Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kebiasaan yang Menjadi Gaya Hidup Ini Bisa Bikin Makin Boros

Ayo dihemat uangnya

Tita Florita

Menjadi generasi milenial yang sudah bisa menghasilkan uang memang seru. Karena, dihadapkan dengan persoalan memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harus menabung. Di sisi lain, ada gaya hidup yang harus dipenuhi sebagai pelarian lelahnya mencari uang. Memang nggak salah menyenangkan diri dengan hasil yang diperoleh.

Tapi, coba kamu lihat ada beberapa hal nggak perlu yang bisa dipangkas. Sehingga, kamu bisa menabung. Hal-hal yang nggak perlu ini memang termasuk kategori hiburan dan seperti kebutuhan buat kamu. Demi masa depan yang kamu inginkan, ada baiknya 5 hal ini kamu atur kembali.

1. Langganan TV kabel

JESHOOTS.com

Ada banyak program televisi hingga judul film dan serial menarik di saluran internasional. Biasanya tv kabel ini disambungkan dengan saluran internet. Jika kamu berlangganan keduanya, maka pembayaran yang dikenakan juga double. Tentu ini menjadi beban, karena berlangganan tv kabel cukup mahal. Padahal dengan kamu berlangganan internet saja, sudah bisa mengakses banyak hiburan secara gratis. Nggak ada salahnya kamu manfaatkan dengan kreatif.

2. Beli pakaian baru

Pexels.com/rawpixel.com

Banyaknya toko daring dan jasa titip membuat kamu semakin konsumtif. Apalagi kalau ada barang yang kamu mau karena kembaran dengan idola. Kamu pun dengan impulsif rela mengeluarkan dana lumayan. Membeli pakaian baru boleh-boleh saja, tapi harus cermat. Nggak ada salahnya untuk menunggu ada diskon. Kamu bisa hemat beberapa rupiah. Kamu harus mulai perhitungan soal pengeluaran yang ini, kalau nggak mau cepat bokek.

3. Ongkos kirim

Pexels.com/Negative Space

Belanja di toko daring memang lebih praktis dan masih digemari. Alasannya, lebih praktis dan mendapatkan barang yang diinginkan. Tentu saja kamu akan dibebankan dengan ongkos kirim. Memang terlihat hanya beberapa ribu rupiah saja, tapi kalau rutin bisa membuat bengkak pengeluaran. Ini yang wajib mulai kamu hitung setiap bulannya. Selanjutnya, kamu bisa lebih cermat dalam berbelanja. Kalau kamu cermat, ada beberapa toko yang menyediakan layanan hemat hingga gratis ongkos kirim.

4. Pembayaran otomatis toko online

Pexels.com/Alexandra Maria

Saat ini pembayaran untuk belanja di toko daring semakin dipermudah. Kamu bisa melakukan transaksi pembayaran di minimarket. Nggak sedikit juga dari kamu yang memasukkan nomor kartu kredit mau pun debit agar lebih praktis dalam melakukan pembayaran. Atau menggunakan uang elektronik yang bekerja sama dengan toko daring tersebut. Tanpa kamu sadari hal seperti ini, akan memancing kamu untuk berbelanja dan menambah pengeluaran.

5. Menyewa barang yang kurang perlu

Pexels.com/freestocks.org

Saat ini beberapa kebutuhan pelengkap bisa kamu sewa dalam waktu yang lama, seperti kendaraan bermotor, perabotan, dan masih banyak lagi. Memang harganya lebih terjangkau, daripada kamu membelinya langsung. Namun sebelum melakukannya, nggak ada salahnya kamu pikir kembali. Selain akan menambah daftar pengeluaran, biaya perawatan barang bisa jadi lebih besar dari harga sewa. Belum lagi kalau barang yang terlanjur kamu sewa nggak terpakai.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration