Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Hal Penting Sebelum Membeli Perabotan Secara Online

Biar nggak mengecewakan!

Tri Sintarini

Teknologi yang semakin maju mempermudah segala aktivitas kita, termasuk untuk berbelanja secara online. Kini hanya dengan satu klik saja, barang yang diinginkan bisa dipesan dan segera diantarkan ke rumah. Pembelian ini tak hanya berlaku untuk kebutuhan sehari-hari, pakaian, kosmetik atau aksesoris saja, tetapi juga untuk barang-barang besar seperti furnitur mencakup sofa, lemari, kabinet dan lain-lainnya. Pengalamannya tentu berbeda dengan berbelanja secara offline karena kita bisa melihat langsung barang yang kita inginkan. Tetapi ternyata belanja perabotan rumah tangga secara online memiliki keunggulan karena lebih praktis, hemat waktu dan energi. Namun supaya hasilnya tak mengecewakan, ini 8 trik sukses berbelanja untuk capai kepuasan.

1. Memilih marketplace yang terpercaya

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Pilihlah marketplace yang terpercaya, memiliki kredibilitas baik dan sudah dikenal banyak orang. Acuannya bisa melihat dari postingan-postingan yang ada di markeplace tersebut mencakup produk-produk yang ditawarkan, komentar ataupun ulasan dari para konsumen yang telah berpengalaman membeli produk-produknya. Jika responsnya positif, maka bisa menjadi pertimbangan utama untuk berbelanja di tempat tersebut.

2. Ukuran dan model mebel

decoist.com

Ketika memutuskan untuk membeli perabotan secara online, pastikan ukuran dan model yang akan dibeli sesuai dengan ukuran ruangan di rumah. Misalnya, ingin membeli lemari pakaian, meja makan atau sofa yang sesuai dengan kondisi ruangan secara mendetail mulai dari panjang, lebar atau tingginya. Kemudian visualisasikan atau bayangkan posisi yang tepat untuk meletakkan barang tersebut di rumahmu.

3. Bahan baku yang berkualitas

mocka.com.au

Ketahui dengan detail material yang digunakan, pilihlah yang tahan lama dan berkualitas karena akan mempengaruhi usia dan daya pakai barang tersebut. Misalnya, terbuat dari kayu asli, kayu imitasi atau plastik. Tentu daya tahan masing-masing barang tersebut berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

4. Harga

Unsplash.com / Austin Distel

Jika sudah menemukan barang yang sesuai dengan kebutuhan maka hal selanjutnya yang perlu menjadi perhatian adalah harga. Untuk mengetahui harga terbaik, lakukan survey dan bandingkan barang sejenis atau serupa di marketplace yang berbeda, maka kamu akan mengetahui perkiraan harga barang tersebut di pasaran. 

5. Pre-order atau ready stock

Unsplash.com / Curology

Hal yang perlu menjadi perhatian dan seringkali terlupakan jika sudah terlanjur menyukai barang yang kita pilih, ketahui apakah barang yang ditawarkan tersebut ready stock atau sistem Pre-order atau PO. Kalau ternyata menerapkan PO maka pasti kapan waktunya barang tersebut akan tersedia, seandainya durasinya terlalu lama maka kamu bisa segera mencari alternatif untuk berbelanja di marketplace lainnya. 

6. Garansi pembelian

Pexels.com / Karolina Grabwoska

Saat berbelanja perabotan, jangan pernah melupakan surat garansi. Pastikan marketplace yang dipilih memberikannya karena proses pengiriman dan lain-lainnya memiliki potensi timbulnya kerusakan atau mendapatkan produk yang cacat karena kita tidak bisa memeriksakannya terlebih dahulu. Berikan informasi datamu selengkap mungkin karena biasanya surat garansi membutuhkannya. Jangan lupa pula menanyakan berapa lama waktu yang ditawarkan oleh toko tersebut atau merek yang terkait.

7. Pengiriman barang

Unsplash.com / Toby Stodart

Biasanya jika mebel berukuran besar, tentunya membutuhkan biaya pengiriman yang tinggi. Maka pastikan untuk mendapatkan informasi ekpedisi atau jasa pengiriman barang sedetail mungkin seperti berapa biayanya, minimal beratnya dan kapan waktunya barang tersebut sampai. Alternatif lainnya, kamu bisa mencari marketplace yang sedari awal menawarkan promo ongkos kirim gratis. 

8. Jasa pemasangan atau perakitan barang

homeconcept.com

Terakhir yang sering terlupakan ialah mengenai perakitan, tanyakah terlebih dahulu apakah marketplace tersebut menyediakan jasa pemasangan barang jika orderan mebel sudah diterima. Jika tidak, pastikan untuk memiliki tutorial pemasangannya.

Siap berbelanja, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration