Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Mudah Menciptakan Ruang Rapi dan Nyaman di Rumah

Memengaruhi kesehatan mental juga, lho

Tri Sintarini

Rumah yang rapi dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Tetapi adakalanya kita merasa kesulitan mengelolanya karena terlalu banyak barang atau keliru cara menyelesaikannya. Kini gunakan kreativitasmu untuk menciptakan ruang tersebut menjadi lebih ideal dengan delapan inspirasi ini, Bela.

1.Rapikan isi rak

alibaba.com

Tahukah kamu, jika memiliki barang berlebihan di dalam rumah, bisa memengaruhi kesehatan mentalmu? Ya, Bela. Dengan barang berlebih yang memenuhi rumah, maka akan terlalu banyak distraksi yang membuatmu kurang fokus terhadap hal yang lebih penting dalam hidup. 

Mulailah mengategorikan benda-benda yang menurutmu mememnuhi kebutuhan primer dan sekunder, lalu siapkan kotak-kotak ekstra agar dapat menyimpan barang-barangmu yang bersifat tersier, sehingga tak perlu lagi menyiapkan lemari tambahan.

2. Sembunyikan kabel untuk tampilan yang rapi

pinterest.com

Banyaknya berbagai perangkat elektronik rumah tangga seperti televisis, kipas angin, lampu dan lainnya, seringkali membuat kabel-kabel tersebut menjadi berantakan. Sembunyikan kabel yang bertebaran menggunakan penutup kabel untuk merapikannya, sehingga ruangan akan tampak lebih rapi dan bersih. 

3. Temukan tempat penyimpan alternatif selain meja di samping tempat tidur.

pinterest.com

Meja samping tempat tidur seringkali menjadi pilihan untuk menyimpan barang-barang penting sebelum tertidur, seperti ponsel, dompet, kaca mata dan barang-barang kecil lainnya. Salah satu ide yang menarik untuk menggantikannya, buatlah lemari atau laci geser pada bagian kepala tempat tidur, untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, minimalis, bersih dan rapi.

4. Gantung alat-alat memasak untuk menghemat ruang

castinstyle.com

Di mana tempat yang ideal untuk menyimpan wajan? Biasanya di dalam lemari yang disimpan setelah pemakaian. Hal tersebut membuatmu membutuhkan waktu yang lebih lama saat akan menggunakannya kembali. Ide yang paling sederhana adalah menggantungnya di dinding. Dengan cara ini, kamu dengan mudah dapat menjangkau barang yang dibutuhkan, sehingga lemari yang ada bisa dimanfaatkan untuk barang-barang lainnya.

5. Manfaatkan setiap sudut di rumah

pinterest.com

Sisi ruang yang asimetris bisa dimanfaatkan untuk penempatan yang menyesuaikan dengan sudutnya. Selain unik, kamu juga bisa berkreasi dengan bentuk rak sesuai dengan keinginannmu.

6. Pasang papan pasak atau pegboard

pinterest.com

Sering kehilangan barang-barang kecil di rumah, hal yang satu ini bisa menjadi solusi. Pasangkanlah papan pasak atau pegboard, kemudian gantungkan rak-rak berukuran mungil yang diperlukan atau sesuai kebutuhan. 

7. Tata panganan supaya lebih rapi

brightside.me

Pernah merasa kesulitan menemukan tempat-tempat penyimpanan sayur seperti kentang, wortel atau sayur lainnya. Cobalah untuk memanfaatkan wadah dokumen. Pilihlah yang memberikan rongga aliran udara untuk menjaga sayuran supaya tetap segar dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya. 

8. Pilihlah mebel yang multifungsi

popsugar.com

Jika tidak ada tempat untuk meletakan kompartemen atau wadah penyimpanan di rumah, kamu selalu bisa memadukannya dengan mebel multifungsiyang menghemat ruang dan lebih praktis. Seperti, meja tamu yang juga memiliki ruang simpan untuk majalah atau meja makan dengan rak untuk penyimpanan peralatan makan.

Siap berbenah, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration