Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Trailer 'Matrix Resurrections' Rilis, 7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu 

Red pill or blue pill?

Ayu Utami

Baru rilis pada 9 September 2021 malam waktu Indonesia, trailer film The Matrix 4 atau The Matrix Ressuractions sudah tembus lebih dari 11 juta views. Begitu besarnya kerinduan para penggemar Neo, sehingga sangat penasaran dengan film seri yang rilisan lanjutannya hampir dua dekade dari The Matrix Revolutions, alias 18 tahun. 

Wah, kalau Neo dan Trinity menikah, anaknya sudah hampir lulus SMA, nih!

Oke, maaf, out of topic. Kembali ke The Matrix Ressuractions. Jadi, seperti apa trailer pertama film yang dirilis oleh Warner Bros. Pictures ini? Berikut Popbela jabarkan.

1. Bernuansa gelap, dengan penampilan John Wick dan latar musik rasa film Quentin Tarantino

Warner Bros. Pictures

Jika kamu pernah menonton ketiga film The Matrix sebelumnya, di trailer kali ini film terasa lebih gelap dan nyata. Sosok Neo yang diperankan oleh Keanu Reeves, tampak kebingungan dan kerap datang ke psikiater untuk mengecek kewarasan dirinya. Neo seolah hilang ingatan tentang apa yang pernah terjadi dalam hidupnya. Ataukah, ini Neo yang berbeda?

Dengan potongan rambut yang terlihat seperti habis dari syuting John Wick 3, Keanu menampilkan karakter yang benar-benar seperti butuh jawaban. But then again, this is Keanu Reeves. Apapun bentuk potongan rambutnya, Keanu tidak pernah salah. Ia terlalu baik dalam kehidupan nyata untuk dikritik.  

2. Nama baru sebagai cameo dan peran pembantu

Warner Bros. Pictures

Dari trailer, di antara karakter lama seperti Keanu dan Carrie-Anne Moss (Trinity), hadir pula beberapa sosok baru yang hadir di film ini. Di antaranya tampak aktor komedi Neil Patrick Harris, Priyanka Chopra dan Yahya Abdul Mateen II. Konon, akan hadir pula Christina Ricci. Namun, sosok Laurence Fishburne sebagai sang Morpheus yang legendaris tampak absen, karena keanehan di dalam sistem Matrix.

3. What the duck?

Warner Bros. Pictures

Mungkin adegan ini sedikit membingungkan, tapi karakter Keanu mengatakan kepada psikiaternya, bahwa dia memiliki mimpi yang tampaknya menyinggung masa lalu Neo. Apalagi ketika ia bertemu dengan Trinity yang juga seperti tidak saling mengenal.

Ia melihat, bahwa sosok Neo adalah tokoh Mesianik dari gerakan perlawanan yang berperang dengan AI di belakang Matrix. Sehingga, ketika ia merasa dirinya gila, psikiater tersebut berkata "kami tidak menggunakan kata (gila) itu di sini." 

4. Lebih sangat relevan dengan keadaan sekarang

Warner Bros. Pictures

Kebangkitan The Matrix 4 tidak bisa lebih relevan lagi dengan keadaan sekarang. Ketika kita lebih banyak menatap layar digital ketimbang wajah lawan bicara. Toh, film serial ini melibatkan realitas virtual yang dibangun oleh kecerdasan buatan futuristik (Artificial Intelegence) untuk memperbudak umat manusia.

5. Neo masih menyimpan kemampuan bela diri

Warner Bros. Pictures

The Matrix tidak lepas dari adegan bela diri dan tenaga luar biasa yang ikonik. Tentu saja di kamu akan menyaksikan potongannya di trailer ini. Neo still got it!

6. Poster pertama yang bikin penasaran

indiewire.com

Pada tanggal 7 September, Warner Bros. Pictures merilis poster pertama yang sangat dinanti dari The Matrix Resurrections, melalui situs web yang disebut “Choose Your Reality.” Di situ, kamu dapat mengklik salah satu pil merah atau pil biru, seperti di film aslinya. Tergantung pada pilihan kamu, maka kamu akan mendapatkan gambar kehidupan di dalam Matrix—yang berpuncak pada apa yang tampak seperti pil biru yang muncul Thomas Anderson (Realitas dari Neo), atau gambar aksi perlawanan manusia yang melawan AI. 

Tampak pula jadwal film yang akan rilis pada 22 Desember 2021. Poster interaktif inilah yang akhirnya memicu para penggemar The Matrix maupun Keanu Reeves, menanti kehadiran trailer pertama The Matrix Ressuractions.

7. Kembali dikomandoi oleh sutradara Lana Wachowski

indiewire.com

Waralaba The Matrix sekali lagi berada di tangan Wachowski bersaudara. Lana Wachowski berada di balik trilogi asli bersama saudari Lilly Wachowski, namu kini Lana yang didapuk untuk menyutradari The Matrix 4.

Kepada bbc.com, Lana menyampaikan, “Banyak ide yang saya dan Lilly eksplorasi 20 tahun lalu tentang realitas kita, bahkan lebih relevan sekarang,” kata Lana Wachowski, ketika The Matrix 4 dikonfirmasi oleh Warner Bros.

Ketua Warner Bros Picture Group, Toby Emmerich menambahkan, “Kami sangat bersemangat untuk masuk kembali ke 'The Matrix' bersama Lana. Lana adalah seorang visioner sejati — pembuat film kreatif tunggal dan orisinal — dan kami senang dia menulis, mengarahkan, dan memproduksi babak baru ini di alam semesta 'The Matrix'.”

Biar nggak semakin penasaran, langsung saja tonton trailer pertama The Matrix Ressuractions di sini, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration