Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pendek Tapi Menegangkan, 8 Rekomendasi Film Pendek Horor di YouTube

Kamu sudah pernah nonton film pendek ini?

Reyhan Putri

Menonton film pendek bisa menjadi alternatif bagimu yang ingin menonton namun terlalu malas untuk mengikuti sebuah cerita dengan plot yang terlalu panjang. Film pendek juga lebih mudah dicari karena sering tersedia di YouTube atau di media sosial lainnya. Tak kalah menarik, film pendek juga banyak yang menawarkan plot yang tak kalah keren dari film layar lebar.

Begitu juga pada genre horor, menonton film pendek horor di YouTube bisa jadi alternatif buatmu yang takut untuk menonton film horor namun tetap penasaran dengan kisah-kisah mistis. Popbela punya 10 rekomendasi film pendek horor yang bisa kamu tonton di YouTube. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Singsot (2016)

Film pendek karya Ravacana Films ini mengisahkan tentang seorang anak yang mengalami kejadian mistis usai mendengar mitos soal bersiul di malam hari ketika menginap di rumah kakek dan neneknya. Dari kejadian ini, sang anak belajar untuk tidak lagi bersiul.

Singsot sudah dua kali mendapatkan gelar film horor terbaik, yakni dalam Fiagra Horor Film Festival 2016 dan Taman Film Festival 2017. Selain itu, Singsot juga menjadi official selection di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2016. Hingga saat ini, Singsot sudah ditonton sebanyak 1,2 juta kali di YouTube.

2. Sandekala (2016)

Sandekala merupakan kata untuk menggambarkan senja atau waktu sesaat sebelum matahari tenggelam. Dalam film ini, seorang ibu dan anak berjalan terburu-buru pulang ke rumah yang terletak di sebuah gang menjelang maghrib. Dalam perjalanan mereka, mereka banyak melihat makhluk-makhluk gaib yang mengintai.

Film karya Amriy Ramadhan ini telah ditonton sebanyak 453 ribu kali di YouTube. Lokasi syuting film ini berada di pemukiman daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

3. Makmum (2017)

Nurul yang pintar dan rajin beribadah terbangun pukul 2 pagi untuk melaksanakan salat seperti yang biasa ia lakukan. Namun saat sedang salat, ia merasa bahwa ada seseorang di belakangnya yang ikut melaksanakan ibadah bersamanya. Setelahnya Nurul sadar bahwa ia berada di asrama seorang diri karena seluruh temannya kembali ke rumah masing-masing.

Film Makmum karya Riza Pahlevi ini sukses besar hingga diangkat menjadi sebuah film layar lebar berjudul sama. Bahkan sebelumnya, film pendek ini berhasil meraih berbagai penghargaan.

Sebelum 7 HarI

Bian dan Hanif pulang ke rumah nenek bersama ibunya setelah sang nenek meninggal. Di malam ketika mereka menginap, suatu kejadian mistis mengganggu mereka berdua. Arwah sang nenek yang meninggal belum lewat 7 hari itu yang ternyata mengganggu Bian dan Hanif.

Film yang disutradarai oleh Ivan Padak Demon itu juga berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti film fiksi terbaik di ReelOzInd! Australia Indonesia Short Film Competition And Festival 2021 serta Best Live Action di Hellofest 14. Hingga saat ini, Sebelum 7 Hari sudah ditonton sebanyak 1,7 juta kali di YouTube.

5. Lights Out (2013)

Lights Out yang hanya berdurasi 3 menit, mengisahkan seorang perempuan yang hendak pergi tidur dan mematikan lampu di lorong rumahnya. Namun, ketika ia mematikan lampu, ia melihat sebuah sosok berada di dalam rumahnya dan menatapnya dari ujung lorong. Ia hanya perlu menyalakan lampu sepanjang malam.

Film ini meraih sukses besar dan diangkat menjadi film layar lebar berjudul sama. Sang sutradara, David F. Sandberg juga meraih kesuksesan dalam profesinya sebab setelah memenangkan berbagai kompetisi film pendek dengan film pendek horornya, berhasil mendapatkan kesempatan untuk menjadi sutradara film Annabelle: Creation.

6. Ignore It (2021)

Berkisah tentang satu keluarga yang harus hidup bersama seorang arwah yang kerap kali menampakan diri. Semua akan baik-baik saja jika semua orang bisa mengabaikan arwah itu, namun jika kehadirannya disadari, arwah itu akan berubah dan menjadi berbahaya bagi siapapun yang mengetahui kehadirannya.

Hingga kini, Ignore It telah ditonton sebanyak 4,2 juta kali di YouTube dan telah ditayangkan dalam beberapa festival film horor di Amerika Serikat di tahun 2021.

7. Don't Peek (2020)

Don't Peek bercerita ketika seorang perempuan bermain game hingga tengah malam dan sadar bahwa game yang ia mainkan juga berpengaruh pada sekitarnya. Kesadaran itu yang membuat sang perempuan diganggu suatu sosok yang berinteraksi dengannya lewat game tersebut.

Film ini dibuat saat pandemi oleh Julian Terry. Hebatnya lagi, film ini dibuat dengan menggunakan pocket camera sederhana.

8. I Heard It Too (2014)

Seorang anak terbangun tengah malam ketika ia mendengar sang ibu memanggil dari lantai bawah rumahnya. Ketika akan menghampiri ke asal suara, sang ibu yang asli mencegahnya dan mengatakan bahwa ia mendengar suara itu juga, yang tentunya bukan suara asli sang ibu.

Jadi kamu tertarik untuk menonton yang mana lebih dulu? Apakah kamu memiliki rekomendasi film pendek horor lainnya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration