Setiap bahasa yang ada di dunia ini punya keunikannya tersendiri. Tak terkecuali bahasa Korea yang kini mendunia karena musik dan dramanya disukai penggemar internasional. Hal ini pun membuat banyak orang ingin mempelajarinya.

Namun, kamu harus siap-siap tidak terkecoh dengan beberapa kosakatanya yang terdengar mirip. Contohnya kata "hajima" dan "kajima". Meski penulisannya berbeda tipis, keduanya punya arti yang berbeda, lho!

Arti "hajima"

Bahasa Korea 101: Arti Hajima dan Penggunaannyadramabeans.com

하지 마 (hajima) berasal dari kata 하다 (hada) yang artinya “melakukan" dan 지 마 (jima) yang merupakan salah satu akhiran bentuk negatif, atau dalam hal ini diartikan sebagai "jangan".

Dengan demikian, 하지 마 (hajima) dapat diartikan sebagai "jangan lakukan (itu)". Sementara itu 가지 마 (kajima) memiliki arti "jangan pergi".

Ragam bentuk "hajima" berdasarkan tingkat kesopanan

Bahasa Korea 101: Arti Hajima dan Penggunaannyadramabeans.com

하지 마 (hajima) adalah bentuk bahasa tidak formal atau 반말 (banmal) yang bisa digunakan untuk bermonolog, berbicara dengan teman sebaya, atau berbicara dengan orang yang lebih muda.

Untuk bentuk formal yang lebih sopan, gunakanlah 하지 마세요 (hajimayo) atau 하지 마세요 (hajimaseyo). Bentuk paling sopan dari kata ini adalah 하지 마십시오 (hajimashipsio). Kalau kamu suka menonton drama bertema kerajaan (sageuk), sudah tidak asing dengan bentuk tersebut, bukan?

Penggunaan "hajima"

https://www.youtube.com/embed/2IAEYvF6joU

Tahukah kamu kalau Siwon Super Junior sangat suka melakukan tos atau high five dengan orang-orang di sekitarnya? Di saat para penggemar menginginkannya, rekan satu grupnya, yaitu Ryeowook, justru tidak menyukainya. Ia sempat mengutarakan hal itu dengan mengatakan "high five hajima" (jangan lakukan high five) kepada Siwon. Hal ini menjadi salah satu cerita kocak dalam pertemanan mereka.

https://www.youtube.com/embed/D2QOq4Qo4ig

Satu lagi kejadian lucu datang dari grup satu agensi Super Junior, yaitu NCT. Saat itu, Johnny, Doyoung, Jaehyun, Lucas, dan Mark bermaksud untuk membuat sup kue beras. Namun, kompor gas portabel yang mereka gunakan sempat hanya mengeluarkan asap. Dengan nada jenaka, Lucas meminta para penggemar untuk tidak khawatir dengan mengatakan 걱정하지마 "geokjeonghajima" (jangan khawatir).

Adapun penggunaan "hajima" lainnya yaitu:

  • 포기하지 마 (pogihajima): jangan menyerah
  • 안녕이라고 내게 말하지마 (annyeongirago naege malhajima): jangan katakan selamat tinggal kepadaku
  • 아프면 일하지 마세요 (apeumyeon ilhaji maseyo): tolong jangan bekerja jika masih sakit
  • 미안하지마 니 잘 못이 아니야 (mianhajima, ni jal moshi aniya): jangan meminta maaf, ini bukan kesalahanmu

Itulah arti "hajima" dan contoh penggunaannya. Apakah kamu sudah memahaminya, Bela? Bahasa Korea mana lagi, nih, yang ingin kamu pelajari selanjutnya?

Baca Juga: Bahasa Korea 101: Arti Kata "Arraseo" dan Penggunaannya

Baca Juga: Bahasa Korea 101: Arti Bahasa Korea "Yeppeo" dan Penggunaannya

Baca Juga: Catat! 20 Frasa Bahasa Korea yang Berguna untuk Para Turis