan biarkan pikiran dan gadgetmu mengajak kembali ke suasana kantor. Sejenak ciptakan satu titik untuk menikmati setiap kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti di mana kamu berada, apa yang akan kamu lakukan, dan dengan siapa kamu menghabiskan waktumu kemudian rasakan efek positifnya dalam hidupmu. 

5. Istirahat Makan Sianglah Setiap Hari

pexels.com/rawpixel.com

Kamu membutuhkan sarapan, makan siang dan makan malam setiap harinya karena itu sudah merupakan kebutuhan. Makanlah di waktu yang tepat karena akan memberikan energi untukmu. Saat jam kerja, manfaatkan istirahat makan siangmu sejenak yang akan membuatmu merasa sangat fresh! Rasanya meninggalkan 15-30 menit meja kerjamu tentu tak akan berdampak negatif terhadap pekerjaanmu kan? Bahkan dengan kondisi ini mampu memberikan energi baru untuk menaklukkan proyek kerja berikutnya.

6. Jangan Terlalu Perfeksionis

pexels.com/rawpixel.com

Hindari sikap terlalu perfeksionis saat bekerja, cukup sewajarnya saja asalkan tepat karena sesungguhnya membutuhkan waktu  yang lama untuk menjadi sempurna.

7. Tetap Berpegang Pada Kalender Pribadimu

pexels.com/rawpixel.com

Ketika kamu sudah menyusun janji dengan sahabat atau keluarga, tiba-tiba saja kamu terpaksa membatalkannya karena terlalu sibuk, tentu akan mengecewakan orang yang kamu janjikan karena tidak ada yang menyukai jika mereka hanya diberikan sisa waktu. Mulai sekarang prioritaskan waktu untuk orang-orang yang kamu sayangi.

8. Belajarlah untuk Mengatakan Tidak

pexels.com/rawpixel.com

Ini memang merupakan hal tersulit untuk dilakukan, tetapi mencari tahu bagaimana mengatakan "Tidak," adalah salah satu keterampilan yang wajib kamu kuasai.  Tetapkan batasan untuk diri sendiri. Berhentilah selalu mengatakan "Iya," termasuk kepada bosmu, kolegamu, dan semua orang di tempat kerja. Dengan kata lain, berhentilah menjadi orang yang bisa melakukan segalanya, cukup semampunya saja sesuai porsinya masing-masing. 

Yuks manfaatkan waktumu sebaik mungkin.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration