Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bahasa Korea 101: Arti Kata "Jaljayo" dan Penggunaannya

Bisa kamu praktikkan dengan pasanganmu, nih!

Romi Subhan

Kamu pencinta drama Korea, terutama drama romantis, pasti sering mendengar kata dalam bahasa Korea berikut, yaitu jaljayo. Kata jaljayo adalah ucapan selamat tidur dalam bahasa Korea yang sering kali diucapkan untuk kekasih atau orang tercinta.

Dalam bahasa Korea ternyata kata jaljayo ini memiliki variasi bahasa informal maupun formal. Jadi, kamu tidak bisa sembarangan untuk mengucapkan kata jaljayo ini, ya.

Daripada kamu kebingungan, yuk, langsung aja simak penjelasan berikut ini, Bela.

Arti kata jaljayo

Hancinema.net

Pertama kamu harus paham dulu arti dari jaljayo. Jaljayo sendiri merupakan ungkapan yang berarti "selamat malam" dalam bahasa Korea. Bentuk dasar kata ini adalah 잘자 (jalja) yang bersifat non-formal. Dalam bahasa formal, kamu bisa mengucapkan 잘자요 (jal ja yo).

Lebih dalam lagi 잘 자요 (jal jayo?) memiliki arti "apakah kamu tidur nyenyak?". Kata ini juga bisa digunakan untuk mengucapkan "selamat malam" dalam bentuk yang formal. Kata ini bisa diucapkan kepada teman, orang yang berusia dekat, atau pasanganmu.

Contoh penggunaan jaljayo

Hancinema.net

Selanjutnya, penggunaan kata ini ke dalam sebuah kalimat. Kata jaljayo bisa diucapkan untuk mengucapkan "selamat tidur" atau "selamat malam". Berikut ini penggunaan kata jaljayo, dalam percakapan bahasa Korea sehari-hari.

  • A : 잘자요! (jaljayo)
    (selamat malam)
  • B : 예, 잘자요. (ye, jaljayo)
    (ya, selamat malam)
  • C : 벌써 밤이니까, 잘자~ (beolsseo baminika, jalja)
    (karena sudah malam, selamat malam)
  • D : 네, 잘자. (ne, jalja)
    (ya, selamat malam)

Variasi kata dari jaljayo

Hancinema.net

Ternyata ada variasi dari kata Jaljayo selain dari 잘자 (jalja) dan  잘자요 (jal ja yo). Ada variasi kata untuk lawan bicara formal dan juga non-formal. Jadi, jangan sampai salah mengucapkannya, ya

1. Ucapan selamat malam dalam bahasa informal

  • 잘 자 내 꿈꿔 (jal ja nae kkum kkweo) = ucapan ini memiliki arti yang cukup romantis, yakni "selamat malam, mimpikan aku". Kalimat ini bisa kamu ucapkan kepada kekasih.
  • 좋은 꿈 꿔 (joeun kkum kkwo) = terdiri dari dua kata, yakni 좋은 (joeun) yang berarti "baik" dan 꿈 꾸다 (kkum kkuda) yang berarti "bermimpi". Jika digabungkan, ucapan ini memiliki arti yang serupa dengan mimpi indah. Kamu bisa menggunakan kalimat ini kepada teman sebaya atau orang lebih muda.
  • 네가 오늘 밤에 잘 자길 바라는데 (nega oneul bam-e jal jagil balaneunde) = ucapan ini memiliki arti "aku harap kamu tidur nyenyak malam ini".

2. Ucapan selamat malam dalam bahasa formal

  • 편안한 밤 되세요 (pyeonanhan bam doeseyo) = ungkapan ini merupakan versi formal dari ucapan "selamat tidur". 
  • 안녕히 주무세요 (annyeonghi jumuseyo) = kalimat ini merupakan cara yang paling umum untuk mengucapkan selamat malam dalam bahasa Korea formal.

Itulah arti jaljayo yang memiliki arti ucapan selamat malam ataupun selamat tidur. Semoga bermanfaat, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration